Kecamatan Ciputat Timur [Kota Tanggerang Selatan] dan 10 Fakta Yang Harus Kamu Baca!

Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tanggerang Selatan, Banten


FaktaDaerah.Com- Kecamatan Ciputat Timur adalah kecamatan dari hasil pemekaran Kecamatan Ciputat. Kecamatan Ciputat Timur merupakan salah satu bagian dari wilayah Kota Tangerang Selatan. Dimana kota tersebut merupakan hasil pemekaran dari Kota Tangerang, Provinsi Banten. Kecamatan Ciputat Timur memiliki luas wilayah ±16.42 km2. Dengan jumlah penduduk ±183.330 jiwa dan  kepadatan ±11.165 jiwa/km2.

Fakta-Fakta Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tanggerang Selatan

Berikut ini adalah sejumlah fakta mengenai Kecamatan Ciputat Timur;
 

Kecamatan Ciputat Timur ada 6 Keluarahan/Desa


Kecamatan Ciputat Timur dibawahi oleh 6 kelurahan/desa. Kelurahan tersebut antara lain :
  • Kelurahan Rengas
  • Keluraha Rempoa
  • Kelurahan Cirendeu
  • Kelurahan Pondok Ranji
  • Kelurahan Cempaka Putih
  • Kelurahan Pisangan

Pendidikan di Ciputat Timur Sudah Baik


Sistem pendidikan di wilayah Ciputat Timur sudah sangat baik, dimana pada dasarnya wilayah tersebut sudah menyediakan banyak pilihan tempat untuk bersekolah baik jenjang SD, SMP maupun SMA.
 

Kondisi Kehidupan di Ciputat Timur


Seiring berjalannya waktu dari tahun ketahun, jumlah penduduk yang bertempat tinggal di wilayah Ciputat Timur terus menerus bertambah. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan semakin banyaknya tempat yang menyediakan rumah kontrakan, atau rumah petakan. Banyaknya jumlah penduduk di wilayah ini, kurang dibarengi dengan bertambahnya lapangan pekerjaan. Itu semua dapat terlihat dari banyaknya para warga di wilayah Ciputat Timur yang justru hidup menganggur dan juga sebagai akibat adanya pengurangan karyawan buruh pabrik di PT Sandratex.
 
Fakta Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tanggerang Selatan yang Lainnya;
 
Wilayah Ciputat Timur mempunyai beragam fakta yang sangat menarik untuk dibahas diantaranya yaitu :
 

Danau Situ Gintung


Danau Situ Gintung merupakan danau buatan yang lebih cocok disebut sebagai bendungan. Setelah tragedi jebolnya Situ Gintung beberapa tahun silam, Situ Gintung terus melakukan beberapa pembenahan.
 
Seperti dibuatnya tugu untuk mengenang tragedi Situ Gintung, memperbaiki dan mempercantik danau, mengubah danau dari keadaan gersang, menjadi teduh.
 

Taman Wisata Pulau Situ Gintung


Taman Wisata Pulau Situ Gintung merupakan salah satu tempat wisata yang berbudget cukup lumayan dikantong. Tempat tersebut menawarkan kolam renang dengan sistem dan model seperti 
Waterboom atau Waterpark.
 

Pasar Sandratex


Pasar Sandratex merupakan suatu pasar kaget yang dibuka setiap hari sabtu dan minggu. Pasar sandratex terletak didekat pabrik textil PT Sandratex. Dimana pada pasar tersebut kalian dapat memperoleh barang-barang baik bahan masakan sayuran, makanan matang, peralatan rumah tangga hingga pakaian dengan harga yang sangat terjangkau.
 

Pasar Ciputat


Pasar Ciputat merupakan pasar dimana terdapat pasar tradisional dan pasar semi tradisional. Di pasar tersebut, kita dapat mendapatkan beragam macam bahan masakan sayuran, kain textil, pakaian hingga peralatan rumah tangga dan kendaraan dengan harga yang cukup murah dibandingkan dengan pasar sandratex.
 

PT Sandratex


PT Sandratex merupakan sebuah pabrik yang bergerak dalam bidang textil, dengan limbah yang dihasilkan cukup banyak. Pada dasarnya pabrik tidak boleh berdiri di wilayah pemukiman padat penduduk, namun pabrik tersebu sudah lebih pertama berdiri dibandingkan beberapa perumahan, kontrakan atau kostan disekitarnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa PT Sandratex memberikan kontribusi tersebar bagi para penduduk di sekitar wilayah Ciputat Timur untuk dapat bekerja pada pabrik tersebut.
 

Kecamatan Ciputat Timur Pusat Perekonomian


Ciputat Timur merupakan wilayah yang dimana seluruh kegiatan ekonomi kecuali pada bidang ekstraktif, berada disana. Ciputat Timur merupakan salah satu wilayah yang menjadi salah satu tempat tujuan para pendatang dari luar daerah. Mengingat tempatnya yang sangat strategis dan memungkinkan untuk mendapatkan pekerjaan, baik menjadi supir angkutan umum, waitress hingga guru ataupun dosen.
 
Demikinalah tulisan mengenai Kecamatan Ciputat Timur yang ditulis oleh Vina rahma auliya dan saat ini sedang menjadi siswi di SMK Negeri 20 Jakarta. Pesan penulis kepada pembaca “Seberapa burukpun, seberapa kampunganpun wilayah tempat tinggalmu sekarang janganlah pernah pergi dan mencari kebahagiaan di tempat lain. Bangunlah tempat tinggalmu sekarang menjadi tempat tinggal impianmu”. Semoga bermnafaat, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Suku Baduy [Lebak- Banten] dan Fakta-Fakta Yang Harus Kamu Baca!
  2. Kelurahan Dadap [Kosambi- Tangerang] Provinsi Banten, dan 5 Fakta yang Harus Kamu Baca!
  3. Desa Talagahiang [Cipanas- Lebak] Provinsi Banten dan 5 Fakta Unik Yang Harus Kamu Baca!
  4. Desa Bengkala [Kubutambahan-Buleleng] Provinsi Bali dan Fakta Pesona Berlian Dibalik Kebisuan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kecamatan Ciputat Timur [Kota Tanggerang Selatan] dan 10 Fakta Yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar