16+ Sungai Terpanjang di Indonesia Terbaru dan Lengkap

Sungai Terpanjang di Indonesia



FakaDaerah.Com- Di indonesia  memang telah kita ketahui bahwa banyak sekali sungai. Namun dalam hal itu ada sungai yang panjang dan juga sungai yang pendek. Sehingga dengan adanya tulisan inilah kami akan memberikan ulasang mengenai sungai terpanjang di Indonesia.
Baca Juga: 10+ NEGARA Yang Berbatasan Dengan Indonesia Terbaru dan Terlengkap

Daftar Sungai Terpanjang di Indonesia


Adapun sacara lengkapnya, daftar nama sungai Sehingga terpanjang di Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut:

Sungai paling panjang yang ada di Indonesia adalah Sungai Kapuas

Sungai ini adalah sebuah sungai yang berada di daerah Provinsi Kalimantan Timur. Panjang sungai ini sekitar 1.178 kilometer. Sungai iniadaah salah satu sungai yang merupakan sumber mata air untuk penduduk yang berada di sekitarnya tersebut.

Sungai ini adalah selain sebagai sungai yang paling panjang yang ada di Indonesia, sungai ini juga adalah sungai yang di pergunakan sebagai sarana transportasi untuk dapat ketempat desa yang lainnya, dan sungai ini juga di gunakan sebagai sarana perdagangan yang dapat digunakan di tempat yang lain. 

Sungai paling panjang yang ada di Indonesia adalah Sungai Mahakam

Sungai Mahakam ini adalah sungai yang terkenal yang ada di Indonesia, terutama untuk di Kalimantan Timur. Panjang Sungai ini sekitar 920 km. Dalam hal ini sungai mahakam juga digunakan untuk irigasi atau pengairan, sungai ini juga di gunakan sebagai budidaya tanaman dan juga binatang yang ada di sungai tersebut, sungai Mahakam juga di gunakan sebagai sarana Transportasi. 

Sungai paling panjang yang ada di Indonesia adalah Sungai Batanghari

Sungai ini adalah sungai yng tidak kalah terkenalnya dengan sungai Mahakam dan sungai Kapuas. Sungai Batanghari ini memiliki panjang sekitar 800 km. Sungai ini berada di provinsi Sumatera Barat dan juga di Jambi.

Sungai Batanghari ini adalah sungai terbesar yang ada di Indonesia. Sungai batanghari ini juga di jadikan sebagai bukti atas kejayaan dari kerajaan Sriwijaya. Sungai ini memang sudah terkenal dengan keindahannya tersebut. 

Sungai paling panjang yang ada di Indonesia adalah Sungai Barito

Sungai Barito adalah sungai yang berada di daerah Kalimantan Tengah, Sungai ini adalah sungai yang terkenal dan termasuk kedalam sungai yang paling panjang selain sungai yang lainnya. Sungai ini juga terdapat sebuah pasar, yaitu sungai apung.

Sungai Barito ini adalah gabungan dar sungai-sungai yang lainnya, sungai Barito ini adalah sungai yang dianggap sebagai sungai yang banyak rumputnya kerena sungai ini berwarna coklat. 

Sungai paling panjang yang ada di Indonesia adalah Sungai Musi

Sungai Musi adalah sungai yang ada di Kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan, sungai ini adalah sungai yang ada di antara dengan Jembatan Ampera. Sungai ini adalah sungai yang paling panjang yang ada di daerah Palembang.

Panjang ukuran sungai Musi ini hampir mencapai sekitar 750 km. Awal terbentuknya sungai musi ini adalah karena adanya mata air di daerah Kepahiang yang berakhir di daerah Selat Bangka.  Untuk pemandangan yang ada di Sungai ini juga sangat indah sekali. 

Sungai paling panjang yang ada di Indonesia adalah Sungai bengawan Solo

Sungai Bengawan Solo adalah sungai yang paling panjang yang berada di daerah Jawa. Sungai Bengawan ini adalah sungai yang berukuran sekitar 548 km. Sungai ini juga termasuk kedalam sungai yang terkenal karena telah mengaliri sungai–sungai yang lain. Sungai bengawan ini juga adalah sungai yang paling bersejarah dan juga merupakan sungai yang telah di abadikan oleh seorang seniman yang ternama. 

Sungai paling panjang yang ada di Indonesia adalah Sungai Mamberamo

Sungai Mamberamo adalah sungai terpanjang yang ada di daerah Papua. Sungai ini adalah sungai sebagai penghasil listrik yang paling besar. Panjang dari sungai Mamberomo ini adalah sekitar 670 km. Dalam hal ini sungai yang ada di papua ini yaitu Sungai Mamberamo ini dapat menghasilkan emas,tembaga, Bauksit dan juga Nikel.

Sungai paling panjang yang ada di Indonesia adalah Sungai Digul

Sungai ini berada di daerah papua, yang merupakan sungai yang paling panjang di Papua. Panjang sungai yang di miliki sungai ini adalah sekitar 526 km. Dalam hal ini sungai DIGUL telah mengalir dari beberapa provinsi yang ada di papua tersebut. Dalam hal ini sungai ini berbentuk seperti ular, yaitu berkelor tidak lurus.

Sungai paling panjang yang ada di Indonesia adalah Sungai Indragiri

Sungai ini adalah sungai yang terpanjang yang berada di daerah Riau. Sungai ini panjangnya hingga mencapai 500 km. Perlu di ketahui bahwa sungai ini berasal dari Sungai Sinamar Dan Juga Sungai Ombilin sungai ini adalah sungai yang paling bersih dari yang lainnya sehingga sungai ini sangat bermanfaat untuk penduduk sekitar. 

Sungai paling panjang yang ada di Indonesia adalah Sungai Seruyan

Sungai ini adalah sungai yang paling panjang yang berada di daerah Kalimantan Tengah. Panjang dari kapal ini hingga mencapai 350 km, sungai ini mengalir sampai ke Laut Jawa tersebut dengan kedalam yang di milikinya hingga mencapai 300 meter. 

Sungai paling panjang yang ada di Indonesia adalah  Sungai Brantas

Sungai ini memiliki urutan sebagai sungai kedua setelah sungai Bengawan Solo. Sungai ini berada di daerah Jawa Timur, sungai ini adalah sungai yang telah melewati beberapa provinsi, sungai ini memiliki panjang 320 km sungai ini memiliki jembatan yang sangat besar yang berada di tengah-tengah sungai tersebut.

Sungai paling panjang yang ada di Indonesia adalah Sungai Krueng Aceh

Sungai ini adalah sungai yang berada di daerah Aceh, sungai ini telah mengalir di berbagai provinsi yang ada di daerah Aceh ini. Sungai ini memiliki panjang sekitar 145 km. Sungai ini juga di kelilingi oleh tumbuhan subur dan juga indah, sungai bentuknya lurus tanpa ada kelokan. 

Sungai paling panjang yang ada di Indonesia adalah Sungai Batee Iliek

Sungai ini berada di daerah bagian selatan di Kecamatan Sama Langa. Sungai ini juga di jadikan sebagai tempat wisata sejak tahun 90 an. Sehingga saat libur telah tiba tempat ini menjadi destinasi yang wajib di kunjungi oleh penduduk sekitarnya. Sungai yang dangkal dan memiliki bebatuan yang indah dan cocok untuk bermain, sehingga membuat tempat ini banyak sekali pengunjungnya.  

Sungai paling panjang yang ada di Indonesia adalah  Kali Pesanggrahan

Sungai ini adalah sungai yang berada di ibukotan Jakarta. Sungai ini telah mengalir di daerah Kabupaten Bogor dan melewati depok serta Tanggerang, pada dasarnya sungai ini telah melewati beberapa kecamatan, sehingga hal ini sdapat menjadi sungai yang panjang untuk daerah Jakarta tersebut.

Sungai paling panjang yang ada di Indonesia adalah Sungai Ci Liwung

Salah satu Sungai terpanjang yang ada , di Indonesia ini adalah berada di Jakarta. Sungai ini adalah sungai yang paling penting yang ada di daerah Sungai Tanah Pasundan. Sungai ini adalah sungai yang paling terkenal yang ada di Jakarta, sungai Ci Liwung ini adlah sebuah sungai yang di anggap sebagai sungai yang mendatangkan banjir setiap tahunnya untuk daerah DKI Jakarta. Sungai ini memiliki panjang 120 km. Sungai ini dapat menampung air dengan luas 387 km2. Namun saat ini sungai Ciliwung untuk saat ini banyak terdapat sampah sehingga hal ini menyebabkan terjadinya banjir.

Sungai paling panjang yang ada di Indonesia adalah  Kali Angke

Sungai ini adalah sebuah sungai yang berada di daerah Jakarta. Sungai ini berada di kelurahan Menteng,sungai ini adalah sungai yang tidak mudah kering saat musim kering telah tiba, sungai ini telah melewati beberapa kelurahan, diantaranya adalah kelurahan Menteng Bogor, dan Kelurahan Tanggerang Selatan, Dan Kota Tanggerang dan pada saat itu berakhir di Jakarta Barat atau di daerah Muara Angkel.

Air tersebut warnanya sering berwarna coklat, hal ini terjadi karena air sungai tersebut adalah terdapat lumpur, sehingga air yang mengalir tersebut sering berwana coklat.namun selain itu sungai ini juga banyak sekali yang ingin berkunjung dan melihat seberapa panjang sungai Kali Angke yang ada di Jakarta tersebut.

Demikianlah tulisan mengenai Nama Sungai Terpanjang di Indonesia. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pengetahuan yang lekap kepada setiap pembaca yang saat ini sedang mencari refrensi tentang “Sungai di Indonesia”. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. 8+ FAKTA Pulau Sulawesi Yang Harus Kamu Ketahui!
  2. 19+ FAKTA Papua yang Wajib Kamu Baca!
  3. 21+ DAERAH Rawan Tsunami di Indonesia yang Penting Kamu Baca!
  4. 25+ FAKTA Bali yang Harus Kamu Ketahui!
  5. 3+ Daerah Penghasil Batik Terbaik di Indonesia Yang Akan Membutmu Bangga!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "16+ Sungai Terpanjang di Indonesia Terbaru dan Lengkap"

Posting Komentar