Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara, dan Fakta Gunung Emas yang Ada!

Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatra Utara


FaktaDaerah.Com- Kabupaten Mandailing Natal (Madina) adalah salah satu pemekaran dari Tapanuli selatan yang diresmikan oleh menteri dalam negeri Syarwan Hamid pada tanggal 9 maret 1999 di kantor Gubernur Sumatra Utara di Medan.

Geografis Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatra Utara

Kabupaten ini termasuk satu diantara kabupaten terluas di  Provinsi Sumatra Utara. Letak Geografis Kabupaten Madina berada pada posisi 00  10 – 10 50’ Lintang Utara dan 980 50’ – 1000 10’ Bujur Timur dengan ketinggian antara 0 s.d 2.146 diatas permukaan Laut. Dengan batas sebelah Utara Kabupaten Tapanuli Selatan, sebelah Selatan Provinsi Sumatra Barat, dan Sebelah Barat Samudra Indonesia.
 

Tambang Emas di Kabupaten Mandailing Natal


Tambang Emas di Huta Bargot
 
Gunung Sarahan, Desa Huta Julu Kecamatan HutaBargot, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatra Utara. Merupakan pertambangan Ilegal yang berjarak Puluhan kilometer dari Ibu kota Madina. Pertambangan ini dikelolah oleh Masyarakat dengan cara berkelompok ataupun bertoke (Bos).
 
Pertambangan yang menghasilkan emas berkarat 76  sangat membatu perekonomian daerah. Namun sangat disanyangkan pertambangan Tanpa Izin tersebut telah banyak memakan korban dan pengrusakan hutan. Pekerja di pertambangan tidak hanya dari masyarakat Madina namun ada juga yang berasal dari luar pulau Sumatra.
 
Pengunungan Naga Juang Penghasil Emas
 
Naga Juang adalah bukit yang terletak di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatra Utara. Kawasan ini merupakan tempat penambangan emas, dan penambang tidak hanya berasal dari daerah itu saja bahkan dari luar daerah ikut serta menggantungkan hidup didalamnya.
 
Awal mulanya menurut cerita dari masyarakat setempat tepatnya pada tahun 2010 sering terdegar letusan yang sagat keras seperti Gempa Bumi dari bukit bukit Naga Juang, ditambah lagi banyaknya Helikopter yang berlalu lalang dari Uadara Naga Juang menuju pengunungan. Hal itulah membuat masyarakat Naga Juang Merasa penasaran sehingga ada yg menaiki pengunungan itu untuk mengobati rasa penasarannya. Ternyata dipengunungan telah ada pertambangan modern yang sebelunya tidak ada yang mengetahui.
 
Dengan keberanian dan ilmu pengetahuan tentang pertambangan yang minim masyarakatpun membuka tambang di sekitar area pertambangan dan hasilnya alhamdulillah perekonomian Mandailing Natal berubah derastis khusnya Desa Naga Juang.
 
Mencari Emas di Perairan Lingga Bayu Telah Turun Menurun
 
Kecamatan Lingga Bayu terletak di sebelah barat Mandailing Natal. Aktivitas kebanyakan dimasyarakat selain dari kekebun karet ada juga yang melakuka pertambangan emas tradisional yang dikenal dengan Dompeng dan mengayam.
 
Pencarian emas yang dilakukan di perairan Batang Natal tersebut telah lama dilakukan masyarakat sekitar, dan emas yang dihasilkan begitu bagus. Namun adahal yang tidak dipikirkan pemerintah tersebut yaitu pencemaran limbah kesugai Natang Natal dimana sugai itu masih sagat di butuhkan masyarakat Batang Natal, keseharian juga masih bergantung kesugai itu.  Seperti mencuci pakaian, Peralatan Rumah Tangga Serta Mandi kami masih Bergantung ke sugai Batang Natal tersebut.
 
Dalam Bukunya Mpu Prapanca yang berjudul Kartanegara telah menyebutkan Mandailing Natal  telah diberikan anunggrah dari Tuhan Yang Maha Esa kekayaan Alam yang begitu melimpah Mulai dari rempah-rempah, sarang Walet dan bahkan Laut yang menghasilkan Ikan. Lantas pertanyaan kenapa masyarakt Mandailing Natal masih menjadi penghasilan terendah perkapita ketiga di sumatra Utara?. Mungkin karna semuanya bersifat Ilegal kali..... hehe.
 
Demikianlah tulisan mengenai Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara, dan Fakta Gunung Emas yang Ada!. Adapun penulis dalam artikel ini adalah Erik dengan judul asli Gunung Emas di Kabupaten Mandailing Natal – Sumatra Utara. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi setiap pembaca. Trimakasih, baca juga tulisn lainnya;

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara, dan Fakta Gunung Emas yang Ada!"

Posting Komentar