Kota Ternate [Maluku Utara] dan 6 Fakta Menajubkan Yang Harus Kamu Baca!

Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Kota Ternate. Salah satu daerah di Indonesia yang masih kental dengan budaya Islam beserta panorama dan sejarahnya. Mungkin sebagian masyarakat masih banyak yang belum tahu tentang hal tersebut. Kebanyakan yang diketahui oleh masyarakat Indonesia bahwa Ternate adalah salah satu daerah bagian timur di Indonesia yang memiliki hasil rempah-rempah dan pernah menjadi daerah jajahan Portugis.

Fakta Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara


Ataupun dalam sejarahnya, sudah dikatakan bahwa Ternate memiliki kerajaan Islam disana. Namun nyatanya, banyak masyarakat Indonesia yang masih belum tahu tentang letak maupun segala hal yang ada dipulau ini. Ayo jelajah sedikit tentang pulau kecil di Maluku ini.

Luas Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Indonesia


Kota Ternate merupakan kota kepulauan dengan luas 547.736 km2, dan ketinggian 1.730 meter diatas pemukaan laut. Ternate memiliki sejarah yang sama halnya dengan daerah-daerah di Indonesia yang pernah menjadi tempat jajahan bangsa asing dulunya.

Kota Ternate Sebagai Tempat Pedagang


Pedagang-pedagang dari Negara lain seperti India, China, Persia dan Arab, datang ke Indonesia untuk mencari rempah-rempah dan menjualnya kembali di nagara asal dengan harga yang cukup tinggi. Daerah kepulauan ini merupakan salah satu penghasil rempah-rempah terbesar di Indonesia dengan penghasil cengkeh beserta pala yang buah beserta fulinya bisa dimanfaatkan dan memiliki harga jual yang setara dengan harga emas.

Jejak-Jejak Sejarah Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Indonesia


Jejak-jejak penjajahan pun sebagian masih berdiri tegak dan dijaga keasliannya. Seperti Benteng Kalamata, Benteng Toloko, Bentang Kastela, dan Benteng Orange. Selain itu, Kota Ternate juga tak lepas dari sejarahnya tentang kerajaan Islam tertua di Indonesia. Kerajaan atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kedaton Kesultanan Ternate ini memiliki cikal bakal sejarah pendiriannya yang masih dipercaya dikalangan masyarakat setempat dan masih kuat dengan keislamannya. Bangunan ini juga memiliki beberapa keunikan tersendiri yang menarik untuk kita ketahui.

Pantai Sulamadaha  di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara


Selain bangun bersejarahnya, Ternate menyimpan beragam potensi alam yang tak kalah indahnya dengan pulau Bali. Pantai Sulamadaha adalah salah satu contohnya. Pantai ini merupakan salah satu pantai favorit bagi wisatawan local maupun luar. Pantai ini memiliki pasir hitam lembut dan berdampingan dengan pantai Saumadaha yang berpasir putih.

Danau di Kota Ternate


Selain itu, di Ternate juga terdapat danau yang memiliki cerita tersendiri yang dipercaya oleh masyarakat sekitar adalah sebuah kampong yang tenggelam akibat kesalahan yang diperbuat kepala suku dan putrinya. Danau tersebut terbagi dua dan terpisah sekitar 200 meter. Masyarakat menyebutnya Danau Tolire Besar yang bentuknya seperti loyang (cekung) dan Danau Tolire Ici (Kecil) yang terletak ditepi pantai.

Gunung Gamalama di Kota Ternate


Kota Ternate terletak di kaki Gunung Gamalama, dimana gunung ini adalah salah satu gunung berapi yang masih aktif mengeluarkan isi perutnya sesekali waktu. Letusan gunung Gamalama pada tahun 1737 adalah yang terhebat. Yang menyebabkan laharnya hampir mencai laut. Namun, dari letusan itulah Ternate menambah satu objek wisata bagi para wisatawan yang sekarang dikenal dengan nama Batu Angus.

Dari segala macam objek wisata yang ditawarkan, Ternate memiliki budaya yang masih belum diperlihatkan kepada Indonesia. Namun, Ternate sendiri sudah banyak dilihat oleh para turis asing. Dari semua ini, apakah Indonesia masih ingin terlena dengan Negara lain? Mengapa tidak dikembangkan jika Indonesia memiliki potensi yang bisa menghasilkan uang untuk negaranya? Bagian timur Indonesia sungguh miskin dengan tangan-tangan pemerintah.

Demikianlah tulisan mengenai Kota Ternate [Maluku Utara] dan 6 Fakta Menajubkan Yang Harus Kamu Baca!. Adapun judul asli dalam tulisan ini sendiri adalah Ada Apa Sih di Kota Ternate?, yang ditulis oleh Anita Rusdiana, salah seorang Mahasiswi di Institut Pertanian Bogor. Semoga dapat memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca mengenai Kota Ternate [Maluku Utara]. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Desa Saradan Kecamatan Pemalang dan Penjelasan yang Harus Kamu Pahami!
  2. [Keren!] Pulau Tikus Bengkulu dan Kekayaan Lautnya, Wajib Kamu Kunjungi
  3. [Gunung Lawu] dan Pesona Grojogan Sewu, yang Harus Kamu Kunjungi.
  4. 5 Fakta Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare “Kampung Inggris”

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kota Ternate [Maluku Utara] dan 6 Fakta Menajubkan Yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar