5 Provinsi di Pulau Jawa Yang Terluas Lengkap

Provinsi di Pulau Jawa Berdasarkan Luasnya


Pulau Jawa adalah salah satu Kepulaun yang memiliki banyak wilayah, selain itu Pulau Jawa juga menjadi pulau dengan jumlah penduduk yang tinggi serta padat. Di Pulau Jawa terdaoat beberapa provinsi yang sudah sangat familiar di Indonesia, adapun untuk Provinsi Terluas di Pulau Jawa antara lain jika dirutkan satu persatu adalah sebagai berikut.
Baca Juga: 11 Provinsi Terluas dan Terbesar di Indonesia

Provinsi di Pulau Jawa


Berikut inilah wilayah dengan Provinsi Terbesar di Pulau Jawa.

Provinsi Jawa Timur

Provinsi Jawa Timur tentunya menjadi Provinsi terluas dan terbesar di Pulau Jawa. Provinsi ini memiliki luas wilayah sekitar 47,799.75 Km atau setara dengan 2.498 luas wilayah di Indonesia. Jawa Timur ibukotanya berada di Kota Surabaya.

Provinsi Jawa Barat

Wilayah terluas dan terbesar selanjutnya adalah Jawa Barat atau Jabar wilayah yang Ibukotanya berada di Kota Bandung ini memiliki luas sekitar 35,377.76 Kilo Meter atau setara dengan 1.849 persen luas wilayah yang ada di Indonesia.

Jawa Tengah

Luas wilayah terbesar selanjutnya dan berada dalam Posisi ketiga adalah Jawa Tengah dengan luas wilayah mencapai 32,800.69 Kilo Meter, luas wilayah ini setara dengan 1.714 persen dari luas wilayah Indonesia. Ibukota Jawa Tengah berada di Kota Semarang sebagai puast pemerintahannya.

Provinsi DI Yogyakarta

Yogyakarta yang dikenal dengan Daerah Istimawa ternyata menajdi daerah terluas ke-4 di Pulau Jawa dengan luas wilayanya data-data terbaru adalah 3,133.15 Kilo emetr atau setara dengan 0.164 persen dari luas wilayah yang ada di Indonesia. Yogyakarta juga dikenal dengan pendidikan yang berkulitas, salah satunya yang mungkin kita kenal adalah UGM, UNY, UII, dan lain sebaginya.

Provinsi Banten

Provinsi Banten dalam sata yang dihimpun menjadi daerah dengan luas wilayahnya ke-5 di Pulau Jawa. Luas wilayah yang ada di Provinsi Banten ini sendiri adalah 9,662.92 Kilo Meter atau setara dengan 0.505 persen luas wilayah di Indonesia. Ibukota Provinsi Banten berada di Kota Serang

DKI Jakarta

Provinsi dengan luas wilayah yang kecil dan memiliki Jumlah penduduk yang pada adalah DKI Jakarta. Wilayah DKI Jakarta adalah 664.01 Kilo Meter atau setara dengan 0.035 persen dari luas wilayah yang ada di Indonesia.

Demikianlah Nama-Nama Provinsi di Pulau Jawa yang dirutkan berdasrkan luas wilayahnya menurut data terbaru. Semoga dengan adanya informasi mengenai Provinsi di Pulau Jawa, Indonesia ini dapat menmabah wawasan dan pengetahuan pembaca mengenai Luas Daerah Indonesia. Trimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Provinsi di Pulau Jawa Yang Terluas Lengkap"

Posting Komentar