156+ Tari Nusantara dan Asal Daerahnya Lengkap


Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki kekayaan budaya serta mempunyai beragam tarian tradisional yang berasal dari berbagai kepulauan, mulai dari wilayah Sabang sampai Marauke. Bahkan secara umumnya sudah banyak kita ketahui tarian yang telah mendunia, contohnya saja adalah tari saman yang berasal dari Aceh, Tari Pendet yang berasal dari Bali dan masih banyak tarian–tarian lain yang telah mendunia. 

Tari Nusantara


Atas alasan pentingnya mengetahui tarian nusantara itulah masyarakat masyarakat Indonesia harus mengerti berbagai macam jenis tarian yang ada di Indonesia dan asal dari tarian tersebut. Agar Tarian yang ada di Indonesia ini tetap berkembang dan terus di lestarikan.

Nama Tari Nusantara dan Asal Daerahnya


Berikut ini penjelasan tentang nama-nama tarian nusantara beserta asal daerahnya yaitu sebagai berikut;

Tari Angguk 

Fakta Provinsi Yogjakarta salah satunya ialah memiliki Tari Angguk yang merupakan jenis tarian tradisional nusantara.   Tari Angguk ini menceritakan tentang kisah Umarmoyo Umarmadi dan Wong Agung Jayengrono dalam Serat Ambiyo.

Tarian Angguk ini biasanya di mainkan oleh 15  orang penari wanita. Tarian ini memakai kostum yang menyerupai serdadu Belanda, Tarian ini memakai hiasan gombyok barang emas, sampang, sampur, topi pet warna hitam, dan kaos kaki warna merah atau kuning serta memakai kacamata hitam. Biasanya tarian Angguk ini di mainkan mulai dari 3 jam sampai 7 jam.

Tari Adun 

Tari Andun adalah salah satu tarian yang berasal dari Bengkulu dan di mainkan pada saat pesta perkawinan. Tarian ini dilakukan secara berpasangan dan diiringi dengan music Kolintang. Zaman dahulu, Tarian ini biasa di gunakan untuk mencari Jodoh pada saat panen padi. Namun saat ini Tarian ini sudah menjadi tarian hiburan untuk masyarakat agar tetap di lestarikan. Baca Juga; FAKTA Provinsi Bengkulu yang Harus Kamu Baca!

Tari Angsa 

Tari Angsa adalah tarian yang berasal dari Jawa Tengah. Setiap gerakan yang ada pada tarian ini memiliki makna yang berbeda–beda yang sesuai dengan fakta pulau jawa. Karena hal ini lah, jenis yang ada di daerah tersebut setiap gerakannya sudah terkenal dan tidak asing lagi, namun jika ada gerakan baru malah akan terlihat asing dan gerakan menjadi kaku. 

Tari Badui 

Tari Badui merupakan tarian yang berasal daerah Istimewa Yogyakarta terutama daerah Sleman. Tarian Badui adalah tarian yang menceritakan tentang serombongan prajurit yang sedang latihan perang.

Tarian ini di mainkan dengan berpasanga. Tarian ini sampai saat ini masih tetap berkembang dan di lestarikan di daerah Kedui. Daerah kedui ini sendiri adalah kesenian rakyat yang di bawah leh serang yang berasal dari tanah Arab.

Tari Baksa kembang 

Tari Baksa Kembang adalah tarian yang berasal dari Kalimantan Selatan, lebih tepat nya di Kota Banjarmasin. Tarian Baksa Kembang ini di mainkan saat kehadiran seorang Tamu. Biasanya tarian ini dimainkan oleh lebih dari satu wanita atau wanita Tuggal.  

Tari Balean Dadas 

Tari Balean Dadas adalah tarian yang berasal dari Kalimantan Tengah. Tarian ini menceritakan tentang permohonan kesembuhan kepada Tuhan untuk yang sakit. Kata Balean Dadas ini disebut juga dengan dukun perempuan. Seseorang yang sakit biasanya di sembuhkan oleh Balean Dadas. 

Tari Balumpa

Tari Balumpa merupakan tarian yang berasal dari Sulawesi Tenggara, yaitu Wakatobi. Tarian ini ditampilkan pada saat kedatangan tamu yang terhormat, selain itu juga di tampilkan pada saat festival budaya dan pertunjukan seni. Tarian ini dimainkan oleh beberapa orang perempuan. 

Tari Bambangan Cakil 

Tari Bambangan Cakil adalah tarian yang berasal dari Jawa, yaitu Jawa Tengah. Tari Bambangan Cakil adalah tarian yang menceritakan tentang kesatriaan dalam melawan raksasa. Makna yang tersirat dalam Tari Bambangan Cakil ini adalah segala sesuatu yang jahat pasti akan kalah dengan yang baik. 

Tari Banyumasan

Tari Banyumasan adalah tari tradisional yang berasal dari Banyumas. Tarian ini memiliki karakteristik tersendiri yaitu kebudayaan ngapak. Karakteristik yang di miliki oleh tarian ini menyebar sampai ke wilayah Pekalongan dan Bekas Karesiden Kedu.

Tari Belian 

Tari Belian adalah tarian nusantara yang berasal dari Kalimantan Timur. Tari Belian ini sering di tampilkan pada saat upacara adat suku dayak. Tujuan di tampilkannya tarian ini adalah untuk menolak penyakit, membayar nazar dan juga bias digunakan untuk mengobati orang yang sedang sakit.  

Tari Tandak 

Tari Tandak merupakan tarian nusantara yang berasal dari Riau. Trian Tandak ini merupakan tari pergaulan yang di sukai di wilayah Riau, hal ini sebaimana dalam fakta Provinsi Riau.

Tari Joget Lambak

Tari Joged Lambak adalah Tarian Joget Lambak yang berasal dari Riau. Tari ini adalah tari pergaulan yang sangat di gemari oleh masyarakat Riau. 

Tari Kipas

Tari Kipas merupakan tarian yang berasal dari Sulawesi Selatan. Tarian ini di tampilakan untuk memperlihatkan keluwesan dan kemahiran anak–anak gadis riau dalam memainkan kipas dengan sesuai dengan alunan lagu. Selengkapnya, baca; 7 FAKTA Daerah Sulawesi Selatan yang Membuatmu Bangga

Tari A Bosara 

Tari A Bosara merupakan tarian yang berasal dari suku dan tradisi unik di Sulawesi Selatan. Tarian ini di tampilkan untuk menyambut kedatangan tamu terhormat. 

Tari Lumense 

Tari Lumense adalah tarian yang berasal dari Sulawesi Tengah. Tarian ini di tampilkan pada saat kedatngan tamu agung yang berasal dari daerah lain.

Tari Peule Cinde 

Tari Peule Cinde adalah tarian yang berasal dari Sulawesi Tengah. Acar ini di tampilkan pada saat kedatngan Tamu agung dengan menabur bunga untuk para tamu tersebut. 

Tari Balumpa 

Tari Balumpa merupakan tarian yang berasal dari Sulawesi Tenggara. Tarian ini adalah tarian yang ditampilkan pada saat menyambut tamu yang agung.  

Tari Dinggu  

Tari Dinggu adalah tarian yang berasal dari Sulawesi Tenggara. Tarian ini di tampilkan untuk melambangkan sifat kerjasama gotong royongan dalam menumbuk padi, alu yang ada pada lesung merupakan suatu irama yang sangat menyentuh hati.  

Tari Mengket 

Tari Maengket adalah tari nusantara yang berasal dari Sulawesi Utara. Tarian ini melambangkan kasing ssayang yang sangat besar. Tari Mangket di mainkan secara berpasangan antara laki – laki dan perempuan.  

Tari Palo- Palo 

Tari Palo – Palo adalah tarian nusantara yang berasal dari Gorontalo, Tarian ini adalah tarian pergaulan masyarakat gorontalo yang sangat di gemari.  

Tari Piring 

Tari Piring merupakan tarian nusantara yang berasal dari Sumatra Barat. Tarian ini adalah sebuah tarian yang melambangkan suasana kerjasama antara satu dengan yang lainnya dalam menyelesaikan tugas.  

Tari Payung 

Tari Payung adalah tarian yang berasal dari Sumatra Barat. Tarian ini di mainkan oleh seorang laki – laki dan perempuan secara berpasangan dengan membawa payung di tangan kemudian laki – laki melindungi kepala wanita, yang artinya adalah laki – laki yang akan selalu menjaga perempuannya tersebut. 

Tari Tanggai 

Tari Tanggai adalah tarian nusantara yang berasal dari Sumatra Selatan. Taraian di tampilkan pada saat upacara kebesaran adat dengan mendatangkan tamu – tamu agung. 

Tari Bekhusek 

Tari Bekhusek adalah tarian yang berasal dari Sumatra Selatan. Tarian ini sangat terkenal di daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu. Tari Bekhusek memiliki arti yaitu seorang putri yang sedang bermain.  

Tari Serampang Dua Belas 

Tari Serampang Dua Belas adalah Tari pergaulan yang berasal dari Sumatra Utara. Tari Serampang Dua Belas adalah tarian melayu yang diiringi dengan music pukulan gendang ala amerika latin. 

Tari Tor- Tor 

Tari Tor Tor adalah Tarian nusantara yang berasal dari Sumatra Utara. Tarian ini menceritakan tentang Latar belakang falsafah peradatan yang baik. Tari Tor Tor di tampilkan dengan luwes dan serius. 

Tari Seimpi Sangu Pati 

Tari Serimpi Sangu Pati adalah tarian yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Tarian ini adalah tarian masalalu di keratin yang di tampilkan dengan diiringi oleh suara gamelan dan gerakan tari yang lembut.  

Tari Bedaya 

Tari Bedaya merupakan tarian keratin yang berasal dari daerah Istimewa Yogyakarta.  Tari bedaya ini biasanya di mainkan oleh  Sembilan perempuan dengan keluwesan tangannya sesuai dengan irama yang di berikan. 

Tari Beksan Lawung Ageng – DIY Yogyakarta

Tari Beksan Lawung Ageng adalah tarian yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Tarian ini di tampilkan dengan melambangkan kesuburan dan melambangkan laki – laki yang kuat.  

Tari Bengberokan

Bengberokan atau berokan adalah tarian yang berasal dari Tiongkok. Tarian ini adalah tarian penolak keburukan.  

Tari Bidadari Teminang Anak 

Tari Bidadari Teminang Anak tari nusantara yang berasal dari Rejo Lebong. Tari Bidadari Teminang anak memiliki arti yaitu Bidadari meminang anak. 

Tari Bines 

Tari Bines merupakan tarian nusantara yang berasal dari Nanggro Aceh Darussalam kabupaten Lues. Tari ini dimainkan oleh beberapa perempuan dengan cara duduk sejajar dan menyanyi sebuah syair lagu yang berisikan informasi yang membangun atau dakwah. Tarian ini di lakukan secara pelan – pelan kemudian secara berangsur menjadi cepat dan akhirnya berhenti secara bersamaan. 

Tari Bosara

Tari Bosara merupakan tarian yang Daearah Bugis. Tarian ini hanya di tampilkan pada saat kedatangan Tamu agung, atau sebuah pesta perkawinan. Tarian ini melambangkan keturunan dari orang bugis yang selalu menyajikan bosara saat kedatangan tamu sebagai ucapan rasa syukur.  

Tari Bungai 

Tari Bungai adalah tarian nusantara yang berasal dari daerah Kalimantan Tengah yaitu  palangkaraya. Tari Bungai ini menceritakan tentang kepahlawanan Tambun Dan Bungai Dalam melawan musuh yang merampas panen Rakyat.   

Tari Caci

Tari Caci adalah tarian yang berasal dari Flores Nusa Tenggara Timur. Tari ini biasanya di tampilkan pada saat panen tiba, pembukaan lahan atau upacara adat. 

Tari Cakalele 

Tari Cakalele merupakan tarian nusantara yang berasal dari Maluku. Tarian ini ditampilkan pada saat menyambut kedatangan tamu dan juga perayaan adat. Tarian ini di mainkan dengan berpasangan antara laki – laki dan perempuan sebanyak 30 pasangan. 

Tari Campak–Bangka Belitung

Tari Campak adalah Tarian yang berasal dari Bangka Belitung.  Tari Campak ini menceritakan tentang keceriaan budang dan juga dayang berada di kepulauan Bangka Belitung. Pada zaman dahulu tarian ini di tampilkan hanya pada saat panen, namun saat ini tarian ini sudah berkembang dan di tampilkan untuk hiburan pernikahan, untuk kedatangan tamu dan acara adat yang lainnya. 

Tari Cangget – Lampung

Tari Cangget adalah tarian yang berasal dari Lampung. Tari Canget ini di tampilkan pada saat Gawi Adat, yaitu pada saat upacara mendirikan rumah, panen, acara di pentaskan. Tarian ini di mainkan oleh beberapa perempuan.  upacara, juga digunakan untuk berkenalan dengan sesamanya. 

Tari Cikeruhan 

Tari Cikeruhan adalah tarian yang berasal dari Sumedang yaitu Jawa Barat. Tarian ini di ambil dari pergerakan manusia dan juga binatang. Tari Cikeruham merupakan tarian tradisional daerah Tjikeroeh, Cikeruh, Jatinangor, dan Sumedang.

Tari Cokek – Jakarta

Tari Cokek adalah salah satu tarian yang berasal dari Jakarta. Tarian ini adalah tarian pergaulan betawi. Gerakan dalam Tari Cokek ini adalah gerakan yang luwes dan tidak lupa juga penari memainkan selendang. 

Tari Cendrawasih

Tari Cendrawasih adalah tarian yang berasal dari Bali. Tarian ini di Tampilkan dengan dua orang penari dan menirukan ritual dan perkawinan burung cenderawasih.

Tari Datun

Tarian ini merupakan tarian yang berasal dari Dayak Kenyah. Tarian ini biasanya di mainkan oleh 10 sampai 20 orang perempuan. Tari Datun ini diciptakan sebagai tanda rasa syukur atas kesembuhan penyakit yang ada pada istri lelaki suku Dayak Kenyak yang berada di Apau. 

Tari Didong 

Seni Didong adalah tarian yang berasal dari Aceh. Tari Didong adalah tarian yang memadukan antarunsur utamanya. Sampai saat ini Tari Didong terus berkembang dan di lestarikan oleh masyarakat yang ada di Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Bener Meriah. 

Tari Dinggu 

Tari Dinggu adalah Tarian nusantara yang berasal dari Sulawesi Tenggara. Tarian ini adalah tarian rakyat yang menceritakan tentang suasana masyarakat pada saat musim panen. Tarian ini juga sering di tampilkan dalam acara pesta panen raya, penyambutan tamu agung, perayaan hari besar, festival budaya. 

Tari Ebeg 

Tari Ebeg adalah Tarian yang berasal dari Banyumas yaitu Jawa Timur. Tarian ini mengenakan boneka kuda yang dibuat dari anyaman bambu. Tarian Ebeg ini menggambarkan kegagahan yang diperagakan oleh pemain Ebeg itu sendiri. 

Tari Emprak 

Tari Emprak adalah tarian nusantara yang berasal dari Jawa Tengah yaitu Jepara. Tarian ini adalah seni peran yang memiliki pesan moral dan diiringi dengan music yang berupa sholawat.

Tari Ende Lio

Tari Ende Lio merupakan tarian nusantara yang berasal dari Indonesia. Tarian ini di tampilkan untuk menyambut kedatang tamu. Dengan ekspresi gerak dalam irama music dan lagu yang luwes.  

Tari Gambuh

Tari Gambuh merupakan Tarian yang berasal dari Bali. Tarian Gambung meruapakan drama tari yang dianggap paling tinggi mutunya sehingga tarian ini dianggap sebagai sumber dari seluruh tarian Bali. 

Tari Gambyong

Tari Gambyong adalah tari klasik yang berasal dari Jawa. Tarian ini biasanya di lakukan oleh para penari secara bersama – sama. Gerakan Tari akan tampak lebih indah karena di lakukan secara bersama - sama mulai dari gerakan tangan, kaki dan juga kepala. 

Tari Gambyong Pareanom 

Tari Gamyong Pareanom adalah Tari adat yang berasal dari Surakarta. Keunikan yang ada pada tarian ini membuat para wisatawan sangat menyukai tarian ini. Biasanya tarian ini di tampilkan pada acar festival atau pesta. 

Tari Gandrung–Banyuwangi 

Tari Gandrung adalah Tarian nusantara yang berasal dari Jawa Tengah, yaitu Banyuwangi. Tarian ini di tampilkan untuk menyambut kedatangan Tamu. 

Tari Gareng Lameng

Tari Gareng Lameng adalah tarian nusantara yang di tampilkan pada saat upacara Khitanan. Tari Gareng Lameng ini di tampilkan dengan tujuan agar Tuhan memberikan kelancaran dalam proses khitanan dan memberikan kesuksesan dalam kehidupan. 

Tari Gawi 

Tari Gawi adalah tarian tradisional yang berasal dari Nusa Tenggara Timur.  Tarian ini di tampilkan dengan tujuan sebagai ucapan rasa syukur atas rahmat dan karunia yang telah tuhan berikan untuk kehidupan ini. 

Tari Gending Sriwijaya 

Tari Gending Sriwijaya adalah tari tradisional yang berasal dari Kota Palembang, Sumatera Selatan. Tarian ini di tampilkan dengan diiringi oleh Melodi lagu yang melambangkan keluhuran budaya, kejayaan, dan keagungan. 

Tari Giring-giring 

Tari giring-giring adalah tari nusantara yang berasal dari Kalimantan Tengah.  Tari Giring – Giring adalah tarian khas Ma’anyan yang bertempat tinggal di Kabupaten Barito Timur dan Kabupaten Barito Selatan.  Tarian ini ditampilkan untuk menyambut Kedatangan Tamu. 

Tari Gitek Balen

Tarian ini adalah sebuah tarian tradisional Indonesia yang menggambarkan tentang sebuah ekspresi kegembiraan dan kelincahan gadis yang masih remaja. 

Tari Golek Menak 

Tari Golek Menak adalah tari nusantara yang berasal dari Yogyakarta. Tarian ini di ciptakan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX, yang menyaksikan pertunjukkan Wayang Golek Menak yang dipentaskan oleh dalang yang berasal dari daerah Kedu pada tahun 1941. 

Tari Gong 

Tari Gong adalah tarian yang berasal dari Kalimantan Timur. Tarian ini menggunakan gong sebagai alat musiknya dan penarinya adalah seorang gadis remaja. Tarian ini di tampilkan pada saat kedatangan tamu agung atau upacara penyambutan bayi yang baru lahir. 

Tari Guel 

Tari guel adalah tarian nusantara yang berasal dari Aceh. Kata Guel ini berasala dari kata “Guel” yang berarti menyembunyikan. Tari Guel ini merupakan gabungan dari seni tari, seni music dan juga seni sastra.  

Tari Jaipong 

Tari jaipong adalah Tarian yang berasal dari Jawa Barat. Tarian ini sudah sangat terkenal dengan gerakan goyang dari sang penari. Biasanya tarian ini di tampilkan pada saat acara pesta atau menyambut kedatangan Tamu. 

Tari Sintren

Tari sintren adalah tarian nusantara  yang berasal dari Jawa Barat. Tarian ini sudah sangat terkenal sebagai tarian yang mengandung Unsur Magic. 

Tari Seudati–Nanggroe Aceh Darussalam

Tari seudati adalah tarian yang berasal dari Daerah Istimewa Aceh, tari ini awalnya adalah tarian yang ada di negara arab dengan latar belakang agama islam. Tarian ini sangat terkenal dan disenangi oleh masyarakat di daerah asalanya. Perpaduan antara sebuah tarian yang memiliki gerakan dinamis dan dipadukan dengan keseimbangan dengan suasana yang kental dengan nuansa keagamaan.

Tari Saman

Tari saman adalah salah satu tarian nusantara yang berasal dari Nanggro Aceh Darussalam.  Tarian ini di tampilkan dengan posisi duduk dan berjajar, dengan diiringi oleh syair yang penuh dengan pesan keagamaan dan gerakan yang di lakukan secara bersama – sama menjadikan tarian ini indah di lihat.

Tari Legong

Tari Logong merupakan tarian yang berasal dari Bali. Tarian ini menceritakan tentang kisah cinta seorang raja dali lasem. Tarian ini di tampilkan dengan penuh penjiwaan sehingga penonton yang melihat sangat menikmati.

Tari Kecak

Tari kecak adalah tari nusantara yang berasal dari Bali. Tarian ini menceritakan tentang kisah seorang tokoh pewayangan yaitu bala tentara monyet dan Hanoman yang berasal dari kitab Ramayana.  Tarian ini di tampilkan pada saat matahari akan tenggelam sehingga akan mendapatkan nuansa yang eksotis dengan melihat keindahan alam yang ada di pulau bali.

Tari Pendet 

Tari Pendet adalah tarian yang berasal dari Bali. Tarian ini menceritakan tentang penyambutan atas turunya Dewa di dunia. Seiring dengan berkembangnya zaman nama  Pendet diubah menjadi “ucapan selamat datang” namun tetap mengandung suasana religius. 

Tari Adun 

Tari Andun adalah tarian tradisional yang berasal dari Bengkulu. Tarian ini di tampilkan untuk menyambut kedatangan tamu yang di hormati.

Tari Bidadari

Tari Bidadari dalah tarian tradisional yang berasal dari Bengkulu. tarian ini dapat juga di artikan sebagai tarian untuk seorang bidadari yang meminang anak. 

Tari Topeng

Tari Topeng adalah tari yang berasal dari  Jakarta. Tarian ini adalah tarian khas betawi yang di tampilkan pada saat penyambutan tamu.   

Tari Yopong 

Tari Yopong adalah tarian nusantara yang berasal dari DKI Jakarta. Tarian ini di tampilkan untuk mengormati tamu yang sudah dating di daerah Betawi Jakarta. 

Tari Sekapur Sirih 

Tari Sekapur Sirih adalah tarian yang berasal dari Jambi. Tarian ini adalah tarian untuk persembahan. Tarian ini juga memiliki banyak sekali gerakan yang sama dengan tari Melayu.

Tari Selampir Delapan 

Tari Selampir Delapan adalah tarian yang berasal dari Jambi. Tarian ini adalah Tarian pergaulan untu para remaja yang ada di Jambi.

Tari Topeng Kuncaran 

Tari Topeng Kuncaran adalah tarian tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Tarian ini menceritakan tentang dendam seorang raja yang cintanya ditolak. 

Tari Merak 

Tari Merak adalah tarian nusantara yang berasal dari Jawa Barat. Tarian ini menceritakan tentang kehidupan burung merak yang sangat Indah.

Tari Serimpi 

Tari Serimpi adalah tarian yang berasal dari Jawa Barat . Tarian ini di tampilan dengan suasana keratin yang lembut, agung dan menawan, sehingga sangat indah di lihat.

Tari Blambangan Cakil 

Tari Blambangan Cakil adalah tari nusantara yang berasal dari Jawa Tengah. Tarian ini menceritakan tentang perjuangan Srikandi melawan raksasa yaitu Buto Cakil.

Tari Remong 

Tari Remong adalah sebuah tarian yang berasal dari Jawa Timur. Tarian ini melambangkan sebuah jiwa dan kepahlawanan. Tarian ini di tampilkan pada saat penyambutan tamu yang di hormati.

Tari Reog Ponorogo 

Reog Ponorogo adalah tarian nusantara yang berasal dari Jawa Timur. Tarian ini melambangkan keperkasaan, kejantanan dan kegagahan. Tarian ini merupakan tarian yang sudan terkenal dan merupakan budaya Indonesia yang telah mendunia.

Tari Monong 

Tari Monong adalah tarian yang berasal dari Kalimantan Barat. Tarian ini adalah tarian untuk menyembuhkan penyakit seseorang.

Tari Zapin Tembung – Kalimantan Barat

Tari Zapin Tembung adalah tarian yang berasal dari Kalimantan Barat. Tarian ini adalah tarian pergaulan  yang sangat di gemari oleh remaja Kalimantan Barat.

Tari Baksa Kumbang 

Tari Baksa Kembang adalah Tarian yang berasal dari Kalimantan Tengah.  Tari ini di tampilkan untuk menyambut kedatangan tamu yang agung sekaligus pemberian bunga kepada tamu tersebut.  

Tari Radab Rahayu 

Tari Radab rahayu adalah tarian tradisional yang berasal dari Kalimantan Timur. Tarian ini di tampilkan pada saat upacara Tepung tawar pada saat sebelum pengantin laki – laki dan perempuan di sandingkan.  

Tari Tambun dan Bungai 

Tari Tambun dan bungai adalah tarian tradisional yang berasal dari Kalimantan Tengah.  Tarian ini menceritakan tentang pahlawan Tambun dan Bungai yang mengusir musuh yang akan merampas panen rakyat.

Tari Dadas 

Tari Balean Dadas adalah tarian nusantara yang berasal dari Kalimantan Tengah. Tarian ini di tampilkan untuk memohon kesembuhan bagi seseorang yang sedang sakit. 

Tari Gong 

Tari Gong adalah Tarian tradisional nusantara yang berasal dari Kalimantan Tengah.  Tarian ini di tampilkan pada saat kedatangan tamu agung atau pada saat lahirnya seorang bayi keturunan dari kepala suku.

Tari Perang 

Tari perang adalah tari nusantara yang berasal dari Kalimantan Tengah. Tarian ini adalah tarian yang menceritakan tentang dua orang pemuda yang merebutkan seorang gadis. 

Tari Jangget 

Tari Jangget adalah tari nusantara yang berasal dari Lampung. Tarian ini di tampilkan untuk upacara-upacara peradatan. Tari Jangget ini adalah tari yang melambangkan tentang keluhuran dan juga budi, susila orang Lampung.

Tari Malinting 

Tari Malinting adalah tarian yang berasal dari Lampung. Tarian ini Menceritakan tentang Sunan Gunung Jati yang berkunjung ke Keraton Pulung.

Tari Lenso 

Tari Lenso adalah tarian yang berasal dari Maluku. Tari Leso merupakan tari pergaulan yang sangat di gemari oleh masyarakat Maluku. 

Tari Cikalele 

Tari Cakalele adalah tari yang berasal dari Maluku. Tari Cikalele ini adalah tari yang menceritakan tentang jiwa kepahlawanan yang gagah perkasa.

Tari Perang 

Tari Perang adalah tari yang berasal dari Maluku Utara. Tari ini di tampilkan untuk menyambut pahlawan yang baru pulang dari medan juang.

Tari Nahar Ila 

Tari Nahar Ilaa adalah tarian yang berasal dari Maluku Utara. Tarian ini di tampilkan untuk menyambut kedatangan tamu terhormat dan juga pada saat upacara – upacara adat tertentu. 

Tari Mpaa lenggogo 

Tari Mpaa Lenggogo adalah tari yang berasal dari Nusa Tenggara Barat. Tarian ini di tampilkan untuk menyambut Maulid Nahi Muhammad SAW, selain itu tarian ini juga di tampilkan pada saat pernikahan dan acara khitanan. 

Tari Batunganga

Tari Batunganga adalah tari yang berasal dari Nusa Tenggara Barat. Tarian ini menceritakan tentang putri raja yang masuk ke dalam batu dan keluarga memohon agar putri dapat di keluarkan dari Batu tersebut. 

Tari Perang 

Tari Perang adalah tarian nusantara yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Tarian ini menceritakan tentang keperkasaan dan kepandaiaan dalam memainkan senjata berupa  cambuk dan perisai.

Tari Gareng Lameng 

Tari Gareng Lameng berasal dari Nusa Tenggara Timur. Tarian ini di tampilkan pada saat upacara Khitanan. Upacara ini di lakukan dengan tujuan agar proses khitanan di beri kelancaran. 

Tari Suanggi 

Tari Suanggi berasal dari Provinsi Papua. Tarian ini menceritakan tentang seorang suami yang ditinggal mati istrinya. 

Tari Selamat Datang 

Fakta Papua menunjukan bahwasanya tarian tradisional Selamat Datang berasal dari wilayah ini. Secara umum konsep tari ini di tampilkan untuk  menyambut kedatangan para  tamu yang sangat dihormati.

Tari Musyoh 

Tari Musyoh adalah tari taradisional yang sangat sakral. Tarian ini di tampilkan untuk mengusir roh-roh yang meninggal karena kecelakaan. 

Tari Bines 

Tari Bines  adalah tarian yang berasal dari Aceh. Tarian ini di lakukan dalam posisi duduk dan sejajar kemudian di lakukan secara pelan kemudian cepat dan berhenti secara bersama–sama.  

Demikianlah tulisan secara lengkap mengenai nama-nama tari nusantara dan asalnya. Semoga melalui daftar ini bisa memberikan informasi serta pengetahuan yang mendalam bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih, 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "156+ Tari Nusantara dan Asal Daerahnya Lengkap"

Posting Komentar