Destinasi Pulau Lombok Sebagai Daerah Tujuan Wisata (Dwt) Dengan Potensi Sumber Daya Pariwisata Dan Letak Geografis Yang Strategis

Destinasi Pulau Lombok Sebagai Daerah Tujuan Wisata (Dwt) Dengan Potensi Sumber Daya Pariwisata Dan Letak Geografis Yang Strategis


FaktaDaerah.Com- Pariwisata telah menjadi salah satu industry dengan pertumbuhan tercepat di dunia dalam kurun waktu dua puluh tahun terakhir. UNWTO mencatat rekor bahwa jumlah wisatawan Internasional pada tahun 2012 mencapai 1 milyar wisatawan dengan pendapatan ekspor Internasional sebesar 1,3 triliun US$. Pada tahun berikutnya yaitu 2013 terjadi peningkatan menjadi 1,08 milyar . jumlah wisatawan Internasional diperkirakan pada tahun 2020 akan meningkat menjadi 1,4 milyar, dan menjadi 1,8 milyar pada tahun 2030. Dari data tersebut, diperkirakan 57% wisatawan akan mengunjungi destinasi wisata di Negara berkembang yang perekonomiannya sedang tumbuh, seperti halnya Indonesia. Banyak Negara yang menjadikan pariwisata sebagai sektor andalan dalam membangun kekuatan perekonomiannya termasuk Indonesia, hal ini disebabkan sector pariwisata mempunyai banyak keuntungan, dilihat dari data pada tahun 2013 yang menunjukan bahwa sector pariwisata Internasional menyumbangkan 9% PDB internasional, 1 dari 11 lowongan pekerjaan di sector pariwisata, 6% ekspor dunia, dan 6% ekspor Negara- Negara miskin.

Pengembangan sektor pariwisatapun sedang berlangsung di Indonesia, tidak terkecuali pengembangan dan pengoptimalan daerah wisata bagian timur Indonesia yaitu Nusa Tenggara Barat. Dalam konteks kepariwisataan, provinsi NTB berada dalam Segi Tiga Emas daerah tujuan wisata (DTW) uatam Indonesia. Nusa Tenggara Barat terdapat 280 pulau-pulau kecil yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten/Kota yang ada di PulauLombok dan Sumbawa. Di kabupaten Lombok Barat terdapat 38 pulau, pulau-pulau ini sebagian besar adalah kawasan konservasi perairan laut di NTB. Kawasan konservasi tersebut selain sebagai sektorr utama perikanan, juga berpotensi sebagai kawasan wisata. Potensi wisata inilah sember daya yang terdapat di daerah Lombok sebagai potensi sumber daya yang dimiliki oleh suatu tempat yang dapat dikembangkan menjadi suatu destinasi wisata  yang dimanfaatkan untuk kepentingan ekonomi dengan tetap memperhatikan aspek-aspek lainnya (Pendit 1999 : 21).
 
Lombok menyimpan sangat banyak obyek wisata pantai yang tiada habisnya jika ditelusuri terus-menerus. Salah satu obyek wisata alam pantai  yang banyak diminati wisatawan yang berada di pulau Lombok adalah Pantai Pink yang tepatnya terletak di kabupaten Lombok timur, desa Sekaroh, kecawatan jerowaru berjarak 80 km dari ibukota Nusa Tenggara Barat, Mataram. Pantai pink ini awalnya disebut pantai Tangsi. Pantai pink ini memiliki keunikan dibandingkan pantai lain yang berada di Lombok karena pada umumnya pasir pantai pink ini merupakan campuran antara pasir putih dan serpihan terumbu karang yang berwarna merah sehingga menjadikan pasir pantai ini seolah berwarna merah muda (pink), oleh karena itulah masyarakat setempat menyebutnya pantai pink.
 
Potensi pariwisata yang dimiliki oleh pulau Lombok ini merupakan salah satu usaha pemerintah dalam rangka mengoptimalisasi sember sember pendapatan daerah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan menempatkan sektor pariwisata sebbagai sektor andalan kedua setelah sektor pertanian dalam arti luas.  Sebagai salah satu daerah tujuan wisata Pulau Lombok mempunyai potensi besar untuk dikembangkan. Potensi wisata yang dimiliki Pulau Lombok adalah wisata budaya dan alamnya yang sangat mendukung pengembangan pembangunan pariwisata di Lombok. Keadaan alamnya yang masih asli merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang berkunjung di pulau Lombok.  Sehingga nantinya dapat menambah pendapatan untuk daerah secara khusus dan merupakan suatu keuntungnan bagi Indonesia khususnya Pulau Lombok.
 
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nusa Tenggara Barat selaku pelaksana urusan rumah tangga daerah dan pembangunan pariwisata, dalam hal ini yang bertanggungjawab terhadap pengembangan dan pembangunan pariwisata. Mempunyai Visi “Terwujudnya Nusa Tenggara Barat sebagai Daerah Tujuan Wisata Berdaya Saing Internasional. Destinasi pariwisata berdaya saing internasional dimaksudkan sebagai kemampuan relative suatu destinasi pariwisata dibandingkan dengan destinasi pariwisata lain di tingkat internasional untuk memenuhi kebutuhan, menjadi pilihan dan menarik calon wisatawan untuk datang berwisata, yang ditentukan oleh factor : atraksi atau daya tarik, dan factor umum (sarana, prasarana, serta fasilitas pendukung). Untuk menjadikan Lombok sebagai Daerah Tujuan Wisata yang berpotensi untuk dikunjungi dalam waktu lebih dari 24 jam, maka sebagai daerah wisata diharapkan terus meningkatkan visi misi yang ingin dicapai tersebut.

Daftar Pustaka Tulisan;

Anonim. 2013. Kecamatan Sekotong dalam Angka Tahun 2003. Mataram (ID):          
BPS Provinsi NTB
Marpaung, Happy. 2002. Pengetahuan Pariwisata Edisi Revisi. Bandung (ID) :
Alfabeta
Penulis Artikel; Mardian Isnawati

Baca Juga Tulisan lainnya;

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Destinasi Pulau Lombok Sebagai Daerah Tujuan Wisata (Dwt) Dengan Potensi Sumber Daya Pariwisata Dan Letak Geografis Yang Strategis"

  1. Wow ternyata pulau yg jauh dari ibu kota memiliki banyak potensi luar biasa.

    BalasHapus
  2. Wih keren ya lombok
    Tingkatkan mar😍

    BalasHapus
  3. Pulau terpencil menyimpan sejuta keindahan😻

    BalasHapus
  4. wow destinasi yang bagus

    BalasHapus
  5. Pantai di Lombok & pantai Indonesia timur lainnya emang punya cirikhas yang bikin luv ❤️

    BalasHapus
  6. Pantai di lombok emang debestt😍 btw, keren mar🖒

    BalasHapus