13+ Negara Termiskin di Afrika Terbaru dan Terlengkap

Negara Termiskin di Afrika


Afrika merupakan salah satu Benua yang diyakini sebagai benua termiskin di dunia, dibandingkan dengan benua-benua yang lainnya yang dikenal sebagai benua kaya. Seperti benua Eropa, Amerika, Asia, dan Asutralia. Alasan benua afrika menjadi benua termiskin karena SDM (Sumber Daya Manusia) yang dimilikinya diyakani belum mampu mengeloloa SDA (Sumber Daya Alam) yang ada.

Negara Termiskin di Afrika


Istilah yang ditekankan dalam kaetegori negara termisikin yang ada di Afrika ini meujuk pada hasil Perkapita Penduduk di Negara yang ada di Benua Afrika setiap tahunnya. Tentusaja hasil ini mengenyampingkan daripada SDA (Sumber Daya Alam) yang dimiliki oleh afrika seperti adannya Tambang Emas terbesar di dunia.

Negara-Negara Termiskin di Afrika


Berikut inilah sejumlah negara yang diakui sebagai negara termiskin, khususnya di Benua Afrika.

Negara Somlalia

Wilayah yang menjadi termiskin di afrika, bahkan termiskin di dunia adalah Negara Somalia. Negara ini menjadi negara miskin karena terus menerus dilandang peperangan yang merugikan seluruh aspek ekonomi tidak berkembang. 

Dalam data menunjukan bahwa somalia menjadi negara termiskin, dengan pendapatan masyarakatnya hanya mencapai 400 dolar AS dari 140 Juta Jiwa Penduduk yang dimiliki oleh Somalia.

CAR (Republik Afrika Tengah)

Negara termiskin di benua afrika selanjutnya adalah Negara Republik Afrika Tengah, yang sebenarnya negara ini banyak memiliki SDA yang cukup potensial dikambangkan, akan tetapi lantaran adanya perang saudara terus menerus mengakibatkan negara ini menjadi negara gagal dalam mengelola SDA yang dimilikinya.

Bahkan Republik Afrika Tengah menjadi negara dengan Indek Pembangunan Manusia terendah dari 188 negara-negara di dunia. Negara Afrika Tengah ini juga hanya memiliki pendapatan sekitar 684 Dolar dari jumlah penduduk yang dimilkinya.

Negara Burundi

Fakta dalam data menunjukan bahwa negara termiskin di dunia selanjutnya adalah Negara Burundi yang mana negara ini seringkali di landa peran antar etnis yang ada di wilayah negara tersebut, akhirnya berbagai aspek kegagalan ada dalam negara negara ini.

Negara Burundi sendiri berada di kawasan Danau Besar Afrika yang hanya memiliki sekitar 800 Dolar dalam setahun pendapatan bersiah yang diterima dari sebuah negara.

Republik Demokratik Kongo (RDK)

Negara termiskin di dunia selanjutnya adalah Republik Demokratik Kongo (RDK), yang menjadi penyebab negara ini menjadi negara miskin di afrika karena kegagalan yang dilakukan pemerintah, misalnya saja adanya kebijakan penanaman pertanian karet yang pernah dilakukan dan mengingakatbkan masyarakat di landa dengan kemiskinan.

Republik Demokratik Kongo (RDK) sendiri hanya memiliki penghasilan sekitar 800 Dolar Amerika Serikat dalam setiap tahunnya.

Liberia

Negara termiskin di benua afrika selanjtnya adalah Negara Liberia yang awal mula kemerdekaan negara ini tidak mendapat pengakuan dari Amerika Serikat. Akan tetapi pada tahun 1847 Inggris akhirnya mngakui kemerdekaan Negara Liberia.

Penyebab kemiskinan di wilayah-wilayah Liberia salah salah satunya karena adanya perang militer dengan pemerintah, militer mengeluarkan opsi tidak percaya karena lanataran pemerintah yang korup. Salam saat ini peroslan di negara Liberia ini belum terselesaikan dengan sempurna.

Data Negara-Negara Termiskin di Afrika

Selain negara-negara diatas, wilayah negara yang ada di Benua Afrika dan Menjadi Negara Termiskin, antara lain adalah sebagai berikut;
  • Negara Malawi
  • Negara Madagaskar
  • Negara Togo
  • Negara Ethiopia
  • Negara Guinea
  • Negara Mozambik
  • Negara Guinea-Bissau
  • Negara Komoro
  • Negara Rwanda
  • Negara Mali
  • Negara Burkina Faso

Penyebab-Penyebab Negara Termiskin di Afrika banak ditemukan berbagai aspek, selain pengeloloaan SDA yang belum maksimal, aspek-aspek lainnya adalah sebagai berikut;
  1. Peperangan, ini menjadi salah satu penyebab adanya kemiskinan yang melanda di Negara-negara Benua Afrika
  2. Korupsi, masalah ini juga menjadi pemicu adanya negara di afrika tidak bisa berkembang

Demikianlah setidaknya tulisan mengenai Negara Termiskin di Afrika. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan pembaca mengenai negara-negara miskin di dunia, khususnya di Benua Afrika. Trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "13+ Negara Termiskin di Afrika Terbaru dan Terlengkap"

Posting Komentar