13+ FAKTA Provinsi Yogyakarta, No-13 Penting Kamu Baca!

Provinsi Yogyakarta, Indonesia

 
FaktaDaerah.Com- Yogyakarta adalah salah satu Provinsi yang ada di Pulau Jawa. Provinsi ini sendiri memiliki sejuta fakta-fakta menarik yang kemungkinan banyak pihak belum mengetahuinya, baik fakta tersebut terhadap budayanya, masyarakat, pendidikan, dan juga fakta lainnya.

Fakta-Fakta Yogyakarta

 
Sebagai wawasan dan juga menambah pengetahuan berikut ini adalah sejumlah fakta mengenai Provinsi Yogyakarta ;
 

Gubernur Yogyakarta Dipilih Berdasarkan Garis Keluarga

 
Satu-satunya Provinsi di Indonesia yang tidak melakukan pesta demokrasi, khususnya pemilihan gubernur adalah Yogyakarta. Dimana pemimpin di Yogyakarta  ini dipilih berdasarakan urutan silsilah keluarga dari Kraton Yogyakarta. Yang saat ini dijabat oleh Hamengkubawana X.
 

Peta Wilayah Yogyakarta Mirip Dengan Gambar Gunung.

 
Peta wilayah yang ada di Provinsi Yogyakarta, antah percaya ataupun tidak peta wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta mirip sekali dengan gambar gunung yang membentang seperti puncak.
 

Daerah Kulon Progo Punya Jembatan yang Tidak ada Pilar Tenggahnya

 
Hal unik lainnya dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta adalah jembatan di wilayah Kulon Progo yang tidak memiliki pilar pada umumnya jembatan-jembatan di Indonesia.
 

Provinsi Yogyakarta Pernah Menjadi Ibukota Indonesia

 
Sebutan mengenai Provinsi Yogyakarta yang pernah menjadi Ibu Kota Indonesia barangkali memang ada dalam sejarah, tepatnya Provinsi Yogyakarta menjadi Ibu Kota Indonesia pada kurun waktu 3 tahun yakni pada tahun 1946 sampai dengan Tahun 1949.
 

Provinsi Yogyakarta Menjadi Provinsi Terkecil Ke-2 di Indonesia

 
Provinsi ini sendiri memiliki luas yang tidak terlalu besar, bahkan jika dilihat dari geografisnya. Provinsi Yogyakarta menjadi provinsi dengan ukuran terkecil ke-2 di Indonesia setelah yang pertama adalah Provinsi DKI Jakarta.
 

Yogyakarta Menjadi Tempat Lahirnya Tokoh-Tokoh Indonesia

 
Provinsi Yogyakarta pada fakatnya sampai saat ini menjadi salah satu kelahiran tokoh-tokoh di Indonesia, misalnya saja seperti Bapak Amin Rais, Wakil Presiden Boediono Megawati, dan Juga Presiden Soeharto (Bapak Pembangunan Indonesia) yang ternyata presiden-presiden tersebut lahir di Yogyakarta.
 

Taman Siswa dan Muhammadyah Lahir di Yogyakarta

 
Organaisasi-oraganisasi yang bersejarah dan ada sampai saat ini lahir di Yogyakarta, oraganisasi Islam yang lahir di wilayah ini contohnya adalah Muhammadyah, selain itu Taman Siswa juga lahir di Yogyakarta.
 

Yogyakarta Memiliki Istana Presiden

 
Yogyakarta memang pernah menjadi bu Kota Indonesia, akan tetapi penting untuk diketahui bahwa sampai sejakarang Yogyakarta masih memiliki Istana Presiden yang berada di Jl. Ahmad Yani Yogyakarta
 

Provinsi Yogyakarta Memiliki Banyak Nama Lain

 
Banyak nama lain yang dilekatkan kepada Yogyakarta, misalnya saja ada sebutan dalam masyarakat yang menggunakan Provinsi Yogyakarta dengan nama lain seperti Djogja, Ngayogyakarta, Yoja atau Yojo, dan lain sebaginya.
 

Yogyakarta Memiliki Kampus Ternama di Indonesia

 
Pendidikan di Yogyakarta memang sudah lebih maju dibandingkan dengan Provinsi lain di Indonesia, salah satu Kampus yang ternama di Yogyakarta dan dunia adalah UGM (Universitas Gajah Mada). Kampus ini bahkan melahirkan banyak Tokoh Nasional, contohnya saja Presiden Jokowi yang pernah mengenyam pendidikan di UGM.
 

Dagadu Merk Dagang Khas Jogjakarta

 
Masyarakat Jogja tentusaja tidak asing legi dengan “Dagadu” yang mana nama ini merupakan salah satu merk dagang familiar di Jogja.
 

Pusat Kesultanan Mataram di Yogyakarta

 
Fakta sejarah lainnya mengenai Provinsi Yogyakarta adalah tentang wilayah, dimana wilayah Kecataman Kotagede, Provinsi Yogyakarta, pernah menjadi pusat Kesultanan Mataram, yang terjadi pada tahun 1575 sampai tahun 1640.
 

Orang Non Probumi Tidak Boleh Punya Tanah di Yogyakarta

 
Fakta lain yang menjadi pembeda dari Provinsi Yogyakarta adalah fakta mengenai kepemilikan tanah. Dimana kepilihan tanah di Provinsi Yogyakarta ini berbeda dengan daerah lainnya, yakni harus orang pribumi (Orang Indonesia) jika bukan Pribumi maka dia tidak berhak memiliki tanah Yogyakarta dan hanya bisa mengotrak atau sewa untuk keperluan usahanya.

Demikianlah tulisan mengenai 13 Fakta Provinsi Yogyakarta. Semoga dengan adanya pengulasan mengenai fakta-fakta daerah di Indonesia ini bisa menambah wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca, khususnya Masyarakat Provinsi Yogyakarta. Trimakasih, baca juga tulisan lainnya;
  1. Kabupaten Kulon Progo [Yogyakarta] dan 10 Fakta Yang Harus Kamu Baca!
  2. Kerajinan Tenun Stagen [Sleman- Yogyakarta] dan Kelestariannya Yang Harus Kamu Jaga!
  3. Gunung Kemukus [Sragen-Jawa Tengah] dan 10 FAKTA yang Harus Kamu Baca!
  4. 6 TEMPAT Wisata di Blora [Jawa Tengah] yang Paling Sering Dikunjungi!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "13+ FAKTA Provinsi Yogyakarta, No-13 Penting Kamu Baca! "

Posting Komentar