19+ FAKTA Papua yang Wajib Kamu Baca!

Pulau Papua


FaktaDaerah.Com- Papua merupakan daerah dengan kekayaan yang dimilikinya memang cukup besar sekali, seperti daerah dengan bahan tambang, hutan, serta kekayaan alam yang lainnya yang di miliki oleh provinsi papua ini. Namun bukan hanya itu saja kekayaan-kekayaan alam yang lainnya masih banyak juga yang dimiliki oleh daerah papua ini.

Kebudayaan yang di miliki oleh daerah papua menjadi suatu hal yang sangat menrik dan unik untuk di kunjungi oleh para wisatawan. Sehingganya dalam hal ini ada beberapa fakta yang perlu di ketahui tentang daerah ini yaitu daerah Papua.

Fakta-Fakta Provinsi Papua


Untuk memperkenlakan daerah atau wilayah ini, diantaranya adalah fakta – fakta tersebut adalah :
  1. Penduduk Papua yang beraneka macam, dalam hal ini penduduk Papua memiliki penduduk yang bermacam – macam dan beraneka ragam bahasa dan budaya serta kepercayaannya tersebut. Hal ini terjadi karena penduduk papua dan non Papua yang hampir seimbang. Diantaranya adalah untuk penduduk Papua ini sendiri dari data yang telah di lakukan hampir ada 52 % penduduk yang memang asli dari Papua sendiri. Namun 48% yang memang bukan asli dari daerah Papua atau dapat di katakan sebagai migran dari daerah lain yang memang menetap di daerah Papua ini. Sehingga dalam hal ini macam budaya dan bahasa di daerah ini amat sangat lah cukup banyak juga.
  2. Pulau Papua pada faktanya sampai saat ini hanya memiliki  dua Provinsi, meskipun demikian ada sejumlah wacana pada Pulau Papua ini akan memiliki 4 Provinsi
  3. Suku dan penggunaan bahasa yang memang sangat beragam, dari penganalisisan data yang telah di lakukan dapat di simpulakan bahwa untuk sekitar seperlima bahasa ada di provinsi Papua, karena terdapat tiga ratus bahasa yang ada di Papua ini sehingganya membuat provinsi Papua menjadi beragam macam bahasa. Namun karena penggunaan bahasa yang memang sangat banyak dan beragam maka di daerah Papua ini memang menggunakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-harinya terseut. Dari daerah yang berada di daerah terpencil sampai dengan daerah yang ada di kota semua menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa baku. 
  4. Fakta yang selanjutnya adalah, daerah Papua merupakan daerah yang menjadi daerah yang perang saat terjadi perang Dunia ke 2.  Namun memang belum banyak yang tahu bahwa daerah papua pernah menjadi daerah yang sempat menjadi daerah perang pada perang dunia ke 2 dahulu pada tahun 40 an itu. Yang perlu di ketahui juga bahwa daerah Papua ini pernah menjadi daerah yang pulaunya menjadi rebutan antara Amerika dan Jepang tersebut. Pada saat ini juga telah banyak yang sekali peninggalan-peninggalan berupa kendaraan perang dan senjata yang ada di Papua, yang telah menjadi saksi bisu sejarah bangsa Papua itu sendiri. Dan pada tahun 90 an kalung pengenal tentara Amerika yang telah meninggal di jadikan sebagai souverinir yang sangat unik untuk pemuda Papua pada masa itu. Pada saat itu para pemuda menemukan kalung tersebut dengan cara menggali tanah tersebut. 
  5. Telah kita ketahui bersama bahwa daerah Papua memang sangat terkenal dengan tempat wisatanya yaitu di daerah Raja Ampat. Semua orang yang ingin berkunjung di daerah Papua ini pasti datang ke Raja Ampat. Karena daerah ini memang daerah yang sangat indah. Namun sebenarnya daerah ini bukan lah satu-satunya tempat wisata yang ada di Papua. Masih banyak yang lainnya yang dapat dikunjungi oleh seorang wisatawan saat berkunjung di Pulau Papua ini.  Seperti di daerah Teluk Triton, Danau Sentani,Taman Nasional, Lembah Baliem dan masih banya yang lainnya yang memang menjadi salah satu tempat yang patut di kunjungi oleh para wisatawan.
  6. Tidak pelu di tanyakan lagi memang faktanya orang papua itu suka sekali memakan pinang. Dengan cara mencampurkan nya dengan sirih dan kampur, kemudian di kunyah seperti halnya memankan permen karet itu. Rasa yang sepat dan unik menjadi sensasi sendiri yang di rasakan oleh orang yang baru berkunjung di daerah papua ini. Dalam hal ini dapat di lakuakan dengan memang orang yang ingin mencobanya. Nanti jika memang sudah mengunyah buah pinang tersebut maka lidah akan berubah menjadi lebih kemerahan dan kemudian hal ini dilakukan dengan tujuan agar gigi menjadi bersih dan kuat. Sehingga untuk orang papua sendiri sangat sekali di anjurkan untu memakan buah pinang tersebut. 
  7. Papua merupakan daerah yang sama dengan daerah-daerah yang lain, yaitu daerah yang masih dapat terbilang daerah yang aman. Namun dalam hal ini kadang orang berfikiran bahwa daerah papua ini adalah daerah yang kasar dan suka sekali dengan sebuah peperangan. Namun sebenarnya daerah papua adalah daerah yang sangat suka sekali dengan kedamaian. Adapaun terjadi sebuah perkelahian itu di karenakan adanya seorang yang memprovokasi dengan batas pengetahuannya sehingga terhasut dan akhirnya menjadi berkelahi dan berperang. Namun sebenarnya hal yang seperti ini juga terjadi di daerah mana saja. Namun memang masih banyak sering terjadi peristiwa penembakan dan peperangan lainnya, namun hal ini terjadi di daerah terpencil bukan di kota Papuanya itu.
  8. Fakta yang lainnya yaitu sebutan MOP, ini adalah sebutan khas papua yang kemudian memang Hits pada masanya tersebut. Hal ini sudah sangat terkenal sekali di yputube dan media sosial yang lainnya sehingganya dalam hal ini setiap harinya pasti ada saja MOP yang baru yang telah di post. MOP ini sama seperti hal nya dengan Stand Up Comedy namun dalam hal ini di lakukan oleh orang dengan cara lebih keakraban dan kekeluargaan saja, yang dapat di lakukan dengan cara bergantian dari teman satu dengan teman yang lainnya. Sehingga MOP akan terus berkembang dan memiliki dampak yang positif karena dapat menjadi slah satu untuk tetap terjalin sebuah keakraban antara satu dengan yang lainnya. 
  9. Noken ini adalah tas yang terbuat dari bahan benang yang menjadi salah satu hal yang wajib yang dimiliki oleh orang-orang Papua. Noken ini digunakan sebagai untuk menenteng bawaan yang ada. Yang di gunakan untuk membawa hasil kebun, kayu dan masih banyak yang lainnya. Yang di bawa oleh perempuan papua ang menjadi slah satu warisan dunia yang berasal asli dari daerah Papua. 
  10. Batik untuk daerah Papua ini memang sudah sangat cukup baik dan juga sudah modern. Harganya yang cukup terjangkau sehingga membuat batik ini juga sangat diminati oleh banyak orang. Batik ini juga sekarang digunakan dikalangan sekolah-sekolah dan juga kantor pemerintahan. 
  11. Pulau Papua menjadi salah satu Pulau yang memiliki Provinsi Terluas di Indonesia.
  12. Papua bukanlah daerah yang tertinggal lagi, di daerah ini sudah banyak tersedia mall, supermaket dan yang lainnya. Sehingganya dalam hal ini papua menjadi salah satu daerah yang masih di anggap daerah terpencil karena daerah ini yang masih erat kaitannya dengan alam semesta. Dan masih banyak orang yang mengira bahwa penduduk papua itu masih telanjang. Padahal hal ini hanya terjadi di daerah terpencil saja. Perlu di ketahui juga bahwa telah banyak artis ibukota yang manggung dan mengambil pekerjaan di daerah Papua ini, Sehingganya dalam hal ini daerah Papua menjadi daerah yang cukup maju. 
  13. Papua Menjadi salah satu Pulau yang menjadi Penghasil Alumunium Terbesar di Indonesia
  14. Perlu di ketahui bahwa Papua ini memiliki sakju yang terletak di atas puncak gunung jaya. Yang merupakan puncak tertinggi yang ada di Indonesia. Sudah banyak juga pecinta alam yang berhasil menaiki pegunungan sehingganya dapat menikmati salju di daerah khatulistiwa. 
  15. Perlu di ketahui bahwa tanah papua dapat di katakan sebagai daerah yang masih tergolong muda yang masih mengalami sebuah prose tektonik sampai dengan saat ini. Hal ini dapat dilihat dari beberapa gempa tektonik yang terjadi di wilayah pulau papua.
  16. Hasil tambang dan kekayaan alam yang dimiliki oleh penduduk Papua memang sudah tidak perlu di ragukan lagi. Sehingganya hal ini menjadi pengaruh yang amat sangat penting untuk keadaan perekonomian daerah papua itu sendiri. Terutama Papua menjadi salah satu Daerah Penghasil Emas di Indonesia.
  17. Perlu diketahui bahwa sebelumnya Jaya Pura telah berulang kali mengganti nama dan pada akhirnya memang menjadi Jaya Pura. Jaya Pura ini sendiri adalah ibukota dari propinsi yang terletak di daerah paling timur.
  18. Pulau Papua juga menjadi salah satu wilayah yang memiliki potensi terjadinya Bencana Alam Tsunami di Indonesia
  19. Perlu di ketahui bersama bahwa pauna akademik papua yang telah menjadi ciri khas dari daerah papua adalah Cenderawasih. 
Demikianlah Seputar Fakta Pulau Papua, semoga dengan adanya tulisan ini dapat memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi pembaca mengenai daerah di Indonesia yang memiliki kekayaan yang luar biasa. Trimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "19+ FAKTA Papua yang Wajib Kamu Baca!"

Posting Komentar