Kabupaten Trenggalek Provinsi Jawa Timur, dan Beberapa Fakta yang Harus Kamu Baca!

Fakta Kabupaten Trenggalek Provinsi Jawa Timur, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Trenggalek adalah sebuah kabupaten di selatan Pulau Jawa. Terletak di pesisir pantai selatan dan mempunyai batas wilayah sebelah utara dengan Kabupaten Ponorogo, sebelah timur dengan Kabupaten Tulungagung, sebelah selatan dengan Samudera Hindia, dan sebelah barat dengan Kabupaten Pacitan.
Baca Juga: Kabupaten Kediri [Jawa Timur], dan 6 Fakta yang Harus Kamu Baca!
Wilayah Kabupaten Trenggalek Provinsi Jawa Timur dikelilingi oleh gunung, sehingga transportasi yang ada hanya bus umum atau kendaraan pribadi saja. Namun dibalik itu, Kabupaten Trenggalek yang memiliki 14 kecamatan ini, menyimpan segudang keindahan alam yang mempesona dan patut untuk dikunjungi.
 

Komoditas Pertanian Kabupaten Trenggalek Provinsi Jawa Timur


Trenggalek merupakan salah satu kabupaten yang masih banyak memiliki lahan bebas yang dikelola oleh petani serta pemilik perkebunan setempat. Dari lahan tersebut juga banyak menghasilkan hasil yang lumayan besar. Komoditasnya antara lain padi, jagung, singkong, kedelai, kacang, tebu, cengkeh, tembakau, durian, salak, manggis, rambutan, dan duku. Dibagian industri, Kabupaten Trenggalek juga memiliki komoditas yang lumayan banyak, antara lain kecap, sirup, tapioka, karet alam, pengeringan ikan, batik, makanan ringan, rokok, bahan bangunan, genteng, dan tahu.
 

Pantai di Kabupaten Trenggalek Provinsi Jawa Timur


Karena letaknya didaerah pesisir, Kabupaten Trenggalek mempunyai banyak sekali pantai. Ada yang digunakan sebagai pelabuhan para nelayan, ada juga yang menjadi objek wisata.  Banyak pantai yang indah seperti contohnya Pantai Prigi, Pantai Pasir Putih, Pantai Pelang, dan masih banyak lagi pantai lainnya. Selain itu di trenggalek juga ada Goa Lowo, yang terbesar di asia tenggara. Ada juga Candi Brongkah, Hutan Kota, dan Trenggalek Green Park yang merupakan wisata yang berada di wilayah pusat kota.
 

Adat dan Budaya Kabupaten Trenggalek Provinsi Jawa Timur


Kabupaten trenggalek juga memiliki banyak kebudayaan dan adat. Yang terkenal adalah tradisi Larung Sembonyo yang ada di pantai prigi. Tradisi tersebut dilakukan 1 tahun sekali dan selalu menarik banyak pengunjung lokal maupun luar daerah. Kebudayaan lainnya yang terkenal adalah tari jaranan Turonggo Yakso, tarian yang sudah turun-temurun ada di Trenggalek. Setiap tahunnya saat hari jadi Kabupaten Trenggalek pada tanggal 31 agustus biasanya selalu diadakan pesta rakyat yang memamerkan kerajinan serta UKM masyarakat di Alun-alun Trenggalek. Rangkaian kegiatan tersebut akan ditutup dengan pesta kembang api pada saat antara pukul 10 hingga 12 malam.
 

Makanan Khas Kabupaten Trenggalek Provinsi Jawa Timur


Kabupaten Trenggalek juga memiliki beberapa makanan khas. Diantaranya yang terkenal adalah Alen-alen, Sego Gegok, dan Tempe Kripik. Makanan khas tersebut biasanya dijual di daerah yang dekat dengan pebatasan masuk wilayah Trenggalek, jadi wisatawan bisa membeli oleh-oleh sebelum pulang.  Sebenarnya masih banyak hal menarik yang dapat diulah dari Trenggalek, namun banyak yang belum diketahui masyarakat umum.
 
Demikinalah tulisan mengenai Kabupaten Trenggalek Provinsi Jawa Timur, adapun judul asli dalam tulisan ini adalah “Trenggalek, Kota 1000 Keindahan” yang ditulis oleh Muhammmad Sultoni. Semoga dapat memberikan informasi dan juga wawasan bagi segenap pembaca sekalian, trimakasih. Baca juga tulisan lainnya;
  1. Tempat-Tempat Wisata di Lumajang [Terlengkap]
  2. Desa Saradan Kecamatan Pemalang dan Penjelasan yang Harus Kamu Pahami! 
  3. [Keren!] Pulau Tikus Bengkulu dan Kekayaan Lautnya, Wajib Kamu Kunjungi
  4. Inilah Desa Jeruk [Desa Kaliploso] Kabupaten Banyuwangi, yang Harus Kamu Ketahui! 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kabupaten Trenggalek Provinsi Jawa Timur, dan Beberapa Fakta yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar