Kabupaten Tapanuli Tengah [Sumatra Utara] dan 7 Fakta yang Harus Kamu Baca!

Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatra Utara, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Kabupaten Tapanuli Tengah adalah salah satu wilayah yang berada di Sumatra Utara (Sumut). Kabupaten ini berdiri sejak 24 Agustus 1945. Pada faktanya di dalam Kabupaten Tapanuli Tengah memiliki banyak sekali hal-hal yang harus di tulisan sehingga kemudian dapat disebrkan berbagai jenis potensi yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Fakta Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatra Utara


Berikut sejumlah fakta menarik dan unik dari Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatra Utara

Jumlah Masyrakat Kabupaten Tapanuli dan Wilayahnya


Tengah di domisili oleh masyarakat dengan suku batak, suku melayu, suku jawa, suku
minang dan lain-lain. Kabupaten Tapanuli Tengah terdiri dari 20 kecamatan. Kabupaten
Tapanuli Tengah sendiri dijuluki dengan negeri sejuta wisata.

Kabupaten Tapanuli Tengah Dijuluki Negeri Sejuta Wisata


Di Kabupaten Tapanuli Tengah sangat mudah menemui pantai, ini dikarenakan Tapanuli Tengah terletak di daerah pesisir. Meskipun, terletak di daerah pesisir pegunungan juga mudah dijumpai di Kabupaten Tapanuli Tengah. Jadi, masyarakat tidak perlu jauh- jauh untuk berwisata untuk dapat menikmati sensasi pegunungan.

Pulau-Pulau di Tapanuli Tengah [Sumtara Utara]


Kabupaten Tapanuli Tengah memiliki 7 pulau, yakni Pulau Mursala, Pulau Putri, Pulau Kalimatumg,Pulau Situngkus, Pulau Ungge. Setiap pulau memiliki keunikannya dan keindahan tersendiri sehingga menarik perhatian para wisatawan domestik maupun wisatawan internasional.

Tapanuli Tengah Memiliki Air Terjun di Pulau Mursala


Keunikan alam yang tak dapat dijumpai dibelahan Indonesia lainnya adalah air terjun yang terdapat di pulau mursala. Pulau mursala memiliki air terjun nan indah, dimana air membela lautan dan langsung jatuh kelautan. Sangat indah dan mengagumkan, bukan? Para wisatawan yang berkunjung ke pulau ini dapat bersnorkling untuk dapat menikmati keindahan lautan di pulau mursala.

Keindahan Pulau-Pulau di Tapanuli Tengah, Sumatra Utara


Pulau putri juga tidak kalah indahnya dengan pulau-paulau yang lainnya. di pulau putri para wisatawan dapat beristrirahat seraya menikmati keindahan alam. Pulau Kalimatung juga sangat indah berdekatan dengan pulau mursala. Keunikan dari pulau ini adalah batuannya, karena pulau kalimatung didominasi oleh batuan seraya dapat memandan lautan bebas karena langsung menghadap Pulau Ungge memiliki air yang jernih sehingga dapat menikmati terumbu karang dari atas kapal menjadi keunikan dari pulau ini. Jarak yang tidak terlalu jauh dan mudah ditempuh menggunakan boat.

Pulau Situnggus memiliki bentuk yang unik yakni, segitiga menjadi daya Tarik tersendiri buat pulau ini. Namun, tidak dapat mendarat dan memijakan kaki di pulau ini karena tidak terdapat pantai serta kedalamannya tidak mengijinkan untuk memijakkan kaki. Meskipun begitu, tidak mengurangi keinginan para wisatawan untuk berkunjung ke pulau
ini.

Pantai di Kabupaten Tapanuli Tengah cukup banyak dan menjadi destinasi wisata di daerah ini. Keindahan dari pantainya juga tidak usah diragukan lagi. Pasir nan putih serta halus membuat wisatawan yang berjalan di sekitar pantai memilih tidak mengenakan alas kaki. Lautan biru menjadi pemandangan yang menyenangkan mata serta dapat melihat pulau-pulau dari pantai. Cotohnya memandang Pulau Situngkus dan Pulau Ungge dari pantai pandan.

Kuliner Mie Tek-Tek dari Kabupaten Tapanuli Tengah Memiliki


Masyarakat di Kabupaten Tapanuli Tengah yang ramah kepada wisatawan membuat wisatawan nyaman berada di kabupaten ini. Untuk kuliner sendiri Kabupaten Tapanuli Tengah dikenal dengan Mie Tek-Teknya. Citra rasa mie yang enak dan harga yang terjangkau. Serta Panggang sombob, ikan laut dibakar dengan bumbu sambalnya kecap, gula merah, cabe, bawang dan tomat yang diris-iris membuat sensasi sambal berbeda dengan sambal ikan lainnya.

Souvenir Asli Kabupaten Tapanuli Tengah


Untuk souvenir khas di Kabupaten Tapanuli Tengah beragam, namun umumnya hiasan berbahan keong ataupun pasir-pasir pantai yang dibuat sindah mungkin. Ada juga oleh-oleh ikan asin bagi para wisatawan yang ingin membeli sebagai oleh-oleh.

Demikinalah tulisan mengenai Kabupaten Tapanuli Tengah [Sumtra Utara] dan 7 Fakta yang Harus Kamu Baca!. Adapun penulis dalam artikel ini adalah Risma Mayora Lamtina Tinambunan yang saat ini menjadi Mahasiswa di Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Medan. Untuk judul asli dalam tulisannya adalah “Negeri Sejuta Pesona Ialah Kabupaten Tapanuli Tengah”. Semoga beramnfaat dan dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kabupaten Tapanuli Tengah [Sumatra Utara] dan 7 Fakta yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar