8+ Negara di Asia Timur Terbaru dan Terlengkap

Negara di Asia Timur


Asia Timur merupakan sebuah wilayah di Benua Asia. Luas wilayah yang ada di dalam Negara adalah sekitar 6.640.000 km2. Untuk penduduknya sendiri yang ada di dalam benua ini adalah sekitar lebih dari 1.500 juta jiwa dari jumlah penduduk dunia yang tinggal di Asia timur.
Baca Juga: 5+ Negara Maju di Asia Timur Terbaru dan Terlengkap

Wilayah Asia Timur merupakan salah satu wilayah dengan penduduk terpadat di dunia. Kepdatan ini sekitar 230 per km2 atau 5 kali rata- rata jumlah penduduk di dunia. Asia Timur adalah salah satu kawasan yang memang sudah sangat populer, didalam kawasan Asia Timur ini terdapat dalam sebuah negara yang memang sangat terkenal dan juga merupakan dianggap sebagai negara maju. Negara –negara yang ada dalam bagian Asia Timur ini adalah negara Korea Selatan, Cina, Hong Kong, Korea Utara, Jepang, Makau, Mongolia, Taiwan.

Wilayah Asia Timur


Dan wilayah ini merupakan salah satu menjadi tujuan dari tempat wisata yang sering sekali di jadikan sebagai tempat kunjungan oleh pariwisata, sehingga dalam hal ini negara ini menjadi salah satu negara yang paling populer.

Di negara Asia Timur adalah sebuah negara dengan sebuah wilayah yang luar biasa dalam bidang ekonomi, militer, dan masih banyak yang lainnya. Wilyah Asia Timur ini adalah termasuk kedalam sebuah wilayah yang memang termasuk kedalam sebuah negara yang sangat maju dan juga berkembang sangat pesat di dalam bidang bidangnya tersebut.

Perlu diketahui bahwa kekuatan ekonomi yang paling kuat di Asia Timur ini berada di negara China. Dalam hal ini China merupakan sebuah negara dengan prekonomian terbesar di Dunia dan telah melewati Amerika Serikat. Dalam hal ini kepadatan yang ada di wilayah Asia Timur ini mencapai 133/km2.

Negara-Negara di Asia Timur


Perlu diketahui bahwa negara –negara yang berada di Asia Timur jauh lebih maju di bandingkan dengan negara yang ada di Asia Tenggara dan juga Asia Selatan. Walaupun kawasan Asia Tenggara dan juga Asia Selatan memiliki potensi yang dapat berkembang dan juga maju, baik karena kekayaan alam ataupun karena populasinya.

Hal ini disebabkan karena negara yang berada di Asia Tenggara Dan Juga Asia Selatan sering terjadi konflik, agama, sosial dan masih banyak yang lainnya sedangnya di negara Asia Timur tidak terjadi hal – hal yang sepereti itu. Hal ini lah yang membuat negara Asia Timur jauh lebih maju dari Negara Asia Tenggara dan juga Asia Selatan.

Daftar Negara di Asia Timur


Dalam hal ini ada 8 negara yang berada di daerah kawasan Asia Timur, diantaranya adalah sebagai berikut:

Negara China atau Republik Rakyat Tiongkok

Dalam hal ini cina memiliki cangkupan yang sangat luas di bekas peradaban lembah sungai kuning. Di wilayah timur juga di laut kuning dan juga laut Tiongkok Timur. Telah ditemukan wilyah yang sangat lus dengan ditemukannya lapang tanah baru yaitu pesisir laut Tiongkok selatan yang bergunung – gunung dan di bagian selatan ada bukit –bukit dan juga terdapat pegunungan yang masih rendah.

Di bagian timur terdapat 2 sungai yaitu sungai kuning dan juga sungai panjang. Dan ada beberapa sungai utama di wilayah ini. nama resmi dari negara Cina ini adalah Republik Rakyat Tiongkok dengan ibukota adalah Beijing dan bahasa yang digunakan adalah Mandarin dengan bentuk pemerintahannya adalah Negara kesatuan Partai, dan terdiri atas perdana menteri dan juga presiden dengan mata uang Yuan dan luas total dari wilayah ini adalah 9.596.961 km2.

Negara Hong Kong

Negara resmi dari negara ini adalah daerah Administratif khusus Hong Kong Republik Rakyat Tiongkok. Bahasa resmi dari negara ini adalah Mandarin dan juga Inggris dengan mata uang yang ada dalam negara ini adalah Dolar Hong Kong dengan luas wilayah adalah 1.104 km2.

Dan perlu diketahui bahwa negara Hong kong adalah senuah negara yang terletak di laut Tiongkok Selatan, untuk di sebelah timur terletak di bagian Makau yang berlawanan dari Pearl River Delta dan dikelilingi oleh laut Tinongkok Selatan di timur, selatan, dan juga baratyang memang berbatasan dengan kota Shezhen di utara di seberang sungai Sham Chun.

Negara Jepang

Nama resmi dari negara ini adalah negara Jepang, dengan ibukota Tokyo. Bahasa resmi dari negara Jepang adalah bahasa Jepang dengan bentuk pemerintahannya adalah Monarki Konstitusional dan terdiri dari kaisar dan juga perdana menteri.samudra pasifik Untuk luas wilyah negar ini adalah 377.944 km2 dengan mata uang adalah yen.

Jepang ini sendiri terletak di ujung barat, disebelah timur laut jepang. Dan juga tetangga dengan RCC, korea, dan juga Rusia. Pulau paling utama berada di sebuah laut Okhotsk dan juga merupakan berada di wilayah paling selatan yang merupakan sebuah kelompok dengan pulau – pulau kecil di laut Cina Timur. Tepatnya di sebelah selatan Okinawadan juga bertetangga dengan Negara Taiwan.

Negara Korea Selatan

Nama resmi dari negara Korea Selatan ini adalah Republik Korea atau Daehan Minguk, ibukota dari negara ini adalah Seoul dan bahasa resmi dari negara Korea Selatan ini adalah Korea dengan bentuk pemerintahan adalah Republik Presidensial yang terdiri dari presiden dan juga perdana mentri dan mata uang dari negara Korea Selatan adalah Won dengan luas wilayah total wilayah ini adalah 100.210 km2 dengan batas wilyah yang ada dalam wilayah ini adalah di bagian selatan berbatasan dengan Semenanjung Korea, dan di bagian Utara berbatasan dengan Korea Utara dan untuk di bagian Barat berbatasan dengan Laut Kuning dan untuk di bagian timur berbatasan dengan laut Jepang dan di bagian Tenggara sendiri berbatasan dengan Selat Korea.

Negara Korea Utara

Korea Utara adalah sebuah negara yang terletak dengan bebatasan dengan RCC dan juga Rusia. Untuk di bagian utara dan dengan Korea Selatan di sepanjang Zona demiliterisasi Korea. Perbatasan di wilayah bagian barat Korea Utara adalah Sungai Kuning dan juga Teluk Korea. Dan untuk sementara di bagian timur terletak di bagian perbatasan dengan terdapat di Jepang di seberang Laut Jepang.

Nama resmi dari negara Korea Utara ini adalah Republik Demokratik Rakyat Korea dengan ibukota Pyongyang dengan menggunakan bahasa resmi adalah Korea dengan bentuk pemerintahan adalah negara 1 partai yang merupakan terdiri dari pemimpin tertinggi, ketua majlis, presidium, dan juga perdana menteri, dengan mata uang adalah Won Korea Utara dengan Luas total wilayah adalah 120.540 km2.

Negara Makau

Nama resmi dari negara Makau ini adalah daerah Administratif khusus Makau Republik Rakyat Tiongkok Atau Zhonghua Renmin Gongheguo Aomen Tebie Xingzhengqu. Bahasa yang digunakan oleh negara Makau ini adalah Mandarin dan juga Portugis dengan bentuk pemerintahannya adalah  Daerah Administratif khusus yang telah terdiri dari kepala ekslusif dan juga kepala sekretaris pemerintahan dengan mata uang Pataca Makau dengan total Wilayah nya adalah 30.3 km2. Negara Makau ini terletak di koloni Eropa yang paling tua di Tiongkok. Pada abad ke 16, pemerintahan portugal telah menyerahkan kedaulatan terhadap Makau kini adalah sebuah Daerah Administratif khusus Tiongkok.

Negara Mongolia

Negara mongolia adalah sebuah negara yang terletak di perbatasan dengan Rusia dan disebelah Utara berbatasan dengan RCC di selatan dan perlu diketahui bahwa negara Mongolia merupakan sebuah negara dengan dikelilingi dengan daratan di Asia Timur.

Nama resmi dari negara ini adalah Mongolia (Mongol Uls). Ibukota dari negara Mongolia ini adalah Ulan Bator dengan penggunaan bahasa ini adalah Bahasa Resmi yaitu Mongol dengan bentuk pemerintahannya adalah Republik Parlementer yang merupakan terdiri dari presiden dan juga perdana mentri dengan mata uang Tugrik dengan total luas wilayah yang ada di negara ini adalah 1.566.00 km2.

Negara Taiwan

Nama resmi dari negara ini adalah Republik Tiongkok (Zhonghua Minguo) dengan ibukota nya adalah Taipei dan bahasa yang digunakan adalah bahasa Mandarin dengan bentuk pemerintahan yang digunakan adalah republik semi presidensial yang telah terdiri dari presiden dan wakil presiden dan juga terdiri dari perdana menteri. Mata uang yang ada di negara Taiwan adalah Dolar Baru Taiwan dengan luas wilayahnya adalah sekitar 36.193 km2.

Demikianlah tulisan mengenai Nagara-Negara di Asia Timur Terbaru dan Terlengkap. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat memberikan wawasan dan juga pengetahuan pembaca mengenai Kawasan Asia Timur. Trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8+ Negara di Asia Timur Terbaru dan Terlengkap"

Posting Komentar