Tempat Wisata di Banyuwangi Segitiga Berlian [Triangle Diamond] Banyuwangi. Yang Harus Kamu Kunjungi!


Tempat Wisata di Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur


FaktaDaerah.Com- Pesona wisata di Kabupaten Banyuwangi mendapat tempat di hati wisatawan baik domestik maupun mancanegara, dengan ditunjang oleh faktor geografis yang berada di dekat Bali. Banyuwangi yang terletak di ujung paling timur Pulau Jawa ini mendapat julukan Sunrise of Java.

Beragam  tempat wisata di Banyuwangi mulai dari pantai, hutan, air terjun bahkan gunung. Namun Banyuwnagi sendiri memiliki 3 tempat wisata terpisah dengan pesona wisata  yang mempunyai ciri khas berbeda-beda di dalamnya dengan nama Segitiga Berlian atau dengan kata lain (Triangle Diamond).
 

Segitiga Berlian [Triangle Diamond] Banyuwangi


Tiga titik wisata tersebut ada Pantai Pelengkung (Pelengkung Beach), Pantai Sukamade (Sukamade Beach), dan Kawah Ijen (Ijen Crater). Berikut ini merupakan penjabaran dari ketiga tempat wisata tersebut :

Pantai Pelengkung (Pelengkung Beach)


Pantai Pelengkung atau yang lebih dikenal dengan sebutan G-Land merupakan surga bagi para eselancar profesional dari dalam negeri atauun mancanegara. Jarak Pantai Pelengkung dari Kota Banyuwangi kurang lebih 87 km yang terletak di Desa Kendalrejo, Kecamatan Tegaldlimo.

Tepatnya berada di Taman Nasional Alas Purwo. Menurut para wisatawan ombak Pantai Pelengkung termasuk yang terbesar di dunia setelah ombak laut Pantai Hawai. Panjang gelombang mencapai 2 km dengan 7 lapis gelombang yang berketinggian 6-8 kaki. Sehingga pantai ini menjadi spot terbaik untuk olahraga surfing.
 

Pantai Sukamade (Sukamade Beach)


Pantai Sukamade meruapkan habitat tempat penyu bertelur. Di temapt ini wisatawan dapat menyaksikan secara langsung aktifitas penyu naik ke pantai untuk bertelur. Selain itu, juga terdapat penetasan semi alami untuk menetaskan telur-telur penyu yang telah dikumpulkan oleh petugas. Wisatawan dapat turutaktif dalam usahakonservasi penyu dengan mengikuti kegiatan pelepasan tukik ke laut setelah ditetaskan. Pantai Sukamade initerdapat di Taman Nasional Meru Betiri. Suasanayang berbeda dari Pantai Pelengkung.

Kawah Ijen (Ijen Crater)


Gunung Ijen atau yang lebih dikenal dengan Kawah Ijen adalah salah satu gunung yang masih aktif sampai sekarang. Neniliki ketinggian 2.443 m dari atas permukaan laut , berdinding kaldera setinggi 300-500 m dan telah 4 kali meletus di tahun 1796, 1817, 1913 dan 1936.

Dari segitiga berlian yang ada di Banyuwangi, Kawah Ijen mempunyai daya tarik sendiri. Kawasan ini terletak di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Situbondo, Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi. Di puncak Ijen, wisatawan bisa melihat danau hijau kebiruan, ganris orange sunrise, asap belerang, dan api biru, serta posisi “di atas awan” yang begitu mempesona. Selain itu juga terdapat pertambangan belerang, yang mencadi mata  pencaharian penduduk di sekitar Gunung Ijen. 

Triangle Diamond yang dimiliki Banyuwangi ini merupakan pusat tempat pariwisata. Selain ketiga tempat tersebut, masih banywak lagi tempat-tempat wisata yang di miliki Banyuwangi. Pada tahun 2017 ini Kabupaten mendapat penghargaan “UNWTO Awards for Excellence and Innovation in Tourism” dari Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO) dalam ajang “12th UNWTO Awards Forum” di Madrid, Spanyol. Potensi di sektor pariwisata menjadi sektor unggulan di Kabupaten Banyuwangi setelah sektor pertanian dan pedagangan

Demikianlah tulisan mengenai Tempat Wisata di Banyuwangi Segitiga Berlian [Triangle Diamond] Banyuwangi. Yang Harus Kamu Kunjungi!, adapun judul asli dalam tulisan ini adalah Triangle Diamond Banyuwangi, dan penulis artikel ialah Royan Adi Ikhsan, semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Tempat-Tempat Wisata di Lumajang [Terlengkap]
  2. Desa Saradan Kecamatan Pemalang dan Penjelasan yang Harus Kamu Pahami! 
  3. [Keren!] Pulau Tikus Bengkulu dan Kekayaan Lautnya, Wajib Kamu Kunjungi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tempat Wisata di Banyuwangi Segitiga Berlian [Triangle Diamond] Banyuwangi. Yang Harus Kamu Kunjungi!"

Posting Komentar