15+ DAERAH Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia Lengkap

Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia


FaktaDaerah.Com- Jangan bilang kamu pecinta kopi kalau kamu belum tahu daerah-daerah penghasil kopi ternikmat di Indonesia!. Kopi menjadi minuman andalan dikala berkumpul dengan teman, rekan kerja, ataupun kala sendiri. Kopi memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi yang dapat bermanfaat untuk tubuh manusia.

Gambaran lebih luasnya, dalam tulisan ini akan diberikan jumlah mengenai Daerah-Daerah Penghasil Kopi di Indonesia. Hal ini penting mengingat Indonesia adalah salah negara yang mampu memproduksi kopi terbesar di dunia.
Baca Juga:12 Daerah Penghasil Vanili Terbaik dan Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Kopi di Indonesia


Setidaknya ada 15 Daerah Penghasil Kopi di Indonesia, diantarnya adalah sebagai berikut;

Kopi Lampung


Lampung tidak hanya terkenal dengan gajahnya yang berada di Way Kambas tapi Lampung juga terkenal dengan cita rasa dari kopinya yang sangat enak. Kopi yang terdistribusi dari luar negeri pertama kali terdapat di daerah Sumatra. Kopi yang sangat terkenal kenikmatannya yaitu di Ulu Belu. Kopi yang satu ini menjadi jawara dari kopi-kopi lampung. Hasil dari perkebunan kopi di Ulu Belu sudah mencapai go internasional alias sudah di ekspor ke berbagai daerah dan negara di dunia. Salah satu brand kopi yang juga tak kalah terkenal di dunia sebut saja Nescafe menjadikan biji kopi dari daerah Ulu Belu ini sebagai bahan baku utama dari produk mereka.

Kalau kamu mengaku pecinta kopi belum afdol rasanya jika belum pernah mencicipi kopi asli Lampung ini, citarasa dari kopi ini memimiliki aroma yang spicy dari daun-daun tropis yang menjadi ciri khas Indonesia, tingkat kemasaman yang pas, dan tingkat kepahitan yang juga nikmat membuat kalian ga akan bisa berhenti untuk terus menyeruput kopi ini sampai habis. Selain rasa kopi yang original, baru-baru ini Lampung memberikan suatu inovasi yaitu kopi duren, pastinya cocok banget untuk kalian yang suka dengan duren dan kopi aroma durennya yang menggoda membuat kopi ini menjadi semakin nikmat. Coba deh dibayangin duh jadi pengen minum kopi ya.

Kopi Toraja


Kalian pasti udah ga asing lagi dengan kopi yang satu ini. Kopi toraja berasal dari Sulawesi Selatan tepatnya di Tana Toraja yang merupakan daerah pegunungan bagian Toraja Utara. Kopi toraja ini juga tidak kalah nikmat dengan kopi Lampung. Kenikmatan dari kopi ini cocok banget untuk kalian yang tidak terlalu suka dengan rasa pahit karena tingkat kepahitan dari kopi Toraja ini dapat hilang secara seketika pada saat tegukan yang pertama.

Kopi Toraja ini paling juara diantara kopi-kopi di daerah Sulawesi lainnya meskipun rasanya tidak jauh berbeda. Ciri khas dari kopi Toraja selain tidak pahit, kopi ini memiliki rasa yang khas dari hutan dan juga tanah dengan rasa yang tidak terlalu masam karena dipetik menggunkan teknik tersendiri. Kenikmatannya yang khas inilah menjadikan kopi Toraja ini sudah diekspor ke negara-negara di dunia contohnya Jepang dan Amerika Serikat.

Kopi Bali


Turis mancanegara pasti tahu Bali. Daerah yang menjadi surge untuk para pecinta alam. Turis-turis ini juga semakin dimanjakan dengan hidangan-hidangan dari Bali yang tidak kalah nikmat. Salah satunya yaitu kopi Bali. Kopi ini memiliki keunikan sendiri pertama dari ukuran dari biji kopi ini cukup besar bila dibandingkan dengan ukuran-ukuran kopi pada umumnya, selain itu kopi ini juga memiliki tingkat kemasaman yang sedang dan tingkat kekentalan yang sedang pula. 

Kopi Bali ini memiliki keunikan dalam cita rasanya yang sangat berbeda dari daerah lainnya, seperti rasa lemony atau jeruk dan floral yang dijadikan sebagai rasa unggulannya. Kopi Bali ini dihasilkan dari daerah pegununngan Kintamani.

Cara penanaman serta budidayanya juga berbeda dengan yang lainnya iu dengan menggunakan sistem pengarian yang subak sehingga dapat memproduksi kopi dalam jumlah yang cukup banyak setiap tahunnya yaitu sekitar 2000-3000 ton. Tidak kalah dengan kopi Lampung dan Kopi Toraja yang sudah di ekspor ke luar negeri. Kopi bali ini juga sudah sampai negara-negara maju seperti Australia, Eropa, Jepang, dan daerah-daerah tertentu yang berada di Arab Saudi

Kopi Jawa


Kalau Pulau Sumatra, Sulawesi, dan Bali sudah memiliki daerah-daerah penghasil kopi yang unggulan. Pulau jawa juga tidak mau kalah dong. Pulau jawa menamakan kopi unggulan mereka sesuai dengan daerahnya yaitu Kopi Jawa. Kombinasi dari kopi Arabika dan Robusta dari kopi Jawa ini menjadikan kopi ini menjadi lebih nikmat.

Kopi Jawa sendiri dihasilkan dari daerah Jawa Tengah yang lebih banyak menghasilkan kopi Arabika, dan daerah Jawa Timur menghasilkan Kopi Robusta seperti pada daerah Blewean, Jampit, dan Kayu Mas. Tapi ada pula yang dapat memproduksi kedua jenis kopi tersebut yaitu di daerah Banyuwangi sampai dengan pegunungan yang berada di Jember. Citasarasa yang khas pada kopi ini terdapat pada aromanya yang memikat peminumnya, seperti daerah Bali kopi ini juga memiliki tingkat kekentalan dan kemasaman yang sedang sehingga memiliki citarasa yang medium. Kopi Jawa juga sudah diekspor sampai ke negara-negara yang berada di Eropa dan Amerika Serikat.

Kopi Gayo


Diujung Pulau Sumatra tepatnya di Nanggroe Aceh Darussalam juga sebagai daerah penghasil kopi yang unggul, kopi ini berasal dari daerah Aceh Tengah yaitu pada Pegunungan Gayo. Citarasa yang diunggulkan dalam kopi ini adalah tingkat kemasamannya yang sedang sehinga seimbang dengan kekentalan yang ringan. Selain itu keunikan tersendiri dari kopi ini adalah cara pembuatannya. Kopi Gayo yang akan diminum direbus terlebih dahulu didalam panci hingga airnya mendidih kemudian dituangkan ke dalam cangkir yang telah diisikan dengan gula dan susu.

Kenikmatan dari kopi Gayo ini tidak perlu diragukan lagi karena telah mendapatkan apresiasi dunia pada tanggal 27 Mei 2010 dari Organisasi Internasional Fair Trade dalam Fair Trade Certified™ sebagai kopi terbaik di dunia dalam acara International Conference on Coffee Science yang telah mengalahkan tuan rumah (Kopi Bali) karena diadakan di Bali. Dalam pameran kopi dunia yang bernama Oregon Convention Center yang dilaksanakan di Portland, AS. Kopi Gayo juga mendapatkan apresiasi dalam harga kopi termahal di dunia. Pameran ini diadakan oleh SCAA (Specialty Coffee Association of America

Kopi Bajawa


Kopi Bajawa menjadi kopi yang nikmat yang berasal dari daerah Flores sehingga disebut juga dengan Kopi Flores, dan sebab daerah penghasil kopi ini berasa dari daerah Bajawa oleh karena itu kopi ini disebut dengan nama Kopi Bajawa.

Pegunungan Flores berada di Nusa Tenggara Timur dimana Bajawa terletak di daerah dataran tinggi yang cocok ditanami tanaman kopi karena daerahnya yang subur. Kopi Bajawa ada yang berasa vanili dan coklat. Rasa inilah yang menjadi unggulan dari citarasa yang diberikan oleh Kopi Bajawa. Komoditas yang menjadi tujuan paling utama dari Kopi Bajawa ini yaitu ke negara Amerika Serikat. 

Kopi Robusta Sidakalang


Kopi Sidakalang berasal dari Sumatra Utara tepatnya di dataran tinggi dari Kabupaten Dairi yang ketinggiannya mencapai 1.066 mdpl. Kopi ini sering kali digadang-gadang menjadi saingan terberat dari kopi Brazil, namun tingkat kekentalan dan komposisi dari kopi ini cukup membuat jantung berdebar dan mata menjadi melek sepanjang malam jadi untuk yang belum biasa berhati-hatilah. 

Kopi Garut 


Kopi yang satu ini sudah pasti berasal dari Garut, tepatnya di daerah Priyangan, Jawa Barat. Daerah ini memiliki catatan sejarah selama 200 tahun loh ternyata karena dahulu pada masa penjajahan Belanda kopi Garut atau yang biasa para penjajah sebut dengan Java Preanger (Java:Jawa, Preanger: Priangan) telah tereksploitasi habis-habisan. Hmm ini toh salah satu alasan para koloni betah di Indonesia sampai 2,5 abad.

Kopi Banaran Ambarawa


Kopi yang ga kalah nikmatnya dari kopi Jawa namun juga berasal dari Jawa tepatnya daerah Ambarawa, Jawa Tengah. Kopi ini memiliki kawasan tersendiri namanya Kampung Kopi Banaran menjadi tempat agrowisata yang menyajikan udara serta pemandangan yang sejuk dan segar cocok untuk menikmati liburan dengan pemandangan hijau sambil ditemani dengan segelas kopi hangat.

Kopi Kalisat Bondowoso


Kopi yang satu ini juga berasal dari pulau jawa tepatnya diujung pulau jawa alias Jawa Timur. Daerah penghasil kopi ini berada di Kalisat Kabupaten Bondowoso dekat dengan Kawah Ijen. Perkebunan ini bukan lagi menjadi milik perseorangan namun telah dikelola dengan baik oleh perhutani yang diakui oleh negara.

Kopi Wamena


Jauh dari Pulau Jawa, Lembah Baliem, Wamena yang terletak di Papua juga memiliki kopi juga juara di Indonesia. Tidak perlu diragukan lagi kelezatan dari kopi ini karena telah ikut menyumbangkan kualitas kopi terbaik yang ada di Indonesia. Kopi Wamena ini memiliki citarasa dengan tingkat kepahitan yang medium namun cukup kuat. 

Kopi Pagar Alam


Kembali lagi ke Pulau Sumatra, Kopi Pagar Alam juga menjadi kopi unggulan yang berasal dari Simpang Padang, Gunung Dempo. Kopi ini sama nasibnya dengan Kopi Garut karena menjadi salah satu minuman favorit di istana pada zaman penjajahan Belanda. Namun, kenikmatan dari kopi ini belum mendunia karena belum ada pabrik kopi yang berani menginvestasikan lahannya untuk mengolah kopi. Sehingga hasil panen dari  dari perkebunan kopi saat ini di kirimkan ke daerah Palembang dan Lampung untuk proses pengolahan menjadi kopi siap minum.

Kopi Mandailling


Kopi ini berasal dari Daerah Mandailing Natal tepatnya di Desa Pakantan yang waktu itu ditanami dengan kopi Arabika sebagai penanaman pertama kali sehingga pada saat ini daerah Madailing Natal memiliki hasil kopi Arabika yang sangat berkualitas karena umurnya yang sudah puluhan hingga ratusan tahun lalu.

Kopi Manggarai


Jangan salah ya teman-teman. Kopi manggarai ini bukan kopi yang berasal dari Manggarai, Jakarta Selatan. Melainkan berasal dari daerah Flores. Kopi ini juga sering disebut dengan nama Yellow Caturra karena warna kuning kemerahan dari buah kopi yang sudah matang ini. Kalau kopi ini sudah di seduh ga bisa nahan lagi untuk segera menghabiskannya karena aromanya yang menggoda.

Kopi Betawi


Kopi ini sering menjadi hidangan warga Jakarta. Nama lainnya adalah kopi Pletok atau Bir Pletok. Sejarah menyatakan bahwa kopi ini dijual oleh Mak Kopi yang suka menjual kopi keliling dan hidup sampai usia 150 tahun. Oleh karena itu Mak Kopi menjadi sangat legendaris. Kopi ini terkenal bisa untuk menambah kebugaran tubuh alias bikin sehat.

Demikianlah tulisan mengenai 15 Daerah Penghasil Kopi di Indonesia. Perlu setidaknya diketahui bahwasanya kopi tidak hanya menjadi minuman andalan di Indonesia saja tapi juga dunia sehingga banyak kopi Indonesia yang diekspor ke luar negeri. Trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "15+ DAERAH Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia Lengkap"

Posting Komentar