Kelurahan Dadap [Kosambi- Tangerang] Provinsi Banten, dan 5 Fakta yang Harus Kamu Baca!


Keluruahan Dadap, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten


FaktaDaerah.Com- Dadap adalah salah satu dari 3 kelurahan yang terdapat di Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Dengan wilayah yang membentang sepanjang kali Prancis, desa ini berbatasan langsung dengan Provinsi D.K.I. Jakarta. Bagi masyarakat sekitar, Dadap sering dikenal dengan lokalisasinya. Benar memang, tapi siapa sangka bahwa Kelurahan Dadap punya keunikan lain yang belum tentu dimiliki kelurahan atau desa lain di Kecamatan Kosambi dan dapat jadi salah satu tempat yang dapat dikunjungi untuk berwisata.
Baca Juga: Kabupaten Tangerang [Banten] Fakta Wisata dan Budaya yang Harus Kamu Baca!

Fakta Unik dan Manarik Kelurahan Dadap [Kosambi- Tangerang] Provinsi Banten


Berikut keunikannya:
 

Kelurahan Dadap Termasuk Wilayah yang Strategis.


Kelurahan ini dapat diakses dari 2 provinsi, dapat dari Provinsi Banten itu sendiri, maupun dari Provinsi DKI Jakarta melalui Kecamatan Kalideres. Kemudahan lain adalah dengan melalui Jalan Prancis yang membentang sepanjang Kali Prancis, kalian dapat melihat sebagian besar garis wilayah Kelurahan Dadap. Selain itu, Kelurahan ini juga dekat dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Tak perlu memakan waktu hingga sejam kalian dapat sampai di Bandara tersebut.
 
Selain itu, Kelurahan Dadap dekat dengan wilayah pergudangan dan pabrik, sehingga banyak orang yang memilih tinggal di wilayah ini untuk akses ke pergudangan ataupun membuka usaha kontrakan maupun kost-kostan.
 

1 Kelurahan Punya 4 Perumahan.


Karena strategisnya lokasi Dadap, tak heran jika kelurahan ini punya 4 perumahan, yakni: Villa Taman Bandara, Griya Dadap, Dadap Residence, dan Puri Kamal. Dari ke 4 perumahan ini yang menjadi pusat untuk berbisnis adalah di Perumahan Villa Taman Bandara. Perumahan ini juga menjadi perumahan terluas di Dadap.
 

Akses Pendidikan yang Oke Banget


Dadap tidak main-main dalam masalah pendidikan. Terbukti dengan banyaknya sekolah mulai dari tingkat TK sampai SMA ada di kelurahan ini. Memang untuk akses sekolah negeri masih terdapat 1 SD di perumahan Griya Dadap, tapi untuk sektor swasta, persaingan kualitas pendidikan antar sekolah swasta di Dadap sangat tinggi.
 
Dengan persaingan sektor swasta dan antusias masyarakat dalam dunia pendidikan, menjadikan Dadap sering unggul dalam kompetisi akademik yang diadakan oleh pemerintah khususnya di tingkat kecamatan Kosambi. Bahkan beberapa kali Dadap memunculkan nama-nama baru yang menang di tingkat Kabupaten dan Provinsi. Biasanya Dadap memunculkan perwakilan ke Kabupaten Tangerang untuk bertanding dalam Olimpiade Sains dan Matematika.
 
Selain itu, persaingan sektor swasta dan antusias masyarakat dalam hal akademik bukan hanya dalam sekolah, tapi dalam kursus atau les. Terbukti terdapat berbagai pilihan dan jenis les dan kursus di sini. Salah satunya adalah KUMON yang membuka cabang disini. Semua dapat diikuti sesuai dengan minat bakat anak, kualitas tempat les dan kursus serta kantong anda masing-masing.
 

Ladang Bisnis yang Menjanjikan


Jika anda datang kesini, anda dapat menemukan berbagai toko dan kios yang menjual berbagai keperluan anda. Di sini kegiatan bisnis juga menjadi primadona utama untuk meraup pundi pundi rejeki. Terdapat 1 Pasar Induk (Pasar Dadap) dan 1 mall (Grand Dadap City). Selain itu aktivitas pasar tradisional juga menjanjikan. Setiap paginya, pasar tradisional disini tidak pernah sepi dari pengunjung yang ingin membeli keperluan sehari-hari. Selain kegiatan pasar, terdapat usaha kost-kostan dan kontrakan. Hal ini terjadi karena banyak karyawan pabrik maupun karyawan gudang menetap di sini karena akses yang mudah dan cepat untuk ke tempat kerja mereka. Sehingga kebutuhan akan tempat tinggal dimanfaatkan betul oleh sebagian orang untuk berbisnis.
 
Bisnis dalam bidang olahraga juga diperhatikan betul bagi sebagian masyarakat Dadap. Terdapat kolam renang, beberapa gym, beberapa lapangan bulu tangkis, tempat billiard, serta Warnet  untuk E-sport.
 

Toleransi Terasa di Kelurahan Dadap [Kosambi- Tangerang] Provinsi Banten


Dadap banyak dihuni oleh pendatang dari daerah lain yang akhirnya memilih menetap, sehingga toleransi dari berbagai suku dan agama dapat terasa di sini. Sebagai bukti, terdapat banyak gereja yang didirikan di kelurahan ini, terdapat beberapa vihara untuk yang beragama Buddha, dan terdapat banyak mushola dan beberapa mesjid bagi kaum Muslim. Hal yang sangat terasa dari toleransi ketika hari besar keagaman, ketika sebagian masyarakat merayakan acara keagamaan tersebut, yang tidak merayakan ikut menghargai dan mengucapkan selamat merayakan bagi mereka yang menjalankannya.
 
Itulah ke 5 keunikan yang membuat saya berpendapat kalau Dadap layak disebut miniatur kota. Tak ada salahnya jika anda dapat mencoba mengunjungi Dadap untuk wisata kuliner misalnya maupun mengunjungi mall atau melihat sekolah-sekolah di sini. Jika beruntung anda dapat merasakan momen saat open house di sekolah maupun saat event-event yang lain di Dadap.
 
Tulisan yang berjudul Kelurahan Dadap [Kosambi- Tangerang] Provinsi Banten, dan 5 Fakta yang Harus Kamu Baca!, ini ditulis oleh Christian Pasaribu dengan judul tulisannnya “Kelurahan Dadap, Si “Miniatur Kota”. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat memberikan wawasan dan juga informasi bagi pembaca mengenai Info Kelurahan Dadap, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;
  1. Fakta Desa Cibingbin [Kuningan] Provinsi Jawa Barat yang Harus Kamu Baca!.
  2. Kabupaten Lahat [Sumatra Selatan] dan Beberapa Fakta Wisata Harus Kamu Baca!
  3. Kota Balikpapan “Kota Beriman” [Kalimantan Timur] dan Fakta Potensi yang Harus Kamu Pahami!
  4. Inilah Desa Jeruk [Desa Kaliploso] Kabupaten Banyuwangi, yang Harus Kamu Ketahui!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kelurahan Dadap [Kosambi- Tangerang] Provinsi Banten, dan 5 Fakta yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar