Bekasi [Jawa Barat] dan 10 Fakta Unik yang Harus Kamu Baca!


Fakta Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia


FaktaDaerah.ComBekasi, tempat dimana berbagai macam suku, budaya, dan agama tergabung didalamnya. Banyak sekali jenis masyarakat yang ada didalamnya baik dari orang jawa sampai sunda, agama Islam sampai hindu, bahkan budaya sekalipun juga beragam. Walaupun banyaknya perbedaan yang seperti itu tidak menjadikan masyarakat bekasi sebagai beban ataupun tembok penghalang rasa kekeluargaan. Kabupaten Bekasi sendiri pernah dikucilkan bahkan pernah dihina tidak terdeteksi di dalam planet bumi ini, mungkin itu hanya sebuah candaan belaka. Walaupun adanya hal yang demikian tidak membuat kabupaten bekasi menjadi jatuh, melainkan semakin maju.

Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat


Kabupaten Bekasi diresmikan pada tanggal 15 Agustus 2000, yang dimana sebelumnya memiliki nama kabupaten Jatinegara. Kenapa namanya Jatinegara? Karena waktu itu wilayahnya mencakup Jatinegara, Pondok Kopi, Klender, dan juga Cipinang.
 

Kabupaten Bekasi Dipimpin Oleh Bupati Perempuan


Saat ini kabupaten Bekasi memiliki bupati perempuan yang pertama yaitu Neneng Hasanah Yasin. Beliau adalah Bupati perempuan pertama di Bekasi sekaligus yang termuda sejak dilantik pada tanggal 14 Mei 2012 yang dimana saat itu beliau berusia 31 tahun 8 bulan. Di tahun 2017 ini beliau kembali memenangkan pilkada kabupaten bekasi dengan perolehan suara yang cukup telak, hal ini membuktikan bahwa Neneng sangat disenangi warga Bekasi.
 

Bekasi, Provinsi Jawa Barat Memiliki Banyak Industri


Kabupaten Bekasi jika dilihat lebih mendalam pasti akan di jumpai banyak sekali pabrik-pabrik industri. Ya, Bekasi memang sudah menjadi pusatnya industri oleh karena itu kabupaten bekasi sendiri dikenal dengan sebutan kota industri. Hal ini bisa di jumpai di daerah cikarang akan terlihat banyak sekali pabrik –pabrik yang berjejer dan terbagi dalam suatu kawasan industri.
 
Ada banyak sekali kawasan industri di kabupaten Bekasi sebut saja kawasan ejip, hyundai, delta silicon, jababeka, sampai kawasan industri MM 2100. Masing-masing kawasan memiliki lebih dari seratus pabrik yang beroperasi, ditambah lagi rencana pembangunan yang gencar dilaksanakan saat ini akan membuat semakin banyaknya pabrik indusri.
 

Meikarta ada di Bekasi, Provinsi Jawa Barat


Saat ini daerah Cikarang dan Cibatu mulai terkenal karena adanya pembangunan Meikarta. Apartement yang direncanakan dibangun dengan 100 tower ini mulai banyak didengar oleh masyarakat luas, ditambah lagi dengan adanya promosi melalui iklan di TV. Saat ini sudah banyak masyarakat baik lokal maupun asing yang ingin menyewa apartement yang masih dalam pembangunan ini.
 

Etnis di Bekasi, Provinsi Jawa Barat


Bekasi sendiri adalah daerah yang berbahasa campuran antara sunda dengan betawi. Kalau kita mengamati penduduk asli tersebut, akan ditemukan banyak penduduk dengan etnis betawi dan sunda.
 

“Sayur Gabus Pucung” Di Bekasi, Provinsi Jawa Barat


Tidak hanya itu di bekasi sendiri memiliki makanan khas tersendiri yang bernama sayur gabus pucung. Hah gabus? Bukan maksudnya gabus di masak, tetapi memang namanya yang seperti itu.
 

Kesenian Khas Ujungan di Kabupaten Bekasi


Tidak hanya makanan dan penduduknya saja yang unik, kabupaten bekasi memiliki kesenian khasnya sendiri. Nama kesenian tersebut adalah kesenian ujungan, yang dimana seni ini menggabungkan antara seni bela diri, seni tari dan seni musik. Hebatnya lagi kesenian tradisonal ini masih mampu bertahan ditengah arus modernisasi yang makin menguat. Kesenian ini umumnya dapat di jumpai di daerah pelosok Bekasi.
 

Tempat-Tempat Bersejarah di Kabupaten Bekasi


Kabupaten Bekasi sendiri mempunyai tempat-tempat bersejarah yang memiliki peranan dalam kemerdekaan Indonesia. Sebut saja salah satunya adalah masjid Al Mujahidin yang terletak di daerah Kampung Babakan Cibarusah (KBC).
 
Dahulu tempat ini menjadi markas pelatihan para pejuang hizbullah dalam memperjuangkan kemerdekaannya. Kalau kita berangkat dari arah Jakarta Masjid ini ada di sebelah kanan jalan yang dimana tidak jauh dari masjid ini kita akan menjumpai masjid dengan tempat wudhu berbentuk seperti perahu, Oleh karena itu masjid yang satu itu dinamakan masjid perahu. Tidak ada salahnya orang-orang berziarah ke masjid Al Mujahidin ini, walaupun bukan tempat berekreasi tetapi setidaknya kita belajar sejarah dari masjid ini.

Bukan hanya masjid Al Mujahidin saja, ada banyak sekali tempat bersejarah seperti Gedung Juang ‘45 yang kalau kita masuk lebih dalam akan menemukan bunker yang terhubung langsung dengan stasiun Tambun. Ada juga Saung Rangoon yang merupakan salah satu bangunan tertua di kabupaten Bekasi, yang dimana bangunan ini sempat menghilang pada tahun 1821.
 

“Lutung Jawa” Satwa Endemik di Kabupaten Bekasi


Kabupaten Bekasi juga memiliki satwa endemik yaitu lutung Jawa (Trachypithecys Auratus Mauritus). Satwa endemik ini berada di sepanjang pesisir Kecamatan Muara Gembong yang dimana saat ini keberadaanya diambang kepunahan dengan jumlah kurang dari 100 ekor.
 

Bekasi Punya Pantai yang Muncul Sore Dan Malam Hari


Berbicara Muara Gembong daerah ini memiliki pantai yang timbul pasca banjir beberapa waktu lalu. Uniknya berdasarkan tutur warga sekitar pantai yang satu ini hanya muncul saat sore dan malam hari. Bukan maksudnya pantai itu hilang sendiri, akan tetapi pantai ini tidak akan berasa seperti pantai pada pagi hari melainkan muara, karena tidak ada ombak pada pagi hari.
 
Tentu saja kabupaten Bekasi memiliki banyak sekali keunikan baik dari budaya, suku, satwa, tempat, dan banyak lagi lainnya. Kota yang merupakan salah satu kawasan industri terbesar di Asia Tenggara ini memang harus di beri apresiasi. Walaupun pernah dikucilkan tetapi tidak membuat kabupaten Bekasi hilang, justru saat ini semakin maju ditambah lagi rencana pendirian Meikarta yang saat ini sudah mulai didengar oleh masyarakat.
 
Hal tersebut akan membuat kabupaten Bekasi menjadi kota terpadat nantinya, ditambah lagi banyak investor asing yang menanamkan modalnya di daerah ini. Kabupate Bekasi tidak akan seperti ini kalau bukan dari kita sendiri, warga Bekasi sudah sepatutnya bangga dengan pencapaiannya saat ini.
 
Demikinalah tulisan mengenai Fakta Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Adapun judul asli dalam artikel ini adalah “Kabupaten Bekasi, Kota Industri Dengan Banyak Keunikan” yang ditulis oleh I Wayan Wira Yuda. Semoga bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari Info Tentang Bekasi. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;
  1. Buni Pasar Emas [Bekasi] dan Sejarahnya yang Harus Kamu Baca!
  2. Kota Bekasi dan Permasalahan yang Dialami!
  3. Kecamatan Jonggol [Bogor-Jawa Barat] dan Fakta yang Harus Kamu Baca!
  4. 13+ Wisata di Garut [Jawa Barat] Yang Harus Kamu Dikunjungi!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bekasi [Jawa Barat] dan 10 Fakta Unik yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar