4+ Provinsi di Papua [Jumlah dan Namanya] Lengkap

Nama Provinsi di Papua dan Jumlahnya


Papua adalah salah satu Pulau Terbesar di Indonesia, Papua sampai saat ini memiliki julukan nama lain “Mutiara Hitam”. Daerah di Papua pada dasarnya memiliki sejumlah kabupaten dan kota yang sudah tak asing lagi kita dengar, seperti Kabupaten Maroke, atau Kota Jayapura. Adapaun untuk Provinsi di Papua yang sudah sah namanya dan juga wilayahnya sebagai Otonomi Daerah ada 2, yaitu Provinsi Papua, dan Papua Barat.

Provinsi di Papua


Provinsi di Papua pada dasarnya memiliki wacana untuk dibentuk benjadi 4 daerah otomnomi, akan tetapi untuk yang sah pada Tahun 2017 ini hanya ada 2 yaitu, Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat yang semunya bahkan untuk Provinsi Papua menjadi Provinsi Terbesar di Indonesia.

Wacana Pendirian Provinsi di Papua


Berikut adalah wacana pendirian Provinsi Baru di Papua;

Provinsi Papua Tengah

Pertama dan yang sebenarnya sudah terbentuk pada tahun 1999 adalah Provinsi Papua Tengah yang saat itu namnya Irian Jaya Tengah. Akan tetapi karena di wilayah Papua Tengah sering mengalami konflik dan kurang siapan dalam pembentukan Provinsi Baru dari SDM (Sumber Daya Manusianya) Provinsi Papua Tengah ini gagal untuk dijadikan Provinsi Baru di Indonesia.

Provinsi Papua Timur

Untuk wilayah yang sedang di wacanakan juga menjadi daerah terbaru dalam hal Provinsi adalah Provinsi Papua Timur yang bersebelahan langsung dengan Negara Papua Nugini. Akan tetapi karena kekurangsiapan dalam Hal Pemerintahan pendirian Provinsi Papua Timur gagal untyk dibentuk.

Provinsi di Papua Yang Sah


Untuk wilayah atau Provinsi di Papua yang sah didirikan adalah Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua;

Provinsi Papua Barat

Papua Barat adalah provinsi dengan Ibukota Manokwari. Provinsi ini menjadi salah satu wilayah yang saat ini menjadi sorotan dalam pembangunan pemerintah, banya hal yang dilakukan pemerintah untuk memajukan provinsi ini. Misalnya pembangunan infrastruktur dan juga pembangunan wiasata-wisata alamnya.

Provinsi Papua

Wilayah yang sudah sah menjadi Provinsi selanjutnya adalah Provinsi Papua dengan Ibukota Jayapura. Wilayah ini menjadi salah sau daerah yang memiliki Kabupaten terluas di Indonesia. Adapaun berbagai persoalan yang ada di Papua ini salah satunya adalah keinginan merdeka yang melakukan pemerontaokan terhadap pemerintah sah. Dengan nama geraka sparatis di Papua adalah OPM (Organisasi Papua Merdeka).

Demikianlah tulisan mengenai Provinsi di Papua [Jumlah dan Namanya] Lengkap. Untuk data atau luas wilayah yang dimiliki papua secara keseluruhan hampir 25 persen daratan di Indonesia. Dengan potensi yang dimilkinya, papua akan menjadi daerah yang maju. Trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Provinsi di Papua [Jumlah dan Namanya] Lengkap"

Posting Komentar