40+ FAKTA Sumatera Barat (SUMBAR) Yang Membanggakan!

Provinsi Sumatera Barat


FaktaDaerah.Com- Sumatera Barat  terletak di pesisir barat Pulau Sumatera. Ibukotanya terletak di Padang. Sebutan Nagari Minangkabau atau Tanah Minang bagi wilayah ini, karena sebagian besar suku yang mendiami wilayah provinsi ini adalah suku Minangkabau. Dibalik itu semua ada sejumlah fakta yang menarik mengenai Sumatera Barat.
Baca Juga: 22 Fakta Menarik Pulau Sumatra

Fakta-Fakta Sumatera Barat


Berikut inilah sejumlah fakta mengenai Sumatera Barat ;
 
Sumatera Barat  Pernah Menjadi Ibukota Indonesia
 
Fakta yang belum banyak orang tahu tentang Provinsi ini adalah keadaanya, dimana pada tanggal 19 Desember 1948. Salah satu daerah yag ada du Sumatera Barat, yakni di Kota Bukittinggi pernah menjadi Ibukota Negara Indonesia.
 
Sumatera Barat  Memiliki Jam Gadang
 
Peninggalan Bersejarah di Sumatera Barat salah satu yang terkenal adalah Jam Gadang, Jam gadang adalah sebutan bagi empat buah jam besar yang terletak di keempat sisi menara jam. Gadanga bahasa Minang berarti "besar." Letak Jam Gadang adalah di pusat Kota Bukittinggi. Menara ini dibangun pada tahun 1926 sebagai hadiah dari Ratu Belanda. Perancangnya bernama Yazin Sutan Gigi Ameh.
 
Jam Gadang di Sumatera Barat Yang Unik
 
Hal yang menjadi keunikan mengenai Sumatra Barat lainnya adalah di Angka empat pada angka Romawi yang tertulis Jam Gadang tertera dengan IIII. Inilah salah satu ke khasan yang dimiiki oleh Provinsi Sumatra Barat.
 
Kerajaan Pagaruyung Adalah Asal Muasal Tanah Minang
 
Penting dan perlu untuk dipahami bagi siapapun bahwasanya sejarah Tanah Minang bermula dari berdirinya kerajaan Melayu yang bernama demgan Kerajaan Pagaruyung. Kerajaan ini didirikan oleh Raja Adityawarman pada tahun 1347 M.

Sumatera Barat  Memiliki Istana Pagaruyung
 
Istana Pagaruyung merupakan peninggalan Kerajaan Pagaruyung ini disebut juga sebagai Istano Basa. Letaknya di Kota Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar. Istana yang merupakan replika dari aslinya ini, dahulu merupakan tempat Raja Adityawarman bertahta.
 
Fakta Suku Bangsa Sumatera Barat 
 
Suku Bangsa Minangkabau adalah suku yang menempati sebagian besar wilayah Provinsi Sumatera Barat. Suku lainnya adalah Batak dan Mandailing di daerah Pasaman, serta suku Mentawai di Kepulauan Mentawai. Selain itu terdapat etnis Tionghoa, suku Jawa, keturunan etnis India, dan suku Nias.
 
Fakta Rumah Adat Sumatera Barat 
 
Rumah adat suku Minangkabau disebut Rumah Gadang. Beberapa orang menyebutnya sebagai Rumah Bagonjong atau Rumah Banjung. Rumah gadang terbuat dari kayu dan memiliki atap unik berbentuk seperti tanduk kerbau.
 
Tarian Khas Provinsi Sumatera Barat
 
Tarian Khas Masyarakat Sumatera Barat adalah Tari Pasambahan, Tarian ini bertujuan untuk menyambut dan menghormati tamu yang datang dari jauh, atau saat kedatangan pengantin pria di rumah pengantin wanita.
 
Tarian khas lainnya, adalah Tarian Piring  yang berasal dari Kota Solok, tarian ini dilakukan dengan cara menggenggam piring, kemudian diayunkan dengan gerakan sesuai irama musik. Tarian ini bermakna ungkapan syukur atas hasil panen.
 
Kesenian Randal Kesenian ini merupakan perpaduan antara seni bela diri dengan tarian, nyanyian dan seni perang.
 
Turuk Langgai di Sumatera Barat  adalah Tarian khas Suku Mentawai ini mencerminkan tentang perilaku hewan. Gerakan pada tarian ini mengandung nilai luhur yang penting bagi kehidupan di Mentawai.
 
Flora dan Fauna Sumatera Barat 
 
Flora dan Fauna Sumatera Barat Pinus Kerinci (Pinus merkusii strain Kerinci), kayu pacat (Harpulia alborera), bokkoi (Macaca pagensis), lutung mentawai atau joja (Presbytis potenziani siberu), bilou (Hylobates klossii), simakobu (Nasalis concolor siberu), bunga rafflesia (Rafflesia arnoldi), dan bunga bangkai (Amorphophallus titanium dan A. decussilvae).
 
Sumatera Barat  Memiliki Keindahan Alam
 
Keindahan Alam di Sumatera Barat pada dasarnya ada banyak, diantarnya adalah sebagai berikut;
 
Ngarai Sianok
 
Ngarai Sianok adalah lembah curam di Kota Bukittinggi, dengan kedalaman 100 meter dan panjang 15 kilometer. Di dasar Ngarai Sianok mengalir Sungai Sianok. Di tepi Sungai Sianok terdapat fauna dan flora langka seperti bunga rafflesia, monyet ekor panjang, siamang, rusa, babi hutan, macan tutul, dan tapir.
 
Danau Singkarak
 
Danau Singkarak merupakan danau terluas di Provinsi Sumatera Barat. Danau ini menempati peringkat terluas kedua di Pulau Sumatera, setelah Danau Toba. Danau ini merupakan hulu dari Sungai Batang Ombilin. Danau Singkarak dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dengan nama PLTA Singkarak.
 
Gunung Singgalang
 
Gunung berketinggian 2.877 meter ini sudah tidak aktif lagi. Di puncak gunung terdapat bekas kawah yang kini menjadi sebuah telaga bernama Telaga Dewi.
 
Danau Maninjau
 
Danau Maninjau di Provinsi Sumatera Barat  merupakan danau terluas kedua di Provinsi Sumatera Barat setelah Danau Singkarak. Konon, danau ini terbentuk akibat letusan gunung Sitinjau.
 
Taman Nasional Siberut
 
Taman Nasional Sumatera Barat  ini terletak di Pulau Siberut, pulau terbesar di Kepulauan Mentawai. Di Taman Nasional ini, terdapat 4 jenis primata endemik yaitu; bokkoi (Macaca pagensis), lutung mentawai atau joja (Presbytis potenziani siberu), bilou (Hy!abates klossii) dan simakobu (Nasalis concolor siberu).
 
RM Padang Adalah Fakta Tidak Ditemukan di Sumatera Barat
 
RM Padang memang hampir ada disetiap wilayah Indonesia, dari sabang sampai merode RM Padang memang banyak sekali penggemarnya, selain rasanya yang enak dan bumbu rempah-rempahnya yang terasa ezat RM pada juga memiliki makanan yang mendunia, yakni Makanan Rendang. Dan perlu setidaknya diketahui bahwasanya RM Padang ini ternyata hanya terdapat di luar Sumatera Barat.
 
Makanan Rendang Asli Sumatera Barat
 
Makanan Rendang, adalah salah satu makanan kebanggaan Indonesia, makanan ini bahkan telah resmi menjadi istilah dalam kamus oxford. Akan tetapi perlu setidaknya diktahui bahwasanya Fakta mengenai asal muasalnya masakan rendang karena masyarakat Padang membutuhkan makanan untuk dibawa lebih dari 2 bulan lamanya, dan rendang adalah salah satu makanan yang mampu bertahan selama itu.
 
Demikianlah tulisan mengenai Fakta Provinsi Sumatera Barat, semoga dengan adanya ulasan mengenai fakta-fakta daerah ini bisa menjadi wawasan dan menambah pengetahuan bagi setiap pembaca, baik yang akan berkunjung atau yang saat ini berada di Provinsi Sumatra Barat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "40+ FAKTA Sumatera Barat (SUMBAR) Yang Membanggakan!"

Posting Komentar