5+ Iklim Benua Asia Secara Umum dan Penjelasannya Lengkap


Benua Asia merupakan salah satu wilayah terluas yang ada di dunia, bahkan wilayah ini menjadi penghasil SDA (Sumber Daya Alam) yang mampu mendirtribusikan beragam kebutuhan di wilaayah lainnya. Dalam kajian yang telah dilakukan, iklim benua asia berdasarkan letak astronomis  berada di antara 260 BT- 1690 BT dan 110 LU – 770 LU.

Benua Asia


Sejarah menunjukan bahwa nama Asia berawal dari penyebutan salah satu suku di wilayah timur tengah, dengan indikasi makna sebagai matahari terbit. Kontan saja keadaan ini mengindentikan bahwa karakteristik benua asia tidak terlepas daripada iklin tropis, sub tropis, serta gurun yang lebih banyak disinari matahri ketimbang di wilayah-wilayah yang lainnya.

Iklim Benua Asia


Adapun sebagai penjelasan lebih lanjut, dalam tulisan ini akan memberikan rangkuman mengenai suasana cuaca yang terdapat di benua asia. Antara lain adalah sebagai berikut;

Iklim Tropis

Iklim yang terdapat di dalam sauna benua asia yang pertama adalah tropis yang sangatlah dirasakan bagi sebagian besar wilayah yang berada di Asia Tenggara dan Panati Barat India. Identinya, negara yang merasakan ini menimati suasana hujan dan panas dalam kurun waktu yang sama (stabil) sehingga pengahasilanpun akan lebih condong pada sisim agaratis, seperti padi, jagung, dan lain sebaginya. Selengkapnya, baca; Negara Penghasil Padi di Asia Tenggara

Iklim Subtropis

Iklim kedua yang terdapat atau dirasakan oleh sebagai warga di benua Asia adalah subtropis dengan identic berada di Wilayah Asia Timur seperti Japang, Korea Selatan, dan negara-negara di asia timur lainnya. Yang terdapat paling banyak terdapat negara majuanya. Baca, juga; Negara Maju di Asia Timur

Iklim Sedang

Iklim selanjutnya yang berada di Wilayah Benua Asia adanya Iklim sedang dengan identik suasana dirasakan oleh sebagian kecil negara di Asia Timur. Dalam negara yang mengalami iklim sendeng curah hujan bisa dibilang lebih rendah daripada panas matahari.

Iklim Kutub

Wilayah di benua Asia, juga ada yang mengalami ilklim kutup dengan identic ciri khasnya ialah dingin sepanjang tahun, jarang sekali terjadi pada di wilayah ini, adapun endemik yang otentik pada hewan di iklim kutup salah satunya penguin. Untuk negara yang memiliki iklim kutup di Asia timur ini tertutama wilayah di geografi 66,50 LU sampai dengan 900 LU. Salah satunya negara berbatasa dengan Siberia Utara.

Iklim Gurun

Iklim yang berada di Asia selanjutnya adalah gurun, dimana wilayah yang berada di wkawasan ini lebih banyak merasakan panas matahari dibaindingkan dengan curah hujam. Wilayah ini lebigh berada pada daerah-daerah gurun seperti Negara Mongolia, Arab Saudi, dan negara lainnya.

Dari serangkaian penjelasna tentang iklim di benua asia diatas, dapatlah dikatakatan bahwa sejatinya benua asia secara umumnya berbeda dari wilayah barat, timur, tenggara, ataupun selatan. Sehingga layak jika benua ini dibilang sebagai daerah dengan iklim terlengkap.

Semoga rangakain tulisan tentang iklim di Asia ini bisa memberikan wawasan dan juga mampu menambah pengetahuan bagi segenap pembaca yang pada saat ini sedang mencari literasi tentang kondisi/cuaca di daerah-daerah seluruh dunia. Trimakasih,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5+ Iklim Benua Asia Secara Umum dan Penjelasannya Lengkap"

Posting Komentar