5+ Negara Penghasil Padi di Asia Tenggara dan Sebutan Lumbung Padi Asean

Negara Penghasil Padi di Asia Tenggara dan Sebutan Lumbung Padi Asean


Asia Tenggara adalah salah satu wilayah daratan yang ada di Benua Asia, dalam negara-negara di 
Asia Tenggara ini menyebutdirinya dalam orgnisasi ASEAN yang sampai saat ini dalm data terbaru terdiri dari 11 Negara yang umumnya menjadi negara berkembang, adapun untuk negara maju yang ada di Asia Tenggara adalah Negara Singapura.
Baca Juga: 11+ DAERAH Penghasil Beras Terbesar di Indonesia Lengkap

Banyak potensi yang ada di Asia Tenggara baik SDA dan SDM yang berkualitas, salah satunya Negara di Asia Tenggara menjadi Negara penghasil emas tersbesar ke dua  yang berada di Pulau Papua. Adapun postensi untuk pertanian, selain jagung, ada juga padi yang menadi produk unggulan dari Asia Tenggara, salah satu wilayah yang ada di Asia Tenggara bahkan memiliki penyebutan sebagai Lumbung Padi Asean.

Negara Penghasil Padi Terbesar di Asia Tenggara


Berikut inilah beberapa daftar negara penghasil padi yang ada di Asia Tenggara;

Negara Vietnam

Negara yang menganut paham Komunis terbesar di Vietnam ini menjadi penghasil padi terbesar yang ada di kawasan Asia Tenggara, dengan mampu menghasilkan sekitar 4,2 ton per hektarnya bahkan sampai saat ini bisa mencapai 5,6 ton per hektar. Kondisi inilah menjadi penyebab Negara Vietnam menjadi negara penghasil padi terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Thailand

Thailand menjadi salah satu negara penghasil padi terbesar yang ada di kawasan Asia Tenggara, hal ini lantaran salah satu penyebabnya kawasan di negara ini memiliki sistem pertanian yang bagus, meskipun secara jumlah ekposr barangnya jauh di bawah Thailand kawasan di Asia Tenggara ini memiliki julukan sebagai negara yang disebut sebagai lumbung padi Asean.

Indonesia

Negara penghasil padi di wilayah Asia Tenggara salah satunya adalah Indonesia dengan memiliki lahan pertanian yang begitu luas, selain itu Indonesia juga beriklim tropis. Bahkan dalam sejarahnya Negara Vietnam yang kini menjadi penghasil padi terbesar di Asia Tenggara pernah belajar sistem pertanian yang ada di Indonesia.

Miyanmar

Negara selanjutnya yang menjadi penghasil padi terbesar di Asia Tenggara adalah Negara Miyanmar yang sampai saat ini masih di landa konflik hingga menjadi penyebab menjadi salah satu Negara termiskin di Asia, meskipun demikian, negara yang mayoritas penduduknya beragama Budha ini setiap kali panen padi selalu penuh warna kuning, hingga menjadi sebuatan sebagai negara emas.

Filipina

Negara yag berbatasan dengan Indonesia ini juga memiliki sebuatan sebagai negara penghasil padu terbesar di kawasan Asia Tenggara. Meskipun jumlahnya secara kalkulasi kalah dengan negara-negara lainnya, seperti Indonesia, Vietnam, Miyanmar, dan thailand kawasan di Filifina menjadi kawasan penghasil padi di Asia Tenggara.

Demikianlah tulisan mengenai 5 Negara Penghasil Padi di Asia Tenggara dan salah satu negaranya memiliki sebutan sebagai Lumbung Padi Asean, yaitu Negara Thailand. Semoga dengan adanya informasi ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan pembaca mengenai potensi pertanian di Asia Tenggara.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5+ Negara Penghasil Padi di Asia Tenggara dan Sebutan Lumbung Padi Asean"

Posting Komentar