3+ Daerah Penghasil Aluminium di Indonesia Lengkap

Daerah Penghasil Aluminium di Indonesia


FaktaDaerah.Com- Aluminium adalah salah satu jenis tembaga yang sangat mudah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Aluminium banyak difungsikan sebagai peralatan rumah tangga, hal ini lantaran aluminium awat dan mudah menghantarkan dan menghangatkan suatu makanan tertentu. Aluminium banyak dihasilkan di berbagai wilayah-wilayah yang ada di Indonesia, dan berikut inilah daftar daerah penghasil aluminium di Indonesia.
Baca: 10+ DAERAH Penghasil Tembaga Terbesar di Indonesia Lengkap

Daerah Penghasil Aluminium di Indonesia


Sampai saat ini ada 2 pulau yang menjadi sumber penghasil aluminium di Indonesia, yakni Pulau Papua dan Pulau Sumatra. Untuk pengeloloaannya yang paling maksimal dan paling besar ada di Pulau Sumantra, dengan adanya BUMN yang khsusus menangani aluminium.

Daerah-Daerah Penghasil Aluminium Terbesar di Indonesia


Berikut ini adalah wilayah dengan penghasil aluminium yang terbesar di Indonesia, antara lain sebagai berikut;

Provinsi Sumatra Utara

Sumatra Utara memang menjadi tempat terbesar dn terbaik penghasil aluminium di Indonesia, di Provinsi ini Aluminium ditangani secara khusus oleh INALUM yang barus menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ada tahun 2013.

Wilayah penghasil Alumunium di Sumatra Utara, khususnya berada di Kabupaten Asahan. Dengan kapasitas yang besar dan dengan hasil yang mampu mencukupi hampir kebutuhan alumunium di Pulau Jawa dan Sumatra.

Provinsi Papua

Papua juga menjadi salah satu Provinsi dengan penghasil aluminium terbesar di Indonesia, provnsi ini menjadi provinsi yang memiliki banyak Sumber Daya Alam yang berkulitas, misalnya SDA berupa emas dan juga aluminium.

Provinsi Papua Barat

Papua Barat pada dasarnya adalah wilayah yang menjadi penghasil aluminium, hal ini dikerenakan Pulau Papua pada waktu itu hanya ada dua provinsi dan saat ini memiliki 2 provinsi di Papua, bahkan ada salah satu project bahwa papua akan dibagi lagi menjadi 3 Provinsi.

Demikianalah tulisan mengenai 3 Provinsi dengan penghasil Alumunium terbesar yang ada di Indonesia, untuk pengeloloaannya yang paling maksimal berada di Sumatra Utara yakni dk Kabupaten Asahan. Semoga kedepan pengeloloaan tersebut juga terjadi di Papua. Trimakasih, telah membaca tulisan ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3+ Daerah Penghasil Aluminium di Indonesia Lengkap"

Posting Komentar