Dataran Tinggi Dieng [Jawa Tengah] dan 7 Fakta yang Harus Kamu Baca!

Dataran Tinggi Dieng, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Dataran Tinggi Dieng atau ada pulang yang menyebutnya dengan Dieng Plateau memiliki ketinggian rata-rata dataran tinggi tersebut adalah 2000 meter di atas permukaan laut. Suhu rata- rata -200 C pada siang hari dan 6-10 0C pada malam hari. Pada musim kemarau dari bulan Juli hingga Agustus suhu bisa mencapai 0 0 C bahkan tidak jarang mencapai -6 0C. Jika berkunjung di bulan tersebut mungkin akan menjumpai embun beku (embun es) yang biasa disebut bun upas. Kondisi  wilayah dengan tanahnya yang subur menjadikan sektor pertanian sebagai sumber mata pencaharian masyarakat. Jenis tanamannya kebanyakan seperti kentang, kol (kobis) dan wortel, bahkan dari itu semua ada sejumlah fakta lain yang setidaknya harus kamu ketahui.
Baca Juga: 9+ [Fakta] Unik Indonesia, No 5 Tidak Banyak Diketahui!

Fakta Dataran Tinggi Dieng di Provinsi Jawa Tengah


Berbagai fakta unik datang dari Dataran Tinggi Dieng ini yaitu :

Dataran Tinggi Dieng Terletak Diantara Dua Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah


Dataran tinggi Dieng atau Dieng Plateau adalah suatu kawasan pegunungan yang terdapat di Jawa Tengah. Banyak hal-hal yan dinggap unik di daerah Dieng ini, salah satunya ialah dari letak geografisnya. Dataran Tinggi Dieng di antara dua kabupaten, yakni Kabupaten Wonosobo dan sebagian masuk Kabupaten Banjarnegara.

Bukit Teletubbies di Dataran Tinggi Dieng


Seperti namanya, Bukit Teletubbies tempatnya mirip dengan tempat bermain tokoh animasi teletubbies. Bukit Teletubbis berada di Gunung Prahu. Tepatnya berada 2.565 mdpl. Karena terdiri dari bukit – bukit yang biasanya digunakan sebagai area camping. Membuat banyak pengunjung datang untuk menikmati indahnya pesona alam Gunung Prahu. Pengunjung akan disuguhi indahnya sunrise yang biasa disebut golden sunrise di pagi hari dan akan merasakan sensasi berada di atas awan.

Gunung Prahu masuk wilayah tiga kabupaten sekaligus. Yaitu meliputi Wilayah Kabupaten Banjarnegara, wilayah Kabupeten Wonosobo, dan Wilayah Kabupaten Kendal. Untuk pendakian bisa melalui jalur Alternatif bisa melalui jalur selatan yaitu Dataran Tinggi Dieng atau Desa Patak Banteng.

Telur Rebus Kawah di Kawah Sikidang

Kawah Sikidang merupakan salah satu tempat yang tidak pernah sepi oleh pengunjung. seperti Kawah lainnya kawah Sikidang mengandung tinggi sulfur , belerang dan zat beracun lainnya. Oleh karena itu bau gas di kawah sangat menyengat. Fenomena alam yang menarik di Kawah Sikidang yaitu pengunjung  bisa leluasa melihat lumpur panas meletup-letup. Dan yang tidak boleh dilewatkan jika berkunjung ialah merebus telur dalam kawah. Disekitar kawah banyak yang menjual telur mentah. Pengunjung bisa membelinya untuk kemudian direbus di sebuah kawah kecil tunggu 5 menit, maka telur akan matang.

Telaga Warna Dieng Jawa Tengah


Jangan lewatkan tempat wisata ini, Telaga Warna merupakan salah satu objek wisata yang memiliki keindahan menarik. Banyak fakta unik yang ada di Telaga Warna yaitu warna telaga yang bisa berubah-rubah setiap saat menurut cuaca dan jarak pandang. Banyak tempat strategis untuk melihat perubahan warna tersebut. Warna berubah bisa menjadi hijau, biru laut, dan kadang berwarna warni. Perubahan warna karena adanya pembiasan cahaya matahari di dasar Telaga Warna. Tidak hanya itu, di sekitar Telaga Warna pun terdapat juga Telaga Pengilon dan Gua.

Buah Carica Dieng di Jawa Tengah


Buah Carica Dieng  merupakan buah khas yang ada di Dataran tinggi Dieng. banyak orang yang tidak terlalu mengerti tentang buah Carica. Buah Carica masih satu keluarga dengan buah pepaya, karena bentuknya mirip namun lebih kecil. Kulitnya berwarna Hijau dan kuning ketika sudah matang. Biasanya diolah dalam bentuk manisan, yang rasanya tidak diragukan lagi. Buah Carica tidak bisa tumbuh di sembarang tempat. Dikarenakan Carica hanya bisa tumbuh di Dataran tinggi yaitu Dieng dan Bali.

Peninggalan Bersejarah di Dataran Tinggi Dieng


Dataran Tinggi Dieng bukan hanya keindahan panorama yang bisa disuguhkan. Selain keindahan alam juga terdapat tempat bersejarah yaitu komplek Candi Arjuna. Candi Arjuna sudah lama dikenal oleh nenek moyang. Konon pembangunan Candi Arjua, Candi Srikandi dan Candi-candi kecil di sekitar Candi Arjuna sudah ada jauh sebelum berdirinya kerajaan Mataram Kuno. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam sekitar Candi Arjuna yaitu bukit-bukit dan memandangi kabut yang turun di siang hari.  

Dieng Culture Festival (DCF)


Merupakan acara yang rutin dilaksanakan setiap satu tahun sekali biasanya diadakan setiap bulan Agustus. Dalam festival ini banyak acara yang tidak boleh dilewatkan seperti halnya  jazz atas awan dan penerbangan lampion, pemotongan rambut gimbal, kirab budaya dan banyak acara menarik lainnya. Pemotongan rambut gembel, anak berambut gimbal mengikuti ritual pemotongan rambut gimbal dalam acara Dieng Culture Festival.
Sebelum rambutnya di potong anak berambut gimbal memiliki permintaan yang unik, ada yang meminta es, buah-buahan, sepeda, burung, sapi, kambing dan lainnya. Menurut pemangku adat permintaan tersebut harus dipenuhi karena jika tidak dipenuhi maka rambut gimbal akan tumbuh kembali.
Demikinalah tulisan mengenai Dataran Tinggi Dieng [Jawa Tengah] dan 7 Fakta yang Harus Kamu Baca! Yang ditulis oleh Mahasiswa Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang dengan nama Palupi Wulandhari. Adapun judul asli dalam tulisan ini ialah Pesona Negeri di  Atas Awan. Trimakasih telah membaca. Semoga bermanfaat, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Kabupaten Brebes [Jawa Tengah] dan 9 Fakta Yang Harus Kamu Baca!
  2. Kabupaten Purbalingga [Jawa Tengah] dan 7 Fakta Yang Harus Kamu Baca!
  3. Kabupaten Tegal [Jawa Tengah] dan Fakta Potensi yang Nggak Nyesel Untuk di Cermati!
  4. Kota Pekalongan Kabupaten Batang, Jawa Tengah dan Fakta yang Harus Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

16 Responses to "Dataran Tinggi Dieng [Jawa Tengah] dan 7 Fakta yang Harus Kamu Baca!"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Editing-nya kurang cermat palups, tapi aku suka 😍

    BalasHapus
  3. wah dieng, pernah tu aku kesitu😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh main lagi kesitu 😊

      Hapus
  4. Balasan
    1. Iya kak masih ada tahun depan πŸ˜€ datang kak 😊

      Hapus
  5. Mau dong ke bukit telletubies liat sunset sm sunrise sama seseorang😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kak ajak seseorang boleh keluarga juga temen semua yaa πŸ˜ŠπŸ˜„

      Hapus
  6. Balasan
    1. Wah iya. Satu daerah berarti kak

      Hapus
  7. wah dataran tinggi dieng adalah salah satu wisata yang ingin, saya dan teman teman saya sebagi temapat liburan.hehehe
    viewnya cantik, udaranya sejuk, dan cocok untuk refreshing. tapi sayang kami gajadi kesana :( karena kendala ijin orang tua :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bangeett kak 😊 ayo jadiin datang kak 😁 ajak aja orang tua untuk ke dieng biar bisa liburan sekaligus refreshing kak 😊

      Hapus
  8. Balasan
    1. Datang lagi aja kak ke dieng 😊 nemang tak terlupakan keindahannya πŸ˜€

      Hapus