10+ Fakta Kepulauan Riau (Kepri) yang Harus Kamu Baca!

Provinsi KEPRI (Kepulauan Riau)


FaktaDaerah.Com- Kepulauan Riau adalah salah satu provinsi yang indah di Indonesia, Kepulauan Riau ini tentunya berbeda dengan Provinsi Riau, baik dari daerahnya, budaya, makanan khas, dan lain sabgainya. Banyak fakta yang perlu diungkapkan mengenai Kepulauan Riau.
Baca Juga: Pulau Sumatra dan 22 Fakta Menarik Yang Harus Kamu Baca!

Fakta-Fakta Kepulauan Riau


Sebagai bahasan mengenao lebih dekat dengan Indonesia, berikut adalag fakta-fakta dari Kepulauan Riau.
 

Kepulauan Riau Menjadi Provinsi dengan Jumlah Pulau Terbanyak


Indonesia sebagai negara kepulauan tentusaja memiliki jumlah pulau yang jumlahnya ratusan ribu, akan tetapi dari jumlah pulau itu sendiri Provinsi dengan Kepulauan terbanyak di Indonesia adalah Kepulauan Riau yang jumlahnya pulaunya mencapai 2.408 Pulau.
 

Kepulauan Riau 96% Jumlah Lauatannya


Kepulauan Riau memang tidak seluas wilayah Provinsi Riau, salah satu alasannya daerah di Provinsi Kepulauan Riau ini lebih banyak lautnya daripada wilayah daratan. Bahkan menurut data dari pemerintah, Jumlah laut di Kepulauan Riau mencapai 96%.
 

Masyarakat Kepulauan Riau Lebih Murah Wisata di Luar Negari daripada di Jakarta


Jakarta sebagai Ibukota Indonesia memang memiliki daya tarik tersendiri untuk berwisata, akan tetapi perlu setidaknya dipahami bahwa biaya unt wisata di DKI Jakarta dan di luar negri menurut masyarakat Kepulauan Riau lebih murah di Luar Negri. Hal ini lantaran daerah Kepulauan Riau berbatasan langsung dekat dengan Singpura yang hanya menghabiskan ongkos sekitar 250.000 Ribu.
 

Tanjungpinang adalah Ibukota Kepulauan Riau


Ibukota Provinsi Kepulauan Riau ini pada faktanya adalah Tanjungpinang akan tetapi banyak masyarakat yang salah paham dengan wilayah di Provinsi ini. Masyarakat menyangka bahwa Ibukota Kepulauan Riau adalah Kota Batam, padahal Ibukota Kepulauan Riau adalah Tanjungpinang.
 

Kuliner di Kepulauan Riau Kebanyakan Adalah Sea Food


Kepri sebagai provinsi yang lebih banyak daerah Lautnya tentusaja memiliki lebih banyak kuliner dan oleh-oleh Makanan Khas yang biasa terbuat dari bahan dasar Ikan Laut atau seringdisebut juga dengan Sea Food. Contoh makanan yang terkenal di Kepulauan Riau sendiri misalnya adalah Gonggong (siput), Makanan Lakse, Makanan Prata, dan lain sebaginya.
 

Bahasa dan Budaya Kepulauan Riau Lebih Banyak Indonesia dan Melayu


Bahasa dan budaya masyarakat di Kepulauan Riau pada faktnya ada dua, yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Melayu. Hal ini lantaran penduduk dan letak masyarakat di Kepulauan Riau sangat dekat dengan Negara Malaysia dan Singpura.
 

Kota Tanjungpinang Ibukota Kepulauan Riau Memiliki Landmark Gedung Gonggong


Provinsi Kepulauan Riau pada Tahun 2016 membangun sebuah Landmark Gedung Gonggong yang sudah diresmikan oleh Wakil Presiden Indonesia, yakni Bapak Yusuf Kala. Landmark Gedung Gonggong ini difungsikan sebagai ikon wisata baru Kepulauan Riau, khususnya Kota Tanjungpinang, dan juga sebagai pusat-pusat pariwisata di Kepulauan Riau.
 

Kepulauan Riau Memiliki Daerah Perdagangan Bebas Indonesia


Indonesia pada saat ini memiliki wilayah yang bebas melakukan perdagangan, salah satunya diantaranya di Provinsi Kepulauan Riau yang ada tempat perdagangan beas atau dalam Bahasa Inggris dikenal dengan istilah free trade zone. Lokasi free trade zone sendiri hanya berlaku di Bintan, Kota Batam dan Karimun. Maka hal ini sangatlah wajar dikalau kita sering mengenal barang denga kualitas murah di yang bersal dari Provinsi Kepulauan Riau, khususnya di Kota Batam. Seperti HP dan lain sebaginya.
 

Provinsi Kepulauan Riau Mengalami Pertumbuhan Konsumsi 10%


Pertumbuhan konsumsi di setiap provinsi di Indonesia tentusaja berbeda. Adapun salah satu daerah yang menglami pertumbuhan tertinggi adalah di Provinsi Kepulauan Riau yang jumlahnya sekitar 10%.

Demikianlah tulisan mengenai  Fakta Kepulauan Riau (Kepri) yang harus kamu tahu dan baca. Tulisan mengenai Fakta-Fakta Daerah yang ada di Provinsi ini silahakn saja bisa kalian baca selengkapnya;
  1. Pulau kundur [Karimun-Kepulauan Riau] dan 8 Fakta Yang Harus Kamu Baca!
  2. Kota batam [Kepulauan Riau] dan 8 Fakta Yang Harus Kamu Baca!
  3. Pulau Anambas dan [4] Tempat Wisata yang Harus Kamu Ketahui!
  4. Menggala Jounction [Rokan Hilir-Riau] dan 14 Fakta Unik yang Harus Kamu Ketahui!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10+ Fakta Kepulauan Riau (Kepri) yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar