10+ TEMPAT Wisata di Kabupaten Lombok Timur [NTB] yang Wajib Kamu Kunjungi!

Wisata di Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Kabupaten Lombok Timur terletak paling timur dari Pulau Lombok yang biasa disebut sebagai pulau seribu masjid. Tidak jauh berbeda dengan daerah yang berada di daerah Lombok lainnya seperti Lombok Tengah, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Timur juga memiliki berbagai macam wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi oleh sebagian besar orang dari berbagai negara. Mulai dari wisata pantai, gunung, bukit, dan air terjun.
Baca Juga: 6 FAKTA Pulau Lombok [NTB] Yang Penting Untuk Dibaca!

Tempat-Tempat Wisata di Pulau Lombok, NTB


Wisata pantai di Lombok Timur tidak kalah menawan dari wisata yang berada di daerah lainnya. Pantai yang bisa dijadikan sebagai tempat rekreasi oleh masyarakat penikmat alam dan ada juga yang menjadikannya sebagai tempat bermata pencarian.
 

Tempat Wisata Pantai di Kabupaten Lombok Timur [NTB]


Berikut ini adalah sejumlah tempat wisata pantai, di Kabupaten Lombok Tiimur yang sudah terkenal dimana-mana;
 

Pantai Pink di Kabupaten Lombok Timur


Pantai pink yang terletak di pulau Lombok sering disebut pantai tangsi yang berada di desa Sekaroh Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Kenapa disebut pantai pink? Karena pasir pantainya terlihat berwarna kemerah- merahan.

 
Hal ini disebabkan karena pasirnya bercampur dengan serpihan karang warna merah muda yang sudah terkikis oleh ombak. Warna pink dari pasirnya terlihat dengan jelas ketika sore hari.
 
Keindahan pantai pink tidak terasa lengkap jika tidak bermain di atas bukit yang sudah mengelilinya. Keindahannya masih terjaga dengan aman karena jauhnya dari pusat kota yang menyebabkan tidak adanya infrastruktur yang baik.  Baca Juga: Inilah Keindahan Pantai Pink yang Harus Kamu Nikmati!
 

Pantai Kura- Kura di Pulau Lombok


Pantai ini sering disebut dengan nama pantai sungkun. Pantai kura- kura sejalur dengan arah ke pantai pink. Dengan keindahan batu di tengah- tengah pantai yang berbentuk kura- kura itulah yang menyebabkan pantai ini disebut pantai kura- kura. 
 

Tempat Wisata Tanjung Ringgit di Kabupaten Lombok Timur


Menurut sejarahnya, tanjung ringgit dijadikan sebagai markas oleh tentara Jepang pada saat perang dunia kedua. Sehingga, ditemukannya sebuah meriam besar yang terbuat dari besi dan sebuah gua yang bisa dijadikan sebagai bukti sejarah sampai saat ini.
 

Pantai Tanjung Luar

Di daerah Lombok Timur pantai tanjung luar sangat terkenal dengan penjual ikan segar yang baru ditangkap dari laut di sekitar sana. Di samping itu, pantai ini juga digunakan untuk menyeberang ke pulau- pulau kecil (gili) seperti gili petelu, pulau pasir, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, kita juga bisa menikmati sunrise yang sangat indah dari pantai timur Pulau Lombok.
 

Gili Kondo


Banyak orang yang tidak mengenal adanya gili di kabupaten Lombok Timur. Tapi, pada kenyataannya ada gili kondo. Gili kondo, gili bidara, gili kapal, gili lampu, dan gili bidara arahnya sejalur.
 
Biasanya kita bisa berkunjung ke semua gili tersebut menggunakan boat. Biasanya, gili- gili tersebut dijadikan sebagai tempat snorkling dan diving oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.
 

Wisata Air Terjun di Kabupaten Lombok Timur


Selain daerah pantai yang menawan, di Kabupaten Lombok Timur juga terdapat berbagai tempat wisata air terjun dan arah ke air terjun tersebut kebanyakan sejalur.
 

Air Terjun Madu & Air Terjun Umar Maya


Air terjun yang dua ini sejalur jalannya dan pemandangan air terjunnya yang Indah. Selama dalam perjalanan ke air terjun tersebut, sangat disarankan untuk tidak tidur dalam perjalanan karena pemandangan sepanjang jalan sangat menghipnotis mata dengan keindahan yang sangat luar biasa.
 

Air Terjun Jeruk Manis  di Kabupaten Lombok Timur


Berbeda dengan air terjun madu dan air terjun umar maya, air terjun ini biasa dikunjungi oleh 
wisatawan mancanegara sejak dahulu. Air terjun ini terletak di dsa Tete Batu yang berdekatan dengan pusat oleh- oleh gerabah. Di samping itu, biasanya ada kegiatan adat- istiadat yang bisa dijumpai.
Berbeda dengan air terjun, banyak sekali bukit yang bisa kita kunjungi dengan keindahan alam yang tak kalah luar biasa dengan Gunung Rinjani (satu- satunya gunung tertinggi di Lombok).
Bukit- bukit tersebut bisa dikunjungi sekaligus selama masih kuat mendaki karena arah yang sejalur dan berdekatan. Seperti bukit nanggi, bukit pergasingan, bukit anak dara, bukit selong, bukit tangkok, dan bukit lainnya. 

Demikinalah tulisan mengenai Tempat-Tempat Wisata di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Adapun penulis dalam artikel ini adalah Zofiratul Auliyyah. Semoga bermanfaat dan dapat memberimu Informasi seputar Termpat Wisata. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Nusa Tenggara Barat dan Adat Adat Nyongkolan dari Masa Ke Masa
  2. Kota Kupang [Nusa Tenggara Timur] dan 7 Fakta Yang Harus Kamu Baca!
  3. Wisata Pendidikan di Desa Pejagatan [Kebumen] dengan Membuat Gerabah
  4. Tempat Wisata di Kediri, Jawa Timur Terlengkap

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10+ TEMPAT Wisata di Kabupaten Lombok Timur [NTB] yang Wajib Kamu Kunjungi!"

Posting Komentar