7 Daerah Penghasil Lada Terbesar di Indonesia dan Terkenal di Dunia Lengkap

Daerah Penghasil Lada di Indonesia


FaktaDaerah.Com- Tanaman Lada adalah salah satu dari jenis-jenis rempah-rempah yang laris di pasar perdagangan internasional. Tanaman Lada ini banyak sekali dikebangkan diberbagai wilayah yang ada di Indonesia, akan tetapi untuk wilayah dengan tanaman lada terbesar di Indonesia sampai saat ini adalah Lampung dan Bengka. Dua wilayah yang setidaknya menjadi icon produk lada yang dikenal di dunia.
Baca Juga: 8 Daerah Penghasil Tembakau Terbesar di Indonesia Lengkap

Selain di dua daerah terbesar, ada berbagai wilayah yang memiliki potensi tanaman lada, misalnya di Kalimantan, Sumatra Barat, Provinsi Banten, dan daerah lainnya. Penjelasan lebih lengkpanya berikut adalah daerah dengan penghasil lada di Indonesia.

Daerah Penghasil Lada di Indonesia


Tahun 2015 melalui Kementerian Pertanian Indonesia mendapatkan bahwa luas lahan perkebunan lada mencapai 168 Jt hektare dengan hasil produksinya mampu mencapai 82 ribu ton. Jumlah inilah setidaknya menjadi salah satu kebanggaan bahwa Tanaman Lada menjadi tanaman yang memiliki potensi besar di Indonesia.

Daerah-Daerah Penghasil Lada di Indonesia


Berikut ini adalah daerah atau wilayah yang memiliki potensi tanaman lada di Indonesia;

Provinsi Lampung

Lampung adalah provinsi yang banyak sekali ditemukan tanaman lada, di wilayah Lampung khususnya adalah Kabupaten Lampung Timur, lada sangat mudah ditemukan. Bahkan karena Lampung menjadi daerah penghasil lada, ada sebutan untuk wilayah ini yaitu “Lampong Black Pepper”.

Provinsi Bangka

Bangka juga menjadi salah satu wilayah yang memiliki potensi untuk perkembangan pertanian jenis lada ini. Provinsi Bangka yang ada di Pulau Suamtra dan Lampung bahkan sanggup memenuhi 50% hasil pertanian lada di Indonsia, itu artinya dari 82 Rb ton ada sekitar 41 Rb Ton lada dihasilkan dari daerah Lampung dan Provinsi Bangka

Provinsi Bengkulu

Nomor ketiga dari daerah penghasil lada terbesar di Indonesia masih ada di Pulau Sumatra, yaitu di Provinsi Bengkulu.

Provinsi Kalimantan Timur

Kalimantan Timur juga menjadi salah satu wilayah dengan penghasil lada terbesar di Indonesia.

Provinsi Kalimantan Barat

Hasil kebun atau perkebunan lada di KalBar (Kalimantan Barat) yang ibukotanya berada di Pontianak juga menjadi penghasil lada yang cukup diperhitungkan.

Provinsi Sulawesi Tenggara

Provinsi Sulawesi Tenggara adalah provinsi yang menjadi penghasil lada di Pulau Sulawesi.

Provinsi Sulawesi Selatan

Meski kebun lada di wilayah Sulawesi Selatan tidak terlalu besar akan tetapi jumlah pemasokannya selalu meningkat setiap tahunnya.

Dari 7 Daerah Penghasil Lada di Indonesia tersebut sebagian besar kebun lada yang dikelola adalah milik masyarakat, artinya perkebunan lada di wilayah-wilayah Indonesia masih belum banyak dikembangkan oleh BUMN padahal postensi pertanian lada dari Indonesia ini cukup diperhitungkan.

Demikianlah Info Daerah Penghasil Lada di Indonesia semoga dengan adanya tulisan ini dapat menmabah wawasan dan pengetahuan pembaca mengenai perkebunan lada yang ada di Indonesia dan di daerah-daeranya di dalamnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Daerah Penghasil Lada Terbesar di Indonesia dan Terkenal di Dunia Lengkap"

Posting Komentar