Kota Tangerang [Banten] dan 9 FAKTA Menarik Yang Harus Kamu Baca!

Kota Tangerang, Provinsi Banten, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Kota Tangerang merupakan satu dari empat kota di provinsi banten. Kota Tangerang dulunya merupakan pemekaran wilayah dari Kabupaten Tangerang. Kota yang dekat sekali dengan ibukota ini serin disebut sebagai “Penyangga Ibukota”. Mengapa? Karena sebagian besar penduduknya disini memiliki pekerjaan di Jakarta. Mungkin karena biaya rumah dan keseharian yang relatif lebih rendah dari Jakarta membuat banyak penduduknya bermukim disini.
Baca Juga: 5 Fakta Jakarta [Indonesia] yang Harus Kamu Baca!

Fakta-Fakta Kota Tangerang, Provinsi Banten


Sebagai salah satu Kota teramai di Indonesia, teranya Kota Tangerang memiliki sejumlah fakta-fakta unik dan menarik yang harus pembaca ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut;

Kota Tangerang Memiliki Penduduk yang Beranekaragam


Kota Tangerang terkenal karena penduduknya yang beragam. Mulai dari orang Jawa, Sunda, Padang, Batak, Tegal, dan bahkan etnis Tionghoa ada disini. Persis sekali seperti ibukota. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah penduduk Kota Tangerang mencapai angka 2.081.985 pada tahun 2016. Tak mengherankan kota ini juga hampir seperti Jakarta jika sedang macet dijalan.

 

Kota Tangerang Memiliki Visi LIVE (Livable,Investable, Visitable, dan E-City)


Pemerintah Kota Tangerang mengusung sebuah misi, yaitu LIVE yang merupakan singkatan dari Livable, Investable, Visitable, dan E-City. Program ini membuat Kota Tangerang sering disebut kota kehidupan.

Ini merupakan misi jangka panjang dalam pembentukan Kota Tangerang yang mampu berkembang baik dari segi ekonomi, industri, pariwisata, dan sumberdaya manusia yang unggul. Tujuan ini semata-mata dibuat agar Kota Tangerang nantinya dapat menghadapi segala macam tantangan zaman mendatang yang lebih rumit.

Dalam menjalankan misi Livable, Investable, Visitable, dan E-City tersebut, Kota Tangerang membuat sebuah masterplan. Seperti misalnya di bidang hunian. Hunian di Kota Tangerang tersebar di daerah seperti Ciledug, Perumnas, Pinang, dan kawasan kavling sampai Benteng Betawi.

Daerah hunian tersebut sekurang - kurangnya jauh dari pabrik - pabrik besar dan akses ke berbagai daerah yang sangat mudah. Ke Jakarta misalnya, dari pusat kota hanya butuh waktu sekitar 20 sampai 30 menit sampai ke daan mogot Jakarta.

Dari Ciledug bahkan lebih dekat lagi karena langsung sampai daerah Pertukangan, Cipulir, Blok M. Beberapa hunian mungkin memang dekat dengan pabrik tetapi tidak banyak. Padat penduduk memang tapi tidak lantas menjadi kumuh dan tidak sehat. Karna misi pertama Livable yaitu membuat wilayah yang layak huni bagi penduduk Kota Tangerang.

 

Kota Tanggerang (Banten) Menuju Kota Industri


Kota Tangerang juga mencanangkan untuk menjadi kota industri. Industri disini maksudnya untuk membuka lapangan kerja dan mengembangkan lebih potensi dari Kota Tangerang. Beberapa wilayah juga disediakan untuk kawasan industri agar pihak luar dapat berinvestasi.

Seperti di sepanjang jalan M.H. Thamrin dan arah ke Kotabumi banyak sekali industri - industri dari yang kecil seperti Panarub (industri sepatu) sampai yang sudah mempunyai merk ternama seperti Toto (industri perabotan kamar mandi) . Misi kedua Investable memiliki dampak signifikan dalam menyejahterakan penduduk serta mencetak SDM yang unggul.

 

Kota Tanggerang Memiliki Banyak Wisata


Selain industri di bidang produk yang membuat pabrik - pabrik besar, industri yang tidak kalah adalah industri pariwisata. Kota Tangerang memiliki beberapa destinasi wisata yang seru. Bagi yang suka wisata alam ada Situ Cipondoh, Taman Kota BSD 1 dan 2, dan Sungai Cisadane.

Bagi yang suka indahnya taman - taman kecil untuk berkumpul ada Taman Prestasi, Taman Pramuka, Taman Burung, Taman Potret, dan masih banyak taman yang biasanya ramai oleh siswa sekolah untuk mengerjakan tugas bersama maupun sekedar berkumpul. Wisata sejarah ada museum Benteng Heritage, kawasan Pasar Lama, dan Pintu Air sepuluh.

 

Kota Tanggerang Memiliki Bangunan Pintu Air Sepuluh


Sedikit cerita tentang pintu air sepuluh, dulu pemerintah belanda membangun pintu air sepuluh tahun 1928 dan baru beroprasi tahun 1932 untuk irigasi sekitar 1500 Ha sawah di Kabupaten dan Kota Tangerang. Hulu sungai cisadane ada di Gunung Salak – Pangrango dan bermuara di laut jawa.

Rumor mengatakan bahwa pondasi - pondasi bangunan ini berasal dari kepala manusia. Sangat mungkin itu merupakan kepala pekerjanya atau kepala dari tahanan - tahanan kolonial belanda. Tapi dengan segala kemegahan bangunan ini menjadi salah satu ikon Kota Tangearang.

 

Kota Tanggerang Memiliki Banyak Kuliner/Makanan


Kuliner di Tangerang juga tak kalah sedapnya. Sebut saja laksa yang bercita rasa gurih, pedas, berkuah dengan bumbu tradisional rempah - rempah. Membuat perut langsung keroncongan.

Ada lagi nasi jagal. Nasi dengan siraman kuah kental seperti kare kalau di Jepang dan ekstra daging sapi kenyal membuat orang tak ingin beranjak pergi dari warung nya. Selain itu, Kota Tangerang memproduksi kecap sendiri. Yaitu Kecap Benteng SH. Begitu bercampur dengan panganan lain dijamin minta tambah! Lezat sekali.

 

Kesuksesaan Misi Kota Tanggerang


Sangat disayangkan jika tidak berkunjung ke Kota Tangerang. Itulah misi ketiga Visitable. Selain itu misi keempat E-City melengkapi segala akses dari ketiga misi sebelumnya. Berkat E-City, pelayanan berupa kebutuhan informasi, akses ke tempat tertentu, fasilitas kesehatan, dan banyak lainya. Sarana prasarana menjadi mudah terjangkau menjadikan kota ini aman, tentram, dan nyaman untuk di tinggali.

 

Kota Tanggerang Memiliki Icon Masjid Al-Azhom


Semua itu dilandaskan tentu saja pada slogan kebanggaan Kota Tangerang. Yaitu kota “Akhlakul Karimah” yang berarti akhlak mulia. Dengan ikon kota yaitu Masjid Al-Azhom yang merefleksikan maksud dari akhlakul karimah. Menerangakan bahwa Kota Tangerang adalah kota modern yang berani untuk berkembang secara nyata dengan dilandaskan akhlak mulia dan tentu saja doa pada sang Maha Pencipta supaya mencapai tujuan, kota kehidupan, LIVE CITY Tangerang.

Demikinalah tulisan mengenai Fakta-Fakta Kota Tangerang, Provinsi Banten. Adapun penulis dalam artikel ini memiliki judul asli LIVE CITY: Tangerang yang ditulis oleh Andika Wahyu. Semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang atau akan ke Kota Tanggerang. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Kecamatan Ciputat Timur [Kota Tanggerang Selatan] dan 10 Fakta Yang Harus Kamu Baca!
  2. Buni Pasar Emas [Bekasi] dan Sejarahnya yang Harus Kamu Baca!
  3. Kabupaten Tangerang [Banten] Fakta Wisata dan Budaya yang Harus Kamu Baca!
  4. Kelurahan Dadap [Kosambi- Tangerang] Provinsi Banten, dan 5 Fakta yang Harus Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kota Tangerang [Banten] dan 9 FAKTA Menarik Yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar