4+ Iklim Benua Afrika Secara Umum dan Penjelasannya Lengkap

Benua Afrika merupakan salah satu nama wilayah yang seringkali mendapatkan julukan sebagai “Benua Hitam”. Hal ini dilakukan lantaran beberapa pendudukan yang menjadi masyarakat di Afrika berkuit hitam, bahkan tak jarang hanya beberapa negara maju di afrika yang secara kualitas mampu memenuhi kebutuhan hidupannya. Oleh karena itulah sebagai penjelasan lebih lanjut dalam artikel ini menuliskan tentang iklim benua afrika.

Benua Afrika


Afrika secara kalkulasi memiliki luas sekitar 30.244.050 Kilo Meter, dengan hanya berbatasan Terusen suez pada wilayah Asia. Bahkan ada yang menyebutkan pada dasarnya Benua Afrika da Asia ini dahulu menjadi kesatuan, lantaran ada bencana alamlah akhirnya memisahkan keduanya.


Benua Afrika


Adapun jika ditinjau dari garis lintangnya, iklim yang ada di Afrika ini terbagi dalam 5 jenis. Antara lainnya jenis terbut sebagai berikut;

Subtropis

Iklim pertama yang menjadi karakteristis dari wilayah afrika ialah sub tropis dengan memiliki 4 musilm yang melakat pada karakterististik ini, antara hujan, semi, gugur, dan panas. Adapun wilayah yang memiliki iklim sub tropsi tersebut di afrika adalah Negara Afrika Selatan serta negara-negara disekitarnya. Selengkapnya, baca; Daerah Penghasil Emas di Afrika Selatan dan Terbesar di Dunia

Tropis

Iklim selanjutnya yang dimiliki oleh benua afrika ini ialah tropsi dengan karakteristisnya hanya memiliki 2 musim, yakni musim hujan dan panas. Wilayah yang identic dengan tropsi di afrika dikenal dengan  ekuator. Dengan contoh negara di dalamnya ialah Negara Kenya, serta Negara Termiskin di Afrika yaitu Uganda.

Gurun

Daerah iklim gurun di afrika ini pada awalnya merupakan salah satu daerah yang berbatasan langsung dengan iklim benua asia, terutama di wilayaj Jazirah Arab. Negara yang berada di tempat ini memiliki tingkat panas yang cukup tinggi, contohnya saja Wilayah Mesir (sebagai salah satu Negara Maju di Benua Afrika).

Mediterania

Iklim mediterania di Afrika merupakan salah satu jenis iklim yang identic dengan wilayah negara di bagian Laut Tengah. Pada kondisi inilah beberapa negara seringkali tidak menentu dalam proses alamnya. Contohnya saja dalam laut tengah, yang memiliki kdalaman laut tertinggi di dunia dengan rasa asin sangat di wilayah tersebit.

Demikinalah serangkaian penjelasan dan pengulasan lengkapnya mengenai iklim di afrika, semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta pengetahuan bagi segenap pembaca yang terutama membutuhkan refrensi mengenainya. Trimakasih, 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Iklim Benua Afrika Secara Umum dan Penjelasannya Lengkap"

Posting Komentar