3+ Daerah Penghasil Batik Terbaik di Indonesia Yang Akan Membutmu Bangga!

Batik Indonesia

Daerah Penghasil  Batik di Indonesia


FaktaDaerah.Com- Indonesia terkenal dengan kekayaan budayanya karena Indonesia terdiri dari berjuta-juta suku bangsa yang memiliki ciri khas masing-masing sehingga dapat dibedakan antara satu dengan lainnya. Berbagai perbedaan inilah yang menjadi keunikan dari bangsa Indonesia. Keberagaman budaya tersebut terdiri dari berbagai macam mulai dari tarian, adat istiadat, bahasa, pakaian, hingga corak kain yang digunakan oleh setiap suku. Keunikan yang pasti kalian sudah tahu terdapat pada kain batik.
Baca Juga: 9+ [Fakta] Unik Indonesia, No 5 Tidak Banyak Diketahui!

Kain Batik


Kain batik menjadi salah satu dari seni gambar yang dilakukan pada sembar kain polos dengan berbagai macam motif yang memiliki arti simbolik tersendiri pada suatu daerah yang berada di Indonesia.
 
Pada proses membatik harus memiliki ketrampilan khusus, tak jarang banyak touris mancanegara yang rela merogoh koceknya untuk dapat belajar membatik dan menghasilkan batik yang unik. Ketrampilan pada tangan sangat menentukan hasil dari corak pada batik. Coraknya yang beraneka ragam dan arti-arti simbolik yang mendalam membuat Indonesia dikenal dimanca negara mempunyai jiwa seni yang sangat tinggi sejak zaman nenek moyang. Pada tahun 2009 UNESCO menetapkan bahwa batik Indonesia menjadi warisan kemanusiaan serta budaya secara lisan dan ninbendawi (masterpieces of the oral and intangible heritage of humanity) karena teknik, teknologi, dan pengembangan berbagai motifnya.
 
Asal mula kata Batik berasal dari bahasa Jawa meskipun begitu Batik juga dihasilkan dari berbagai daerah lainnya tidak hanya dari suku Jawa. Banyak daerah di Indonesia yang menghasilkan batik yang memiliki ciri khas tersendiri, berikut adalah tiga daerah penghasil batik terbaik di Indonesia.
 

Daerah Penghasil  Batik Terbaik Di Indonesia


Berikut adalah daerah-daerah penghasil batik di Indonesia;

Batik Solo di Provinsi Jawa Tengah
 
Batik solo menjadi batik yang sangat terkenal di nusantara, terutama ketika Bapak Presiden Jokowidodo mulai mempromosikan batik yang berasal dari Solo. Batik ini menjadi tambah naik daun. Solo yang juga terkenal dengan biaya hidupnya yang murah membuat batik yang berasal dari Solo ini menjadi batik yang berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau dan motifnya yang unik. Bila ada yang belum tahu Solo itu dimana?. Solo terletak di bagian tengah dari tanah jawa, kota Solo sering juag disebut dengan kota Surakarta.

Saking banyaknya mengrajin batik yang berasal dari kota Solo setiap tahunnya Solo mengadakan suatu karnaval yang memamerkan berbagai motif atau corak yang dihasilkan dari kota Solo. Karnaval tersebut bernama Solo Batik Carnival atau sering disingkat dengna SBC acara ini diadakan setiap satu tahun sekali. Acara ini pertama kali diselenggarakan oleh pemerintah Kota Surakarta menjadikan batik sebagai satu produk utama dalam pagelaran ini.

Solo memiliki berbagai arti simbolik dibalik indahnya corak yang terdapat pada kain ini. Contohnya seperti, satrio wibowo menjadi simbol dari kemartabatan, sido dadi menjadi symbol dari  kemakmuran, tikel asmorodono menjadi simbol dari cinta, dan sido mulyo menajadi symbol dari kebahagiaan.

Untuk kalian yang ingin mencoba bagaimana cara membuat batik Solo di Desa Laweyan tepatnya di Kampung Batik Laweyan kita dapat melihat proses pembuatan dan dapat belajar cara membuat batik yang destinasinya dapat kita kunjungi bersama keluarga meskipun hanya untuk berekreasi.
 
Batik Yogyakarta
 
Yogyakarta menjadi kota yang kaya dengan budayanya yang antik, sesuai dengan namanya yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta. Memang tidak ada habisnya jika membahas tentang kebudayaan dari Kota Yogyakarta. Tidak hanya tentang sistem kerajaan dari kota Yogyakarta yang menjadi daya tarik sendiri pada masyarakat kita. Yogyakarta yang juga dikenal dengan berbagai wisatanya yang dapat menyejukan hati dan pikiran.

Di Yogyakarta juga terkenal dengan Jalan Malioboro yang disana terdapat sebuah pasar yang mejajakan berbagai macam batik yang diterapkan ke berbagai macam fasion yang sering digunakan setiap harinya mulai dari baju, rok, hingga tas dan sandal jepit memiliki corak batik.
 
Batik khas dari Yogyakarta ini biasanya berkesan sangat natural dari corak dan warna-warnanya. Warna-warna yang ditawarkan untuk batik ini bersifat netral dan terkesan natural seeprti warna coklat, putih,hitam, krem, ataupun nila. Grompol menjadi salah satu dari sekian banyak motif batik Yogyakarta yang sangat terkenal.
 
Keindahan batik Yogyakarta yang menajadi hasil dari ketlatenan para pengrajin batik membuat batik ini sering digunakan pada acara-acara formal dengan seperti pada upacara-upacara tradisional dan upacara pernikahan.
 
Di daerah istimewa Yogyakarta kalian dapat mengunjungi Pasar Bringhardjo. Pasar Bringhardjo memiliki berbagai macam koleksi berbagai motif batik disana juga menawarkan harga yang relatif murah seperti yang ditawarkan pada Pasar Malioboro.
 
Batik Bogor
 
Bogor yang menjadi kota hujan sering dijadikan sebagai tempat rekreasi penduduk Jakarta untuk melepaskan penat dari hiruk pikuk kota Jakarta. Bogor yang kaya dengan berbagai kekayaan flora dan fauna juga kaya dengan budayanya. Salah satunya adalah adalah corak batiknya yang tidak kalah indahnya dengan kota-kota yang terdapat di daerah Jawa Tengah.

Salah satu batik yang terkenal di Bogor yaitu batik Megamendung. Batik megamendung memiliki corak-corak awan yang menggambarkan ciri khas dari kota bogor yang suasanya selalu sejuk dan mendung dan menggambarkan bahwa Bogor menjadi kota hujan.

Batik megamendung sering digunakan dalam berbagai acara kenegaraan yang sering diadakan di istana negara yang terdapat di Bogor. Batik mega mendung ini sering juga digunakan sebagai seragam untuk para siswa dan siswi di Bogor dan menjadi berbagai seragam dalam kepegawaian.

Demikianlah tulisan mengenai Daerah Penghasil  Batik Terbaik di Indonesia. Semoga dengan adanya tulisan dari kami ini dapat menambah wawasan dan juga menambah pengetahuan bagi kalian yang saat ini sedang mencari wawasan mengenai "Batik-Batik di Indonesia". Jangan lupa baca juga tulisan batik-batik lainnya; 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3+ Daerah Penghasil Batik Terbaik di Indonesia Yang Akan Membutmu Bangga!"

Posting Komentar