Kalimantan Tengah dan 6 Fakta Betang Tumbang Gagu yang Harus Kamu Baca!

Rumah Suku Dayak “Betang Tumbang Gagu” di Kalimantan Tengah


FaktaDaerah.Com- Kalimantan Tengah adalah salah satu Provinsi besar di Indonesia, ada suatu fakta yang unik dan menarik di Provinsi ini. Yakni Betang Tumbang Gagu atau masyarakat juga ada yang menyebutnya dengan Betang Antang Kalang. Hampir semua warga yang ada di Kalimantan Tengah mengenal dengan hal ini. Khususnya asal muasal Betang Tumbang Gagu yakni di Desa Tumbang Gagu, kecamatan Antang Kalang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah. Betang Tumbang Gagu sendiri adalah rumah khas suku dayak yang masih tersisa sampai saat ini.
Baca Juga: Pasar di Banjarmasin [Kalimantan Selatan] yang Harus Kamu Ketahui!

Kalimantan Tengah dan Betang Tumbang Gagu


Berikut sejumlah fakta menarik tentang bangunan ini;
  1. Proses Pembuatan rumah betang ini konon memakan waktu yang cukup lama, yaitu 7 tahun, hal tersebut lantaran bahan untuk membuat rumah betang dari kayu Ulin. Kayu Ulin salah satunya ada di Kalimantan dan mencari kualitas kayu ulin sangat membutuhkan waktu yang lama.
  2. Masyarakat suku dayak sangat bangga dengan Betang Tumbang Gagu, dan banyak juga pariwisata yang berkunjung ke lokasi tersebut. Kayu ulin merupakan kayu yang terkuat dan tahan akan serangan rayap dan serangga, dan tahan akan perubahan kelembaban dan suhu serta tahan terhadap air laut. Kayu ulin sering disebut warga sebagai kayu sepanjang masa dan kayu primadona.
  3. Betang Tumbang gagu merupakan lokasi yang disenangi para turis untuk berkunjung dan menikmati pemandangan disana. Ada dua ritual pada saat pendirian Betang yaitu yang pertama upacara pada saat mendirikan betang yang dinamakan mampendeng, dan yang kedua upacara setelah betang selesai didirikan yang dinamakan Lumpat Huna. Pemerintah akan sangat menjaga ciri khas suku dayak ini dan masyarakat juga antusias untuk bersama-sama menjaga dan mempertahankan budaya mereka. 
  4. Para turis biasanya suka berkunjung ke lokasi ini, mereka suka hal yang unik seperti Betang Tumbang gagu ini. Hal yang unik yang hanya dapat dijumpai di Indonesia tepatnya di Kalimantan Tengah. Mereka yang berkunjung membawa keluarga untuk berlibur menikmati potensi Indonesia. 
  5. Warga Suku Dayak yang tinggal disana sangat menjaga silahturami kekeluargaan dan hidup dengan damai. Dengan adanya Betang Tumbang Gagu ini, kalimantan Tengah menjadi terkenal dan menjadi potensi Kecamatan yang membanggakan dan yang unik.
  6. Masyarakat dan pariwisata disana sangat bekerja sama sehingga menciptakan nilai kooperatif yang sangat bagus. Menjunjung asas kekeluargaan itulah yang diterapkan di lokasi tersebut. Kita sebagai warga Negara Indonesia bangga dengan Rumah Betang Tumbang Gagu karena mampu menarik perhatian Turis Asing untuk berkunjung ke Indonesia.
Demikinalah tulisan mengenai Betang Tumbang Gagu di Kalimantan Tengah. Adapun penulis dalam artikel ini sendiri adalah Lily Yunita. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Kota Balikpapan “Kota Beriman” [Kalimantan Timur] dan Fakta Potensi yang Harus Kamu Pahami!
  2. Kota Banjarmasin [Kalimantan Selatan] dan Fakta Menarik Pasar Terapung
  3. Kabupaten Kutai Timur [Kalimantan Timur] dan Beberapa Fakta yang Harus Kamu Ketahui!
  4. Kota Kupang [Nusa Tenggara Timur] dan 7 Fakta Yang Harus Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kalimantan Tengah dan 6 Fakta Betang Tumbang Gagu yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar