4+ Batas Wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri)

Batas Wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri)

Kepulauan Riau (Kepri) pada faktanya merupakan salah satu provinsi baru di Indonesia. Provinsi ini merupakan hasil pemekaran dari Provinsi Riau pada tanggal 24 September 2002. Nah, bagi yang ingin mengetahui wilayah Provinsi Kepulauan Riau dan batas wilayah Provinsi Kepulauan Riau, berikut ulasannya.

Kepulauan Riau


Kepulauan Riau merupakan provinsi yang wilayahya merupakan gugusan kepulauan yang 96% wilayahnya merupakan perairan dengan 1.350 pulau. Beribukota di Tanjungpinang, wilayah Kepulauan Riau merupakan daerah strategis untuk masuknya jalur lalu lintas internasional.

Meski sebagian besar wilayahnya berupa perairan, ternyata Provinsi Kepulauan Riau memiliki sumber daya alam mineral yang cukup besar. Tak hanya minyak bumi saja yang bisa ditemukan di wilayah ini, ada juga batubara, bauksit, timah, pasir besi, granit, dan kuarsa.

Pemanfaatan wilayah perairan menjadi peluang peningkatan ekonomi di bidang kelautan. Masyarakat  memanfaatkan menangkap ikan dan melakukan budidaya, seperti budidaya ikan kakap, ikan kerapu, dan rumput laut.

Sebagian hasil perikanan diekspor ke Singapura, karena wilayahnya yang berdekatan dengan negara Singapura.

Menjadi gerbang wisatawan asing ke Indonesia, pariwisata di Kepulauan Riau cukup ramai dengan wisata baharinya. Beberapa obyek wisata yang populer di Kepulauan Riau adalah Pantai Pelawan, Pantai Melur, Pantai Trikora, dan Kabupaten Natuna yang terkenal dengan wisata snorkeling.
Tak hanya wisata baharinya saja yang cukup populer.

Bahkan beberapa tempat wisata lain di Kepulauan Riau sudah mendapatkan penghargaan internasional. Penghargaan yang didapat seperti Pulau Bawah merupakan pulau tropis terbaik di Asia versi CNN dan Pantai Sisi sebagai pantai alami terbaik versi Majalah Island.

Batas Wilayah Kepulauan Riau


Batas wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) adalah sebagai berikut.

Barat
Berbatasan dengan Negara Singapura, Malaysia, dan Provinsi Riau
Timur
Berbatasan dengan Negara Malaysia dan Provinsi Kalimantan Barat
Utara
Berbatasan dengan Negara Vietnam dan Kamboja
Selatan
Berbatasan dengan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Jambi

Wilayah Provinsi Kepulauan Riau

Wilayah Provinsi Kepulauan Riau terdiri dari 5 kabupaten dan 2 kota. Kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau meliputi Kabupaten Bintan, Karimun, Kepulauan Anambas, Lingga, dan Natuna. Sedangkan kotanya adalah Kota Batam dan Tanjungpinang.

Nah, itulah wilayah dan batas wilayah Provinsi Kepulauan Riau. Semoga bisa menjadi tambahan wawasan Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Batas Wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri)"

Posting Komentar