Kabupaten Kutai Timur [Kalimantan Timur] dan Beberapa Fakta yang Harus Kamu Ketahui!

Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Kutai Timur adalah sebuah kabupaten yang berada di sisi tertimur dari Provinsi Kalimantan Timur. Lebih tepatnya berada di pedalaman Provinsi Kalimantan Timur. Jarak antara Kabupaten Kutai Timur menuju Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur (Samarinda) sekitar 179,1 km. Walaupun berada jauh dari Ibu Kota Provinsi bukan berarti Kabupaten Kutai Timur tidak memiliki tempat destinasi untuk dikunjungi.
Baca Juga: Tempat-Tempat Wisata di Lumajang [Terlengkap]

Destinasi atau Wisata di Kabupaten Kutai Timur


Kutai Timur memiliki belasan tempat destinasi nan indah namun tersembunyi. Tidak seperti Kota Bali yang terkenal hingga ke penjuru dunia, bahkan masyarakat lokal Kutai Timur pun masih banyak yang belum mengetahui tempat destinasi atau wisata di kotanya. Salah satu tempat destinasi yang amat indah dan bersejarah di Kutai Timur adalah Sangkulirang Rock Art dan Taman Nasional Kutai.

Wisata Sangkulirang Rock Art di Kabupaten Kutai Timur

Sangkulirang Rock Art adalah sebuah gua bersejarah yang di dalamnya terdapat banyak tanda telapak tangan manusia pada zaman purba. Situs bersejarah tersebut kini dalam upaya menuju status warisan dunia oleh UNESCO.

Taman Nasional Kutai (TNK) di Kabupaten Kutai Timur


Taman Nasional Kutai adalah sebuah taman nasional yang memiliki lahan total seluas 198.629 ha. Saat berkunjung ke Taman Nasional Kutai kita dapat melihat aneka ragam hayati yang sudah berusia ratusan tahun.

Selain tempat destinasinya, Kutai Timur memiliki banyak keseniaan daerah. Tarian daerah yang sangat terkenal di kalangan masyarakat adalah Tari Enggang / Tari Dayak. Sekedar info, tarian tersebut diciptakan dengan tujuan untuk mengenang roh nenek moyang. Diberi nama “Tari Enggang” karena Enggang adalah nama burung yang dianggap suci dan jelmaan dari roh nenek moyang di Kalimantan Timur.

Namun burung tersebut sudah mendekati kata punah. Masyarakat Kutai Timur sendiri menampilkan tarian tersebut dalam acara pesta panen, upacara adat, penyambutan, dan sudah diajarkan dalam lingkungan sekolah.

Adat Istiadat Masyarakat Kutai Timur


Tidak hanya itu, masyarakat kutai timur juga memiliki adat istiadat yang sangat kental dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya saja apabila ada seseorang yang menawarkan makanan kepada kita, kita harus menerimanya atau menyicipinya. Karena apabila kita menolak, maka akan terjadi hal buruk kepada kita (kepuhunan). Dan juga orang yang hendak menikah tidak diperkenankan berada di dekat sungai karena masyarakat percaya bahwa “nenek” (sebutan untuk buaya yang ada di Kutai Timur) dapat mencium aroma calon pengantin dan akan memangsanya.
Terlepas dari semua adat istiadat yang ada di Kabupaten Kutai Timur, masyarakat Kutai Timur sangat ramah terhadap pendatang atau turis yang berkunjung. Jadi jangan ragu untuk berkunjung dan menikmati pesona alam di Kutai Timur.
Demikinalah tulisan mengenai Kabupaten Kutai Timur [Kalimantan Timur] dan Beberapa Fakta yang Harus Kamu Ketahui!. Adapun judul asli dalam artikel ini adalah Yuk Berkunjung ke Kutai Timur, yang di tulis oleh Nur Habibah yang mana dalam artikel yang dikirimkan ia menambahkan bahwa Foto Tari Enggang dan TNK adalah koleksi pribadi penulis. Semoga dengan hadirnya tulisan ini bisa menjadi wawasan dan juga pengetahuan bagi pembaca yang sedang mencari info seputar “Kutai Timur”. Trimakasih, baca juga tulisan lainnya;
  1. Temanggung dan 7 Fakta Dareah yang Perlu Kamu Ketahui
  2. [Desa Wonorejo]- Sumbergempol dan Beberapa Fakta yang Harus Kau Baca!
  3. Tempat-Tempat Wisata di Lumajang [Terlengkap]
  4. [Gunung Lawu] dan Pesona Grojogan Sewu, yang Harus Kamu Kunjungi.
  5. Desa Saradan Kecamatan Pemalang dan Penjelasan yang Harus Kamu Pahami!

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Kabupaten Kutai Timur [Kalimantan Timur] dan Beberapa Fakta yang Harus Kamu Ketahui!"

  1. Buat penulis, si nurhabibahh, arikelnya uwaww😍😍. Kutai timur isthebest

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Btw, sebentar lagi mau HUT kutai Timur ya

    BalasHapus