9+ FAKTA Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) yang Harus Kamu Baca!

Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Kalimantan Utara (Kaltara) adalah salah satu Provinsi yang ada di Pulau Kalimantan. Provinsi ini diresmikan pada tahun 2012. Banyak fakta unik dan menarik dari Kalimantan Utara.
Baca Juga: 10+ FAKTA Provinsi Kalimantan Barat yang Harus Kamu Baca!

Fakta-Fakta Kalimantan Utara


Berikut adalah sejumlah fakta mengenai Kalimantan Utara, diantarnya adalah sebagai berikut;
 

Kalimantan Utara Menjadi Provinsi Termuda di Indonesia.


Mencari provinsi termuda di Indonesia tentusaja jawabannya adalah Provinsi Kalimantan Utara yang diresmikan pada tanggal 25 Oktober 2012 dengan Nama PJ Gubernur pertama di Provinsi ini adalah Bapak Irianto Lambrie yang merupakan Seketaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur.
 

Penduduk Kalimantan Utara Yang Masih Sedikit


Fakta selanjutnya adalah penduduk, dimana untuk jumlah penduduk di Kalimantan Utara ini jumlahlah tak lebih dari 1 juta jiwa dari total kabupatennya yang berjumlah 10 Kabupaten.
 

Kalimantan Utara Berbatasan dengan Negara Tentangga


Salah satu wilayah atau Provinsi di Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tentangga adalah Provinsi Kaltara (Kalimantan Utara) yang ternyata berbatasan langsung dengan Malaysia.
 

Satu Pulau Dua Negara Hanya ada di Kalimantan Utara


Provinsi Kalimantan Utara memiliki salah satu Pulau yang unik didunia, Pulau tersebut adalah Sebatik, dimana dalam pulau ini satu pulau dua negara. Bahkan ada rumah penduduk yang depan rumah masuk wilayah NKRI sedangkan yang bagian belakang di wilayah Malaysia.
 

Satu Kecamatan di Kalimantan Utara Hanya Dihuni 788 Jiwa


Salah satu wilayah di Kalimantan Utara, yakni wilayah di Kecamatan Mentarang Hulu, Kabupaten Malinau ternyata hanya dihuni oleh 788 jiwa, hal ini sebagiaman hasil daripada sensus penduduk yang dilakukan pada Tahun 2010.
 

Kalimantan Utara Menerima PNS Paling Banyak Tahun 2017


Pendaftaran CPNS pertamakali pada masa kepempinan Jokowido adalah pada tahun 2017. Pada tahun ini jumlah kuota terbanyak yang menerima PNS adalah Provinsi Kaliamantan Utara.
 

Mayoritas Agama di Kalimantan Utara Adalah Islam


Penduduk di Provinsi Kalimantan Utara ternyata mayoritas adalah Islam, hal ini hampir sama dengan penduduk di Indonesia pada umumnya. Adapun penduduk Islam di Kalimantan Utara jumlahnya ada sekitar 65.75 persen.
 

Lagu Daerah dan Rumah Tradisional Provinsi Kalimantan Utara


Setiap wilayah yang ada di Indonesia tentusaja memiliki lagu daerah dan rumah tradisional, begitupula dengan Kalimantan Utara yang mana lagu daerah di Provinsi ini adalah Jugit Demaring sedangkan untuk rumah tradisionalnya adalah Rumah Baloy dan Rumah Lamin Adat.

Demikianlah tulisan mengenai Fakta-Fakta Provinsi Kalimantan Utara yang ternyata belum banyak yang mengetahuinya. Semoga dengan adanya tulisan mengenai fakta daerah ini bisa menambah wawasan dan pengethuan bagi segenap pembaca. Trimakasih, jangan lupa baca juga fakta kalimantan lainnya;
  1. Pasar di Banjarmasin [Kalimantan Selatan] yang Harus Kamu Ketahui!
  2. Kota Balikpapan “Kota Beriman” [Kalimantan Timur] dan Fakta Potensi yang Harus Kamu Pahami!
  3. Kabupaten Kutai Timur [Kalimantan Timur] dan Beberapa Fakta yang Harus Kamu Ketahui!
  4. Kampung Pegat-Batumbuk [Berau- Kalimantan Timur] 5 Fakta Yang Harus Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9+ FAKTA Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar