Kabupaten Tangerang [Banten] Fakta Wisata dan Budaya yang Harus Kamu Baca!

Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Letak geografis Kabupaten Tangerang yang cukup berdekatan dengan Ibukota Negara membuat kabupaten ini berperan sebagai daerah lintasan. Posisi strategis tersebut sempat mendorong Kabupaten Tangerang melesat pesat.

Fakta Kabupaten Tangerang [Banten]


Kabupaten Tangerang [Banten] Menjadi Sentra Industri

 
Penduduknya sebagian besar terlibat pada sektor industri. Hal ini disebabkan Kabupaten Tangerang merupakan daerah sentra industri dan kenyataannya sektor industri memang lebih banyak menyerap lapangan pekerjaan dibanding sektor lainnya. 

Peluang sektor ini tampak begitu menjanjikan bagi pembangunan ekonomi Kabupaten Tangerang. Terbitnya Inpres No. 13 Tahun 1976 tentang pengembangan Jabodetabek pernah membuat Kabupaten Tangerang menjadi daerah penyangga DKI Jakarta.

Wisata di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten


Disisi lain Kabupaten Tangerang memiliki pesona tersembunyi pada pantai-pantainya. Pantai tanjung pasir, pantai tanjung kait, pantai dadap, pantai pulau cangkir, dan pantai tanjung burung yang menyimpan potensi besar sebagai aset berharga tempat wisata alam. Garis pantai sepanjang 51 km merupakan potensi besar yang dapat dikelola secara profesional bagi kemajuan sektor industri pariwisata Kabupaten Tangerang.

Tempat Ziarah Pantai Pulau Cangkir di Kabupaten Tangerang Menjadi Wisata Budaya

Tak luput pula adanya tempat ziarah di pantai pulau cangkir yang sering dikunjungi wisatawan dan keunikan topi bambu yang pernah menjadi produk khas yang berkualitas sangat baik bagi kabupaten ini cenderung memiliki potensi tersendiri sebagai wisata budaya yang dapat dikembangkan oleh pemerintah daerah khususnya pembangunan ekowisata yang bernilai ekonomis.

Topi Bumbu Wisata Budaya di Kabupaten Tangerang


Topi bambu sebagai wisata budaya daerah merupakan faktor yang dapat dijadikan ciri khas Kabupaten Tangerang Selatan. Dahulu topi bambu ini dianyam oleh penduduk asli kemudian diperdagangkan orang-orang Tionghoa dan merajai pasar karena kualitasnya yang sangat baik hingga diekspor ke Amerika dan Eropa. Saat itu Kabupaten Tangerang dikenal sebagai pusat kerajinan topi bambu, yaitu sekitar awal tahun 1800-1900 dan industri. Kerajinan topi bambu ini tumbuh alami di jaman sebelum kemerdekaan (kompasiana.com). Kini topi tersebut menjadi sejarah lalu kerap terlupakan seiring bergantinya jaman dan kini menjadi potensi wisata budaya yang terpendam.

Tempat Ziarah Juga dimiliki Kabupaten Tangerang [Banten]

Selain itu kabupaten Tangerang dengan potensi wisata alam dan wisata budaya yang dimiliki juga memiliki tempat-tempat ziarah yang menarik untuk dikunjungi. Tempat ziarah ini memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi wisatawan. Salah satunya adalah Klenteng Tjo Soe Kong, klenteng kuno yang berada di pinggiran pantai Pulau Cangkir. Adapula makam Pangeran Jaga Lautan yang merupakan keturunan langsung sultan pertama Banten yang bernama Pangeran Hasanudin. 

Demikinalah tulisan mengenai  Kabupaten Tangerang [Banten] Fakta Wisata dan Budaya yang Harus Kamu Baca!. Adapun judul dalam tulisan ini sendiri adalah Tabir Kearifan Lokal : Menggali Potensi Wisata Alam dan Budaya Daerah Kabupaten Tangerang yang ditulis oleh Ajeng Titylaras, Semoga bermanfaat dan dapat memberi wawasan bagi segenap pembaca yang berada atau sedang mengunjungi "Kabupaten Tangerang [Banten]". Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. [3+ TEMPAT] Wisata Jombang [Jawa Timur] yang Harus Kamu Kunjungi!
  2. Kota Balikpapan “Kota Beriman” [Kalimantan Timur] dan Fakta Potensi yang Harus Kamu Pahami!
  3. Wisata dan Kesenian [Sumatera Barat] yang Harus Kamu Ketahui!
  4. Wisata Tebing Harau di Kabupaten Lima Puluh Kota [Sumatera Barat] yang Harus Kamu Kunjungi!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kabupaten Tangerang [Banten] Fakta Wisata dan Budaya yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar