Kopi Sidikalang [Dairi-Sumatra Utara] yang Harus Kamu Coba!

Kopi Sidikalang


FaktaDaerah.Com- Kopi merupakan suatu minuman yang memiliki banyak penggemar. Kopi saat ini sudah banyak diolah menjadi minuman dengan cara  menyeduh dan menikmatinnya dengan unik dan istimewa. Seiring dengan perkembangan jaman, cara menikmati kopi pun kini mulai berkembang.

Kini telah banyak mesin-mesin pembuat kopi dengan spesifikasi yang berbeda-beda dan penyajian kopi yang berbeda-beda. Kopi secara umum dinikmati hanya dengan menggunakan gula pasir sebagai pemanis. Namun sekarang, banyak dinikmati dengan menggunakan karamel maupun susu kental. Tak jarang juga ditambah dengan topping yang unik dan lucu. Penyajian semacam ini dilakukan oleh barista-barista yang handal pada sebuah kafe. Kopi semacam ini dikenal dengan istilah kopi “ala kafe”.
 

Kopi Sidikalang Salah Satu Kopi Terbaik di Indonesia


Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kualitas kopi yang terbaik ketiga di dunia setelah Brazil dan Vietnam. Salah satu kopi terbaik di Indonesia yang terkenal saat ini adalah Kopi Sidikalang.
 
Kopi yang dipetik dari suatu kota yang memiliki suhu yang cukup dingin dan jenis tanah yang sangat cocok dan baik untuk tanaman seperti kopi. Menikmati kopi di Kota Sidikalang akan terasa lebih nikmat karena hawa yang dingin ditemani dengan kopi panas.
 

Penglolaan Kopi Sidikalang


Pengolahan kopi di daerah ini juga sebagian masih tradisional. Pertama, kopi yang telah dipetik kemudian digiling untuk memisahkan kulit dari biji nya. Setelah itu kopi kemudian direndam satu harian untuk menghilangkan lendir yang melekat pada kopi. Setelah direndam satu harian, kopi dijemur di bawah sinar matahari. Pastikan pada proses ini tidak ada lagi kulit kopi yang tertinggal dengan biji-biji kopi yang telah kering. Biasanya para petani mengolah kopi hanya sampai proses ini saja. Lalu kopi itu segera dijual kepada pengepul (toke). Kopi akan dihargai per liter oleh toke.
 

Toke Penjual Kopi Sidikalang dan Sistem Pengelolaannya


Proses pengolahannya bukan hanya sampai disini saja. Toke akan mengolah lagi kopi yang telah dibelinya yaitu dengan menggongseng kopi hingga berwarna hitam. Selama proses penggongsengan sering dicampur dengan kulit manis, cengkeh, daun pandan dan coklat untuk menambah aroma dan cita rasa pada kopi sehingga konsumen dapat memilih rasa kopi sesuai dengan selera masing-masing. Kopi yang telah berwarna hitam pekat selanjutnya digiling sehingga diperoleh bubuk kopi dengan aroma yang khas. Setelah itu kopi siap dikemas dan dipasarkan.
 

Menikmati Kopi Sidikalang


Masyarakat kota Sidikalang sering menikmati kopi pada pagi hari saat akan pergi berladang, bekerja, dan bersekolah agar tetap fit, tetap terjaga dan tidak mengantuk. Merupakan anugerah yang luar biasa yang telah diberikan oleh Tuhan kepada penduduk Sidikalang akan hasil kopi yang melimpah dan kualitas yang bagus.
 
Demikianlah tulisan mengenai Kopi Sidikalang [Dairi-Sumatra Utara] yang Harus Kamu Coba!. Adapun judul asli dalam artikel ini adalah “Menikmati Harumnya Kopi Sidikalang” yang ditulis oleh Evi Syukriah Bako. Semoga bisa menjadi artikel yang informatif, khususnya bagi kamu yang Habi Minim Kopi Sidikalang. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;
  1. Sumatera Utara dan 5 Fakta Mengenai Potensi yang Harus Kamu Pahami!
  2. Danau Toba dan 5 Spot Wisata Terbaik yang Wajib Kamu Kunjungi!
  3. Kabupaten Tapanuli Tengah [Sumatra Utara] dan 7 Fakta yang Harus Kamu Baca!
  4. [5] Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Harus Kamu Kunjungi!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kopi Sidikalang [Dairi-Sumatra Utara] yang Harus Kamu Coba!"

Posting Komentar