12+ DAERAH Penghasil Vanili Terbesar di Indonesia Lengkap

Daerah Penghasil Vanili Terbesar di Indonesia


FaktaDaerah.Com- Indonesia adalah negara yang agraris, hampir semua tumbuhan pertanian hidup di Indonesia. Salahs atunya adalah Tanaman Vanili yang biasanya diamnfaatkan untuk penikmat rasa atau pengharum rasa dalam makanan. Vanili tumbuh dan berkebang baik di Indonesia bahkan tanaman vanili dari Indonesia ini sudah dikenal oleh dunia. Oleh karena itulah dalam tulisan ini akan mengemukakan mengenai Daerah-Daerah Penghasil Vanili.
Baca Juga: 10 Wilayah Penghasil Tembaga Terbesar di Indonesia Lengkap

Tanaman Vanili


Vanili adalah tumbuh yang hidup dengan melekat pada pohon-pohon tertentu atau tonggak kayu yang disediakan dalam pertanian. Tanaman vanili memiliki ciri berwarna hijau, dan sebesar jari dengan panjangnya kurang lebih 15 Cm. 

Daerah Penghasil Vanili di Indonesia


Ada beberapa wilayah menjadi penghasil vanili, diantaranya wilayah-wilayah tersebut adalah sebagai berikut;
  1. Provinsi Jawa Timur, daerah di Jawa Timur adalah penghasil tanaman vanili, seperti daerah yang ada Kabupaten Banyuwangi.
  2. Provinsi Lampung. Lampung selain terkenal dengan penghasil lada pada fakatnya daerah ini juga dikenal dengan tanaman vanili. Tanaman Vanili dihasil di Lampung khususnya di Kabupaten Lampung Barat yang Ibukotanya berada di Kota Liwa.
  3. Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah. Daerah ini juga dikenal sebagai daerah dengan penghasil tanaman vanili berkualitas di Pulau Jawa.
  4. Daerah Sumedang, Provinsi Jaw Barat
  5. Provinsi Sumatra Utara. Provinsi Sumut juga dikenal sebagai salah satu daerah yang menjadi penghasil tanaman vanili. Tanaman di vanili di Sumatra Utara bahkan ada beribu hektar jumlahnya dan kualitasnya juga dikenal sangat baik.
  6. Provinsi NTT (Nusa Tenggara Timur). Provinsi ini juga menjadi salah satu daerah penghasil tanaman vanili terbaik di Indonesia, khususnya tanaman vanili dapat ditemukan di NTT di wilayah seperti flores.
  7. Daerah Ambawara, Provinsi Jawa Tengah
  8. Daerah Tumenanggung, Provinsi Jawa Tengah
  9. Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah
  10. Daerah Yogjakarta di Pulau Jawa yang juga dikenal sebagai wilayah yang menghasilkan tanaman vanili.
  11. Pulau Sulawesi, daerah penghasil tanaman vanili yang lainnya yang cangkupannya tidak terlalu besar akan tetapi juga tersedia adalah daerah yang ada di Pulau Sulawesi. Dimana meliputi Provinsi Sulawesi Selatan, Utara, dan Provinsi Sulawesi Tengah.
  12. Provinsi Papua di Pulau Papua juga dikenal sebagai daerah penghasil tanaman vanili yang berkualitas. Meskipun untuk vanili di Papua ini masih kalah dibandingan dengan daerah-daerah di Indonesia, khususnya dari Sumatra dan Jawa

Demikianlah tulisan mengenai Daerah Penghasil Vanili di Indonesia. Untuk wilayah yang menjadi penghasil tanaman vanili di Indonesia dari semuanya yang paling besar ada wlayah yang berada di Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, dan Provinsi Sumatra Utara.

Semoga tulisan mengenai Daerah Penghasil Vanili Terbesar di Indonesia ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan bagi pembaca yang pada saat ini sedang mencari informasi mengenai daerah penghasil “Tanaman Vanili”. Trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "12+ DAERAH Penghasil Vanili Terbesar di Indonesia Lengkap"

Posting Komentar