10+ Negara Maju di Benua Afrika Terbaru dan Terlengkap

Negara Maju di Benua Afrika


Benua Afrika adalah salah satu Nama Benua Besar di Dunia, benua ini berbatasan langsung dengan Benua Asia. Benua Afrika seringkali memiliki sebutan sebagai “Benua Hitam” kondisi ini disebabkan karena penduduk yang moritas tinggal di Benua Afrika adalah Penduduk yang berkulit hitam, banyak agama yang tersebar di Benua ini, mulai dari Islam, Krirsten, Budha, dan agama lainnya. Sampai saat ini Benua Afrika bisa juga dikatakan sebagai benua yang tertinggal, karena di benua ini banyak sekali negara-negara yang berkategori miskin. Adapaun di Benua Afrika juga ada Negara yang dikategorikan Negara Maju.
Baca Juga: 13+ Negara Termiskin di Afrika Terbaru dan Terlengkap

Negara Maju di Benua Afrika


Pada haketnya negara maju di Benua Afrika tidaklah sebanyak negara-negara yang ada di Benua lainnya, bahkan dalam banyak sumber disebutkan bahwa di Benua Afrika tidak ada yang tergolong sebagai 10 Negara Paling Maju di Dunia. Hanya saja dalam catatan sejarah ada beberapa negara yang digolongkan sebagai Negara Maju di Benua Afrika.

Daftar Negara-Negara Maju di Benua Afrika


Berikut inilah sejumlah daftar mengenai Negara-Negara Maju di Benua Afrika

Negara Libya

Libya menjadi satu-satunya Negara Maju yang ada di Benua Hitam (Afrika) dengan ibukota yang berada di Kota Tripoli. Negara ini adalah bekas jajahan Negara Italia (pada perang dunia ke-2) yang merdeka setelah Italia menyerah kepada sekutu.

Sumber Kakayaan Negara Libya berasal dari Cadangan Minyak Bumi yang terbesar ke-10 dari seluruha Negara yang ada du dunia, Selain itu juga Negara Libya memiliki produksi minyak tertinggi ke-17 dari Negara-Negara di Dunia, sehingga Negara ini memiliki Indeks Pembangunan Manausia (IPM) yang tertinggi di Afrika dan juga memiliki PDB (PPP) per kapita terbaik yang ada di Benua Afrika.

Akan tetapi pada saat ini Negara Libya telah mengalami Kebangrutan sehingga Negara Libya tidak lagi digolongkan sebagai Negara Maju, Kabangrutan yang dialami oleh Negara Libya disebabkan karena adanya Perang Antar Saudara yang memperebutan Kekuasaan, parang ini terjadi pada tahun Februari sampai dengan Bulan Oktober 2011.

Negara Seychelles

Negara selanjutnya adalah Seychelles yang memiliki Ibukota Victoria, negara ini memiliki IPM terbaik yang ada di Benua Afrika dengan Jumlah sekitar 0.845 pada tahun 2007. Negara Seychelles berada di Timur Laut Madagaskar yang memiliki Sumber Kekayaan dari Perkebunan, dan Pariwisata. Negara Seychelles secara tata leka hampir sama dengan Negara Indonesia, persamaan tersebut dikarenakan Banyak Jumlah Kepulauan.

Negara Mauritius

Negera terbaik yang ada di Benua Afrika dalam segi IPM adalah Negara Mauritius dengan Ibukota Port Louis, Negara ini memiliki Nilai Pembangunan Sekitar 0.804 pada tahun 2007. Dengan Sumber perekonomian dengan Pertanian, Wisata, dan juga Indutri.

Daftar Negara Maju di Benua Afrika


Selain hal tersebut untuk daftar negara maju, yang ada di Benua Afrika secara IPM adalah sebagai berikut;
  • Negara Tunisia
  • Negara Gabon
  • Negara Aljazair
  • Negara Guinea Khatulistiwa
  • Negara Tanjung Verde
  • Negara Mesir
  • Negara Botswana

Negara Maju di Benua Afrika tersebut banyak di dasarkan pada IPM (Indeks Pembangunan Manusia) yang mana untuk ukuran golongan Negara Maju salah satunya adalah dengan Pendapatkan Perpaita, dan untuk Pendapatkan perkapita negara yang ada di Benua Afrika tidak ada yang lebih tinggi. Oleh karena itulah bisa diakatakan bahwa Negara Maju di Benua Afrika yang terbaru belum ada yang memenuhi sebagai Negara Maju.

Demikianlah tulisan mengenai Negara Maju di Benua Afrika. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan pembaca mengenai beberapa negara maju yang ada di dunia. Trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10+ Negara Maju di Benua Afrika Terbaru dan Terlengkap"

Posting Komentar