16+ DAERAH Penghasil Emas Terbesar di Indonesia Lengkap

Daerah Penghasil Emas di Indonesia


Indonesia adalah negara besar yang banyak sekali memiliki kekayaan Sumber Daya Alam (SDA), salah satunya adalah SDA dari bahan tambang yaitu emas. Emas di Indonesia sangat dikenal oleh dunia, karena memiliki kulitas yang bagus dan bentuk pengeloloaan yang indah. Meskipun begitu, Indonesia bukan menjadi negara penghasil emas terbesar di dunia yang pertama akan tetapi Indonesia menjadi negara penghasil emas terbesar ke-2. Penjelasan lengkapnya Indonesia menjadi Negara penghasil emas terbesar, berikut adalah Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia.
Baca Juga: 4+ Daerah Penghasil Emas di Afrika Selatan dan Terbesar di Dunia

Daerah Penghasil Emas di Indonesia


Daerah atau wilayah penghasil emas di Indonesia pada umumnya tersebar dari Pulau Sumatra sampai Pulau Papua. Akan tetapu yang terbesar sampai saat ini adalah sebagai berikut;

Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia


Daerah Mimika di Papua

Wilayah penghasil emas yang paling banyak di Indonesia adalah di Papua, dengan nama perusahaannya yang kita kenal sampai saat ini adalah PT. Freeport Indonesia. Lokasi penambangan emas terbesar ini berada di Kecamatan Tembagapura.

Daerah Cikotok, Provinsi Banten

Wilayah penghasil emas terbesar ke-2 di Indonesia berada di wilayah ini. Wilayah Cikotok dahulunya menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat akan tetapi karena ada daerah otonomi Provisi Baru, yakni Banten wilayah ini kelaur dari Provinsi Jawa Barat. 

Daerah Bengkalis, Provinsi Riau

Wilayah penghasil emas selanjutnya adalah wilayah Bengkalis, Provinsi Riau. Wilayah ini menjadi penghasil emas terbesar untuk di Pulau Sumatra.

Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung

Daerah dengan penghasil emas terbesar ke-2 di Pulau Sumatra adalah Lampung. Lampung yang Ibukotanya di Bandar Lampung ini memiliki potensi emas yang sangat besar, khususnya di potensi emas ini berada di wilayah Tanggamus.

Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara

Daerah penghasil emas terbesar selanjutnya yang berada di Sulawesi adalah Provinsi Sulawesi Tenggara, khsusunya adalah Derah Bombana.
  • Daerah Meuleboh, di Provnsi Aceh
  • Wilayah Monterado, di Provinsi Kalimantan Barat
  • Daerah Malinau, di Kabupaten Kalimantan Timur
  • Daerah Kotabaru, di Provinsi Kalimantan Selatan
  • Wilayah Rejang Lebong, di Provinsi Bengkulu
  • Daerah Bolaang Mangondow, di Provisni Sulawesi Utara
  • Daerah Logas, di Provinsi Riau
  • Wilayah Sarolangun, di Provinsi Jambi
  • Wilayah Merangin , di Provinsi Jambi
  • Daerah Kapuas, di Provinsi Kalimantan Tengah
  • Kabupaten Banyuwangi, di Provinsi Jawa Timur

Dari keseluruhan Daerah Penghasil Emas di Indonesia di atas, untuk yang paling besar memang berada di Papua, meskipun secara pengeloloaannya emas di Papua bangsa indonesia hanya menjadi tempat, artinya Indonesia hanya memiliki sekitar 51% saham emas dan lainnya di kelola oleh perusahaan dari Amerika.

Demkianlah tulisan mengenai 16 Daerah Penghasil Emas di Indonesia. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan pembaca mengenai potensi bahan galian yang ada di Indonesia, sehingga kedepan Indonesia bisa memaksimalkan potensi tersebut. Trimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "16+ DAERAH Penghasil Emas Terbesar di Indonesia Lengkap"

Posting Komentar