11+ DAERAH Penghasil Beras Terbesar di Indonesia Lengkap

Daerah Penghasil Beras di Indonesia


Indonesia adalah salah satu negara negara yang memiliki potensi dalam pengembangan budidaya pertanian, misalnya saja padi yang kemudian dijadikan beras. Ha ini bukanlah tanpa alasan, karena beras menjadi makanan pokok bagi mayoritas masyarakat Indonesia. Oleh karenanya pada tulisan ini akan menjabarkan mana saja wilayah atau daerah penghasil beras terbesar di Indonesia.

Daerah Penghasil Beras


Daerah penghasil beras yang akan disebutkan ini mayoritas berada di Pulau Jawa, yang memang selain menjadi makanan pokok tanaman padi di wilayah ini memiliki kecocokon tersendiri, dari kesuburan tanahnya dan juga dari sistem pengeloloaannya yang bisa dijadikan sebagai contoh dalam menanam padi.

Daerah Penghasil Beras Terbesar di Indonesia


Berikut inilah wilayah Indonesia yang menjadi lumbung pertanian padi;

Provinsi Jawa Timur

Daerah penghasil padi terbesar yang ada di Indoesia dan yang paling pertama adalah Provinsi Jawa Timur, dimana Provinsi Jatim ini mampu menhasilkan padai sekitar 1,1 Jt ton setiap tahunnya. Bahkan dari hasil ini Jawa Timur bisa mandiri dalam pengelolaan makanan pokok.

Provinsi Jawa Tengah

Wilayah penghasil padi selanjutnya adalah wilayah Jawa Tengah yang Ibukotanya berada di Kota Semarang, wilayah di Jawa Tengah setiap tahunnya mampu menghasilkan padi sekitar 779 Rb ton, dan dengan kondisi ini berbagai jenis makanan di Jawa Tengah terkenal dengan biaya yang murah.

Provinsi Jawa Barat

Wilayah yang menjadi penghasil pada selanjutnya adalah wilayah yang ada di Jawa Barat dengan mampu menghasilkan paddi sekitar 540 Rb ton dalam kurun waktu 1 tahun, tentusaja dengan adanya hal inilah Jawa Barat menjadi daerah penghasil padi terber ke-3 di Indonesia dan juga di Pulau Jawa.

Provinsi Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan, selain memiliki lahan perternakan sapi terbesar di Indonesia, wilayah ini juga menjadi salah satu daerah penghasil padi terbesar ke-4 di Indonesia dan juga paling besar di Pulau Sulawesi, dengan mampu menghasilkan sekitar 490 Rb ton untuk setiap tahunnya.

Provinsi NTB

Nusa Tenggara Barat, adalah salah satu daerah penghasil padi terbesar di Indonesia dengan mampu menghasilkan sekitar 155 Rb ton untuk setiap tahunnya

Provinsi Banten

Wilayah penghasil padi terbesar di Indonesia yang selanjutnya adalah Banten, dengan kondisi daerah yang subur daerah ini mampu menghasilkan padi sekitar 86 Rb ton untuk setiap panen yang dilakukanaknnya.

Provinsi Lampung

Lampung memang dikenal sebagai salah satu daerah yang subur, selain menjadi penghasil vanili dan tanaman lada, Lampung juga menjadi daerah penghasil padi terbesar di Pulau Sumatra dengan hasil yang di dapatkannya untuk setiap kali panen adalah 69 Rb ton. Wilayah yang ada di Lampung dengan penghasil padi ini umumnya berada di daerah Kabupaten Lampung Selatan.

Provinsi Sumatra Selatan

Daerah penghasil padi terbesar di Indonesia yang selanjutnya adalah di Sumatra Selatan dengan Ibukotanya berada di Pelembang, wilayah ini mampu menghasilkan padi dan dijadikan beras setiap tahunnya adalah 68 Rb ton

DIY Yogyakarta

Wilayah penghasil padi terbesar di Indonesi yang selanjutnya adalah DIY Jogjakarta dengan mampu menghasilkan padi sekitar 66 Rb ton untuk setiap tahunnya dalam beberapa tenaman atau panen yang dilakukannya.

Provinsi Aceh

Aceh yang menjadi pusat pembangunan saat ini karena pernah terkena dampak tsunami, tentusaja memiliki banyak tanaman yang dikebangkan, salah satunya adalah Tanaman Padi yang menghasilkan sekiar 46 Rb ton beras di wilayah ini.

Wilayah atau daerah penghasil padi tersebut sampai saat ini masih terus dikebangkan oleh pemerintah, hal ini dilakukan untuk memenuhi sumber pokok pangan agar Indonesia tidak lagi melakukan impor beras dari negara lainnya, seperti Negara Thailad.

Wilayah yang ada di Indonesia untuk penghasil beras terendah juga ada di Pulau Sumara, yaitu Provinsi Jambi yang sampai saat ini hanya mampu menghasilkan sekitar 2.770 ton setiap tahunnya. Data ini diperoleh dari Kementrian Pertanian Republik Indonesia dan juga dari BPS (Badan Pusat Statistik Indonesia). Semoga dengan adanya informasi mengenai Daerah Penghasil Beras Terbesar di Indonesia ini dapat menjadi wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca. Trimakasih,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11+ DAERAH Penghasil Beras Terbesar di Indonesia Lengkap"

Posting Komentar