18+ FAKTA Provinsi Jawa Barat yang Melegenda!

Provinsi Jawa Barat, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Jawa Barat adalah salah satu Provinsi yang ada di Pulau Jawa, Provinsi ini secara geografi bersebelahan letak wilayahnya dengan Jawa Tengah di sebelah timur dan berbatasan langsung dengan Provinsi Banten dan DKI Jakarta di sebelah barat. Provinsi Jawa Barat pada faktnya memiliki sejumlah hal-hal yang menarik untuk dibahas lebih dalam, baik dalam Kebudayaan, Sejarah, Masyarakat, atau pada fakta unik lainnya.
Baca Juga: 4 BATAS Wilayah Jawa Barat dan Penjelasannya Lengkap

Fakta-Fakta Jawa Barat, Indonesia


Berikut inilah sejumlah fakta mengenai Provinsi Jawa Barat yang ber Ibu Kota di Kota Bandung;
Jawa Barat Menjadi Provinsi Paling Banyak Penduduknya di Indonesia
Provinsi-provinsi yang ada di Indonesia secara kuantitas ada sekitar 32, dari provinsi tersebut untuk masalah jumlah penduduk beranekaragam adanya. Adapun untuk jumlah penduduk terbanyak di Indonesia ternyata adalah Jawa Barat.
Jawa Barat Memiliki Benduangan Terluas di Indonesia
Bendungan yang paling luas di Indonesia adalah Bendungan Jatiluhur, bendungan ini sampai saat ini menurut data yang terbaru menjadi bendungan terluas di Indonesia.
Fakta Sejarah Jawa Barat, Indonesia
Sedangkan pada fakta sejaranya, tepatnya pada abad ke-5, Jawa Barat berada dalam kekuasaan Kerajaan Tarumanegara. Setelah itu, pada tahun 932 M, muncul Kerajaan Sunda. Rajanya yang terkenal adalah Prabu Siliwangi. Pusat kerajaan ini berada di Pakuan Pajajaran, kini dikenal sebagai "Kota Bogor".
Peninggalan Sejarah di Jawa Barat
Peninggalan Bersejarah di Jawa Barat salah satu yang terkenal adalah Prasasti Batutulis Prasasti peninggalan Kerajaan Sunda ini dibuat pada tahun 1533. Ditemukan di Kota Bogor dan berisi tulisan sunda kuno. Prasasti ini dipersembahkan oleh Prabu Surawisesa untuk ayahnya, Prabu Siliwangi.
Jawa Barat Memiliki Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan, Keraton Kasepuhan terletak di Cirebon dan dibangun pada tahun 1529. Keraton ini dikelilingi tembok bata merah dan sangat megah. Di dalamnya terdapat museum yang berisi benda-benda pusaka dan lukisan kerajaan.
Jawa Barat Pernah Menjadi Konferensi Asia Afrika
Provinsi ini pernah menjadi tempat bersejarah bangsa Indonesia, tepatnya ialah pelaksanaan Konferensi Asia Afrika. Bahkan dengan adanya kenyataan sejarah ini sampai saat ini Jawa Barat memiliki Museum Konferensi Asia Afrika Museum Asia Afrika yang mana musium ini diresmikan pada tahun 1980, terletak di Kota Bandung. Museum ini dibangun dengan tujuan mengenang Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika yang dihadiri wakil dari 29 negara pada tanggal 18 sampai dengan tanggal 24 April 1955.
Flora Khas Jawa Barat
Fakta mengenai flora di Jawa Barat, antara lain adalah Pohon buah gandaria, pohon  jamuju.
Fauna Jawa Barat
Sedangkan fakta mengenai fauna di Jawa Barat ini antara lain adalah macan tutul Jawa dan burung kowak

Budaya Suku Bangsa dan Rumah Adat di Jawa Barat

Suku asli di Provinsi Jawa Barat adalah suku Sunda. Salah satu kampung adat  masyarakat Sunda tradisional adalah Kampung Naga (Garut). Rumah adat Suku Sunda umumnya berbentuk rumah panggung. Ada beberapa jenis rumah panggung,  seperti jolopong, julang ngapak, tagog anjing, badak heuay, jubleg nangkub, parahu kemureb, capit Bunting, dan buka pongpok.
Tarian Khas Masyarakat Jawa Barat
Untuk fakta tarian di Jawa Barat adalah Tari Jaipongan Jaipongan merupakan tari pergaulan yang ceria, bersemangat, spontan, dan sederhana. Biasanya diiringi dengan alat musik gamelan degung.  Selain itu adalah Tari Topeng Cirebon Tari ini merupakan kesenian asli daerah Cirebon. Disebut Tari Topeng karena penarinya memainkan karakter topeng yang dikenakannya. Setiap topeng mencerminkan karakter yang berbeda.
Alat Musik Jawa Barat Terdaftar Sebagai Warisan Budaya Dunia
Fakta yang mendunia mengenai Provinsi Jawa Barat, adalah alat musik tradisionalnya, yakni Angklung. Angklung terbuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan. Angklung terdaftar sebagai warisan budaya dunia
UNESCO.
Jawa Barat Memilki Tempat Peneropongan Bintang Tertua di Indonesia
 
Salah satu hal yang membanggakan dari Jawa Barat ini adalah Observatorium Bosscha yang merupakan salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia. Bintang Bosscha terletak di Lembang, dibangun tahun 1923. Tempat tersebut memiliki lima teleskop besar dan merupakan bagian dari Institut Teknologi Bandung.
Jawa Barat Memiliki Musium Geologi
Museum Geologi Bandung Museum yang telah mengoleksi peninggalan geologis sejak tahun 1850 ini terletak di Jalan Diponegoro, Kota Bandung. Pada tahun 2000, museum ini dicanangkan sebagai peninggalan nasional.
Jawa Barat Memiliki Banyak Tempat Wisata yang Indah
Fakta lainnya mengenai Provinsi Jawa Barat, adalah lokasi wisata yang indah. Diantaranya sebagai berikut;
Pantai Pangandaran
Pantai indah ini terletak di daerah Ciamis. Di kawasan tersebut pengunjung dapat  menyaksikan matahari terbit dan terbenam, berjalan-jalan ke Cagar Alam Pananjung,  menyeberang ke pantai Pasir Putih, menyelam, snorkeling, menikmati makanan laut segar,  dan lain-lain.
Green Canyon
Green Canyon terletak di Ciamis, merupakan obyek wisata berupa aliran Sungai  Cijulang yang menembus sebuah gua dengan stalaktit dan stalakmit yang  mempesona. Lokasi ini juga diapit oleh dua buah bukit dengan bebatuan dan  pepohonan yang rimbun. Masyarakat sekitar menyebutnya "cukang taneuh  (jembatan tanah)," karena di atas lembah itu ada jembatan tanah yang  digunakan petani sebagai jalan pintas menuju kebun pertanian di daerah itu.
Gunung Ciremai
Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3.078 M,  terletak di Kabupaten Majalengka, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Kuningan.
Gunung Tangkuban Perahu
Terletak di kawasan Bandung Utara. Gunung ini memiliki bentuk  menyerupai perahu terbalik dengan ketinggian 2.084 m dan  masih aktif.

Demikianlah tulisan mengenai Fakta-Fakta Provinsi Jawa Barat. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat memberikan wawasan dan juga sumber pengetahuan bagi pembaca yang saat ini berada di Jawa Barat atau akan berkunjung di Provinsi Jawa Barat. Jangan lupa baca juga Fakta Daerah yang di Provinsi Jawa Barat lainnya;
  1. Kabupaten Sumedang [Jawa Barat] dan 7 FAKTA Yang Harus Kamu Baca!
  2. Kabupaten Garut [Jawa Barat] dan Fakta yang Harus Kamu Baca!
  3. 4+ Fakta Kota Cirebon [Jawa Barat] Yang Harus Kamu Baca!
  4. Tempat Wisata Alam Kabupaten Sukabumi-Jawa Barat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "18+ FAKTA Provinsi Jawa Barat yang Melegenda!"

Posting Komentar