Kampung Pegat-Batumbuk [Berau- Kalimantan Timur] 5 Fakta Yang Harus Kamu Baca!

Kampung Pegat-Batumbuk, Kecamatan Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur


FaktaDaerah.Com- Kampung Pegat-Batumbuk atau lebih dikenal dengan Kampung SMART (Sejahtera, Mandiri, Amanah, Religius, dan Terampil) merupakan salah kampung dengan luas 31, 917 ha yang terletak di Kecamatan Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur.
Baca Juga: Kota Balikpapan “Kota Beriman” [Kalimantan Timur] dan Fakta Potensi yang Harus Kamu Pahami!

Kampung Pegat-Batumbuk


Kampung ini merupakan salah satu kampung yang menjadi sasaran penempatan SM3T angkatan VI (Sarjana Mendidik di Daerah 3T) untuk memajukan pendidikan di kampung tersebut.
 
Kampung Pegat-Batumbuk memang terletak di daerah terpencil yang masih membutuhkan perhatian pemerintah untuk dikembangkan. Awalnya kami yang mendapatkan penempatan untuk mengajar di daerah ini merasa sedih melihat kondisi kehidupan disana yang terletak diatas permukaan laut.
Panorama Kampung Pegat-Batumbuk
Namun berangsur-angsur kami mulai beradaptasi dengan kebiasaan masyarakat di kampung ini.  Alhamdulillah, mata kami benar-benar terbuka lebar dan menyadari bahwa kampung yang kami tempati ini memiliki sejumlah potensi terutama dalam perekenomian yang perlu di kembangkan.

Suku di Kampung Pegat-Batumbuk [Kalimantan Timur]


Mayoritas penduduk yang menghuni Kampung Pegat-batumbuk adalah suku Bugis-Makassar yang berasal dari Sulawesi Selatan dengan adat istiadat yang masih sangat kental (Baca: Fakta-Fakta Suku Bugis) Sebagian besar masyarakat di Kampung ini memiliki mata pencaharian sebagai petambak dan nelayan tangkap yang rata-rata penghasilannya cukup memuaskan.
 

Kampung Pegat-Batumbuk Memiliki Hasil Perikanan yang Melimpah


Sungguh Indah nan mempesona kampung ini. Letaknya yang berada di muara sungai menjadikan kampung ini sangat strategis. Kampung Pegat-Batumbuk  dikenal dengan hasil perikanan yang sangat melimpah. Udang, kepiting, dan ikan bandeng merupakan hasil-hasil perikanan yang di unggulkan dikampung ini. Sektor perikanan di kampung ini cukup menjanjikan bagi masyarakat yang tinggal dan menetap di kampung Pegat-Batumbuk. Hasil perikanan yang melimpah membuka lapangan pekerjaan bukan hanya bagi pria namun juga untuk wanita dan anak-anak.
 

Usaha-Usaha di Kampung Pegat-Batumbuk


Kegiatan Ekonomi di Kampung Pegat-Batumbuk
Dengan adanya potensi yang ada di kampung ini beberapa masyarakat mulai mengembangkan usaha lain berupa pembuatan terasi, kerupuk dan bahan makanan lain yang berasal dari udang dan ikan bandeng.
 

Ekositem Mangrove di Kampung Pegat-Batumbuk


Selain potensi dalam perikanan kampung Pegat-Batumbuk juga memiliki potensi lain yaitu sumber daya alam berupa ekositem mangrove atau hutan bakau yang terdapat di sepanjang aliran sungai.
 
Ekosistem ini menjadikan kampung Pegat-Batumbuk bebas dari abrasi dan banjir. Kehadiran hutan bakau di kampung tersebut menunjang sektor perikanan berkembang lebih maju. Semua masyarakat yang berada di kampung ini berusaha memajukan kampung dengan memperkenalkan potensi-potensi yang dimiliki.

Potensi hutan bakau yang dimiliki kampung ini dikembangkan bukan hanya untuk mencegah bahaya banjir dan abrasi. Namun, digunakan sebagai salah satu mata pencaharian yaitu melakukan pengelolaan terhadap buah mangrove menjadi bahan makanan. Mengingat hutan bakau yang terdapat dikampung ini sangat subur dan terjaga ekosistemnya.
 

Kampung Pegat-Batumbuk Bebas Indutri dan Indah


Kampung Pegat-Batumbuk adalah salah satu kampung yang bebas dari aktivitas-aktivitas industri sehingga menjadikan kampung ini sangatlah indah, menarik dan potensial untuk dikembangkan. Kampung ini menjadi salah satu kampung ideal yang perlu dipertahankan, diperkenalkan dan patut untuk di kunjungi. 

Demikinalah tulisan mengenai Kampung Pegat-Batumbuk [Berau- Kalimantan Timur] 5 Fakta Yang Harus Kamu Baca! yang ditulis dengan Judul Asli Batumbuk Kampung Kenanganku dengan penulisnya ialah Satria. Semoga bermanfaat bagi setiap pembaca yang ada di Indonesia. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Kalimantan Tengah dan 6 Fakta Betang Tumbang Gagu yang Harus Kamu Baca!
  2. [4] Pasar di Banjarmasin [Kalimantan Selatan] yang Harus Kamu Ketahui!
  3. Kabupaten Kutai Timur [Kalimantan Timur] dan Beberapa Fakta yang Harus Kamu Ketahui!
  4. Kota Banjarmasin [Kalimantan Selatan] dan Fakta Menarik Pasar Terapung

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kampung Pegat-Batumbuk [Berau- Kalimantan Timur] 5 Fakta Yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar