8+ DAERAH Penghasil Ikan Terbesar di Indonesia Lengkap

Daerah Penghasil Ikan di Indonesia


FaktaDaerah.Com- Ikan adalah salah satu Sumber Daya yang dimiliki oleh Indonesia pada saat ini. Sumber daya ini sendiri menjadi salah satu produk unggulan pemerintah Indonesia, bahkan untuk Indonesia menjadi 10 Negar yang tergolong penghasil Ikan berkulitas tinggi, setelah yang pertama Cgina, Norwegia, dan Thailand. Adapun beberapa wilayah yang menjadi penghasil ikan terbesar di Indonesia tersebar dari Pulau Sumtra sampai Pulau Papua.
Baca Juga: 8 Daerah Penghasil Bawang Putih Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Ikan Terbesar di Indonesia


Berikut inilah wilayah-wilayah di Indonesia yang menjadi penghasil ikan, diantaranya;

Provinsi Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan menjadi daerah penghasil ikan terbesar di Indonesia, ikan yang dihasilkan dari Provinsi ini mencapai 21.6 persen dari kebutuhan ikan, khususnya produk ekpor Indonesia. Beberapa wilayah di Sulsel yang menjadi penghasil ikan berada di hampir seluruh Kabupaten.

Provinsi Nusa Tenggara Timut (NTT)

NTT selain dikenal dengan berbagai tempat wisata yang menarik juga menjadi salah satu daerah penghasil ikan terbesar ke-2 di Indonesia, ikan yang dihasilkan dari Provinsi ini mencapai 13, 7 persen.

Provinsi Sulawesi Tengah

Daerah penghasil ikan selanjutnya masih berada di Pulau Sulawesi, tepatnya berada di Provinsi Sulawesi Tengah dengan hasil ikan yang mampu mencapai 8.5 persen dari kebutuhan ikan yang ada di Indonesia.

Provinsi Jawa Timur

Masyarakat di Jawa Timur bisa membanggakan diri terhdap kondisi ini, dimana wilayh di Jawa Timur sendiri menjadi penghasil Ikan terbesar ke-4 di Indonesia dengan jumlah sekitar 7.3 persen dari kebutuhan pasar Internasional dan nasional. Bahkan Jawa Timur mampu memenuhi kebutuhan ikan di wilayah-wilaya sekitarnya seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, dan sebagan besar di Jakarta.
Selain 4 daerah penghasil ikan terbesar di Indonesia di atas, ada juga penghasil ikan menurut wilayah yang ada di Indonesia, wilayah ini terbagi menjadi Kota dan Kabupaten. Berikut adalah penjelasannya spesifiknya;

Demikianlah tulisan mengenai Daerah Penghasil Ikan Terbesar di Indonesia. Semoga dengan adanya tulisan ini para pembaca dapat mengtahui dan menambah wawasan untuk mencintai potensi yang ada, khususnya di Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "8+ DAERAH Penghasil Ikan Terbesar di Indonesia Lengkap"

  1. Tapi kenapa ya masyarakat kita kurang senang makan ikan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan karena Pengeloloaannya Belum Ditemukamukan ya pas kak, :)

      Hapus