25+ FAKTA Bali yang Harus Kamu Ketahui!

Pulau Bali


Faktadaerah.Com- Pulau Bali merupakan salah satu pulau terfavorite yang ada di Indonesia. Pulau bali ini juga pulau yang paling banyak di kunjungi oleh wisatawan asing. Banyak juga dari kalangan luar pulau bali yang sangat suka dan memiliki keingininan untuk berkunjung di pulau bali. Pulau bali merupakan pulau yang sangat masih kenal dengan posisi adat dari pada posisi nasionalnya. Perlu di ketahui bahwa pajak tempat yang di terapkan untuk pulau bali mencapai 21 %. 

Pulau Bali


Pulau bali merupakan salah satu  pulau yang amat disegani oleh turis dan wisatawan. Pulau Bali merupakan pulau yang menjadi salah satu destinasi yang amat terkenal sebelum Indonesia merdeka. Dan pulau bali menjadi sangat terkenal sampai saat ini karena karya tulis yang ada semakin menjadi suatu hal yang menjadi daya tarik pengunjung pada saat ini. 

Bali merupakan salah satu tempat yang sangat menarik perhatian dan banyak orang yang memimpikan untuk dapat berkunjung di pulau ini. Pulau Bali merupakan salah satu tempat yang sangat menarik perhatian para Wisatawan.  Pulau Bali merupakan salah satu tempat yang sangat indah dengan salah satu tempat yang indah sampai saat ini tempat ini patut untuk di kunjungi.   

Fakta-Fakta Pulau Bali


Sebegai pengenalan lebih lanjut mengenai Bali, berikut inilah ada beberapa fakta yang perlu diketahui tentang pulau bali di antaranya adalah;
  1. Orang yang berasal dari Bali asli, biasanya nama yang akan di berikan kepada keturnannya itu relatif sama. Karena nama yang diberikan ini sesuai dengan urutan keturunannya tersebut. 
  2. Untuk orang Bali ini sendiri, biasanya panggilan yang diberikan untuk laki-laki itu Bali dan untuk perempuan muda itu made, dan perempuan tua itu mbok. 
  3. Untuk orang bali ini akan memberikan sesajen yang akan di taruh di jalan,rumah,pura ataupun tempat mereka berjualan atau bahkan biasanya di taruh di dalam kendaraan mereka. Pemberian sesajen ini di lakukan setiap hari oleh orang bali.
  4. Berdasarkan data statistik yang ada saat ini, turis yang berkunjung ke Bali telah mencapai lima juta orang. 
  5. Pada bulan juni sampai dengan bulan januari dibali akan terjadi Peak Season 
  6. Dengan sering berkunjung di pulau bali, maka akan mudah untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang ada di bali. Karena lama-kelamaan kalian akan mulai memahai bagaimana cara berbicara yang baik dan benar kepada orang bali ini. 
  7. Perlu kita ketahui bersama bahwa pulau bali telah ada sejak tahun 1994 yang lalu. Peristiwa ini dapat diketahui Dari tulisan yang ada di Prasasti Blanjong, yang telah ditulis oleh Sri Kesari Warmadewa.
  8. Faktanya pulau bali ini telah di huni sejak pada tahun 2000 sebelum masehi. Yang berarti daerah Bali ini telah ada penduduknya sejak empat ribu tahun yang lalu. Dan pada saat itu juga banyak orang India yang bermigrasi ke Bali. 
  9. Pulau Bali telah terkenal sejak lama, bahkan sebelum Indonesia merdeka pulau Bali memang sudah banyak di kunjungi oleh wisatawan.  Dan bahkan pada tahun 1930 Bali semakin terkenal dengan hasil karyanya yang sangat luar biasa bagus. 
  10. Di pualu Bali terdapat tradisi Ciuman massal, hal ini di lakukan secara bergiliran kemudian nanti ada tetua desa yang akan datang untuk mengguyur air. Hal ini di lakuakan dengan kepercayaan agar terhindar dari penyakit apapun dan juga di lakukan sehari sebelum nyepi. 
  11. Pada setiap satu tahun sekali kalian dapat melihat ritual yang ada di pulau Bali. Ritual ini dinamakan ritual perang pandan berduri. Dalam hal ini ritual ini dilestarikan dengan tujuan untuk mengenang dewa perang pada zaman kerajaan dahulu. Dewa ini adalah dewa yang paling mereka segani sampai saat ini. Pada saat proses ini juga memakai pakaian tameng yang terbuat dari anyaman bambu yang sama seperti perang kerajaan zaman dahulu dengan menggunakan senjata dari daun pandan berduri. Proses ini diselenggarakan di Desa Tenganan. Tradisi ini masih terus di lakukan oleh orang Bali, karena menurut mereka tradisi ini harus tetap di lestarikan untuk mengenang jasa para pejuang kerajaan pada masa dahulu. 
  12. Di sebuah desa yang ada di pulau Bali yaitu di daerah Desa Trunyun, Kintamani Mempunyai tradisi pemakaman yang berbeda dari yang lainnya. Mayat yang ada di Desa Trunyun, Kintamani ini hanya di letakkan di tanah kemudian di kelilingi oleh pohon dan kemudian mayat tersebut hanya di biarkan saja. Namun mayat ini tidak menimbulkan bau seperti pada umumnya. Menurut warga yang ada di Desa Trunyun, Kintamani tersebut mayat tersebut tidak menimbulkan bau di karena pohon tersebut. Pohon tersebut menimbulkan bau harum yang menetralisir dari bau mayat tersebut. Pohon tersebut dinamakan dengan pohon Taru Mayan. 
  13. Namun di daerah Bali juga ada Ritual Ngaben. Ritual Ngaben ini adalah ritual pembakaran mayat dengan tujuan pembebasan jiwa manusia yang telah meninggal tersebut agar kembali kepada yang telah menciptakannya. Prosesi ngaben menjadi lebih berbeda karena adanya sebuah bangunan meru dan lembu yang ada pada proses kremasi ini. Dan proses ini menjadi lebih menajubkan dengan adanya meru yang dibuat cukup tinggi dan prosesi ngaben ini digelar dengan cukup besar. Dalam prosesi ini kadang juga menjadi salah satu tempat yang sangat menarik perhatian wisatawan asing yang berkunjung di pulau Bali ini. 
  14. Perlu di ketahui bahwa daerah Bali merupakan daerah yang memiliki sambung ayam terbanyak yang ada di Indonesia ini. Sambung ayam ini adalah tradisi judi yang ada di pulau bali yang paling tertua. Sambung ayam merupakan perilaku yang mengadu ayam jago. Sambung ayam ini dapat di katakan dengan judi. Sambung ayam di pulau Bali ini telah ada di seluruh Desa yang ada di pulau bali. Memang telah kita ketahui juga sambung ayam ini tempat yang digunakan bukan tempat yang sifatnya permanen. Tempat ini ada pada Saat proses tertentu dengan adat tertentu yang ada di pulau Bali tersebut.. 
  15. Di daerah pulau bali ada ritual Pengerobongan. Prosesi ini di lakukan setelah prosesi perayaan kuningan. Pada saat prosesi ini banyak dari pengungsung pura yang mengalami kesurupan dan juga banyak yang mengali trance. Dan tidak lama dari itu juga banyak yang berteriak histeris dan juga banyak yang tiba-tiba menari dan juga ada yang menusuk dadanya dengan keris. Namun pada saat terjadi pristiwa ini uniknya tidak ada yang mengalami luka di hasil tusukan tersebut. 
  16. Perlu kita ketahui bersama bahwa dulu sebelum abad ke 20, jalak merupakan bukanlah fauna satu-satunya yang ada dipulau bali. Masih ada macan tutul,banteng dan macan kumbang yang ada di pulau bali ini. Namun populasi mereka lambat laun semakin berkurang. Namun masih ada banteng di pulau bali, meskipun jarang sekali dapat di temui juga. 
  17. Perempuan yang ada di pulau bali merupakan perempuan yang paling setia. Namun selain setia perempuan Bali juga sangat ahli dalam menari. Perempuan yang ada di pulau Bali dapat di katakan perempuan setia karena perempuan ini merupakan perempuan yang sangat menaati adat istiadat yang telah ada dengan meyakini bahwa perempuan ini telah terikat, jadi perempuan tersebut harus tunduk dan patuh terhadap pemimpin yang dirumah dan melakukan prosesi adat istiadatnya tersebut. 
  18. Pulau Bali menjadi pada fakatnya menjadi salah satu Pulau atau Daerah Penghasil Kopi terbaik di Indonesia
  19. Tempat yang paling banyak pengunjung turisnya pada saat Peak Season dan yang paling padat mulai dari bandara sampai dengan perbatasan Seminyak dan Canggu.
  20. Pulau Bali menjadi salah satu wilayah atau daerah yang terkenal dengan pengerajin ukiran terbaik di Indonesia.
  21. Di pulau Bali terdapat teradisi pada saat menjemur pakaian tidak di anjurkan menjemur pakaian dalam sampai dengan melebihi kepala. 
  22. Untuk yang ada di pulau Bali juga, perempuan yang ada di pulau Bali dan sedang mengalami menstruasi dilarang untuk masuk kedalam pura dan tempat wisata lain yang dianggap suci, karena perempuan ini masih dianggap dalam keadaan kotor. 
  23. Pulau Bali juga menjadi salah satu Pulau yang tergolong rawan dengan bencana tsunami
  24. Di pulau Bali da akan menemuka sebuah makanan yang bentuk nya sama seperti makanan yang ada di pulau jawa namun namanya akan berbeda saat berada di pulau Bali. 
  25. Pulau Bali menjadi salah satu Pulau terbesar dan terkaya yang ada di Indonesia
Demikianlah setidaknya informasi mengenai Fakta-Fakta yang ada di Pulau Bali sebagai salah satu wilayah yang memiliki keunikan dan juga memiliki kekayaan yang luas biasa di Indonesia dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya. Semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca. Trimakasih.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "25+ FAKTA Bali yang Harus Kamu Ketahui!"

Posting Komentar