9+ FAKTA Provinsi Maluku yang Harus Kamu Baca!

Provinsi Maluku, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Provinsi Maluku adalah salah satu Provinsi yang memiliki sejuta fakta menarik bagi siapapun yang ingin mengenal Indonesia. Provinsi Maluku ini memiliki semboyan “Siwa Lima” yang artinya adalah saling memiliki. Untuk mengenai tentang Provinsi Maluku berikut adalah sejumlah fakta yang harus kamu ketahui.
Baca Juga: 9+ [Fakta] Unik Indonesia, No 5 Tidak Banyak Diketahui!

Fakta-Fakta Maluku;

Berikut ini adalah 9 Fakta Mengenai Provinsi Maluku;

Provinsi Maluku yang Berdinding Pelepah Sagu


Salah satu hal yang menarik dari Provinsi Maluku adalah tentang kepemilikan bangunannya, yakni Bagunan yang berdining dari Pelepah sagu. Bangunan tersebut adakag Masjid Tua Wapauwe yang mana mesjid ini menjadi tertua di Maluku dengan konstruksi bangunannya berdinding pelepah sagu yang kering.
 

Provinsi Maluku Memiliki Tradisi Pengasingan yang Unik


Tradisi di Indonesia memang bermacam-macam, salah satunya ada tradisi yang unik dan hanya ada di Provinsi Maluku. Tradisi ini ialah pengasingan terhadao perempuan-perempuan yang sedang hamil dan gadis yang datang bulan yang mana pemepuan hamil dan gadis datang bulan ini diasingkan di gubuk kecil oleh Suku Naulu di Provinsi Maluku.
 

Maluku Menjadi Nama Daerah Tertua di Indonesia


Daerah yang paling tua dengan nama tetap adalah Provinsi Maluku, menurut catatan sejarah dan prasasti yang ada Provinsi Maluku ini berdiri sama dengan Kerajaan yang ada di Timur Tengah pada masa Pimpinan Firaun. Bahkan untuk Gubernur tertua atau yang pertama memimpin Maluku terjadi pada tahun 1522 sampai tahun 1605.
 

Agama Mayoritas Masyarakat Provinsi Maluku adalah Islam


Islam menjadi agama paling mayoritas di Provinsi Maluku, yakni hampir setengah penduduk masyarakat Maluku bergama Islam. Dengan jumlah statistik sekitar Islam 50, 61 Pesersen dan urutan kedua adalah Agama Kristen Protestan dengan jumlah 41.40 persen.
 

Ambon Adalah Ibukota Provinsi Maluku


Maluku sebagai wilayah yang terdiri dari kepulauan memang memilki banyak kabupaten dan kota dengan jumlah Kota sebanyak 2 dan kabupaten di Maluku sebanyak 12. Sedangan untuk Kecamatan yang ada di Provinsi Maluku banyaknya adalah 98 kecamatan. Dari wilayah tersebut penting untuk diketahui bahwa Ibu Kota Provinsi Maluku ini adalah Ambon.
 

Provinsi Maluku Pernah Mendapatkan Penghargaan Dunia


Beberapa permasalah yang pernah ada di Provinsi Maluku adalah tragedi konflik antar agama dengan dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan sebutan Tragedi Ambon pada Tahun 1999. Akan tetapi pada saat ini Provinsi Maluku menjadi salah atu Provinsi yang sangat ramah dan damai di Indonesia dan akhirnya kondisi ini Provinsi Maluku mendapatkan penghargaan “Gong Perdamaian Dunia” yang berada di ACC (Ambon City Centre).
 

Maluku Mempunyai Bangunan Peninggalan Kerajaan Hulondhalo


Peninggalan Bersejarah di Gorontalo Masjid Tua Hunto Sultan Amay Masjid ini bernama Masjid Hunto yang merupakan peninggalan Kerajaan Hulondhalo. Mesjid Hunto dibangun tahun 1495 M, pada saat Sultan Amay bertahta. Bangunan ini terletak di Kelurahan Biawau dan Siendeng, Kota Selatan Gorontalo.
 

Bangunan Sejarah di Maluku Adalah Benten


Benteng-banteng peninggalan sejarah di Maluku antara lain adalah Benteng Otanaha. Otahiya. Ulupahu Ketiga benteng ini berada di atas Perbukitan Dembe. Dibangun pada tahun 1522 di bawah perintah Raja Ilato. Nahkoda Portugis berperan mendirikan benteng ini.

Demikianlah tulisan mengenai Fakta Provinsi Maluku yang Ibu Kotanya adalah Ambon. Semoga dengan adanya fakta-fakta ini bisa menambah wawasan dan juga menambah pengetahuan bagi masyarakat yang ada atau akan berkunjung di Maluku. Trimakaih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Kota Tidore [Provinsi Maluku Utara] dan Sebutan Negerinya Para Raja!
  2. Kota Ternate [Maluku Utara] dan 6 Fakta Menajubkan Yang Harus Kamu Baca!
  3. Pulau Sumatra dan 22 Fakta Menarik Yang Harus Kamu Baca!
  4. 10+ FAKTA Provinsi Kalimantan Barat yang Harus Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9+ FAKTA Provinsi Maluku yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar