Purwokerto [Kabupaten Banyumas-Jawa Tengah] 7 Wisata dan Makanan yang Harus Kamu Coba!

Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah


FaktaDaerah.Com- Buat kalian yang ingin wisata lokal seru dengan budget yang minim, Purwokerto bisa jadi pilihan kalian untuk menghabiskan weekend minggu ini. Sebelum kita bahas yang asyik-asyik di Purwokerto, sudah pada tahu belum, Purwokerto itu dimana sih?.
Baca juga: Kabupaten Purbalingga [Jawa Tengah] dan Potensi serta [6] Tempat Wisata yang Harus Kamu Baca!

Kota Purwokerto


Purwokerto merupakan ibu kota Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Pusat pemerintahannya masih menjadi bagian dari dari kabupaten Banyumas, sebabnya Purwokerto merupakan sebuah kota yang tidak otonom.
 
Awalnya Purwokerto hanyalah sebuah kota administratif (kotif), dimana kotif lainnya di Indonesia sudah menyandang status kota dengan otonomi masing-masing. Kemudian setelah bergabungnya empat kecamatan, maka Purwokerto berhasil menjadi kota.
 
Empat kecamatan tersebut antara lain: Rejasari, Purwokerto Wetan, Bancarkembar, dan Karang Klesem. Sudah cukup tahu kan tentang Purwokerto, biar makin jatuh hati dengan Kota yang disebut juga sebagai“kota satria” ini. Yuk kita eksplor tempat-tempat wisata dan makanan yang ada di Kota Purwokerto.
 

Wisata-Wisata di Kota Purwokerto, Banyumas


Berikut ini adalah wisata-wisata yang sedang hist di Kota Purwokerto tentunya dengan biaya yang merah namun mewah, lho;
 

Telaga Sunyi di Purwokerto


Buat kalian yang ingin menenangkan diri dari hiruk pikuk ibu kota, Telaga Sunyi bisa menjadi destinasi wisata dengan suasana alam yang harmonis. Dengan biaya tiket Rp.5.000,- kalian sudah dapat menikmati suara gemericik air yang jatuh ke kedalaman 3 meter.
 
Hal ini memudahkan kalian yang ingin menyelam sembari menikmati panorama bebatuan alam di dalamnya. Untuk sampai ke Telaga Sunyi memang memang membutuhkan sebuah perjuangan. Telaga Sunyi ini berjarak 2,5 km dari pintu masuk Lokawisata Baturraden, untuk sampai ke lokasi telaga kita harus berjalan kaki dengan jarak yang lumayan jauh. Namun keindahan Telaga Sunyi pastinya akan membayar lelah kalian. Selamat mencoba!
 

Small World di Kota Purwokerto, Jawa Tengah


Untuk melihat bangunan-bangunan yang masuk dalam keajaiban dunia, kalian gak perlu jauh-jauh lagi. Small World Purwokertomenjadi sarana rekreasi sekaligus edukasi. Taman miniature dunia ini buka setiap hari mulai jam 7 pagi sampai jam 10 malam dan pada weekend atau Sabtu-Minggu hingga jam 12 malam.

Tarif tiket masuk yang terbaru ini pun sangat ekonomis, hari biasa adalah 15 ribu dan pada hari Sabtu-Minggu 20 ribu. Tidak ketinggalan tempat ini juga sangat instagramable untuk para penggemar selfie.
 
Lokasinya juga mudah dijangkau, terletak di Jalan Raya Barat Baturaden, sekitar 2,5 km dari Lokawisata Baturraden. Selengkapnya bisa dilihat di google maps, selamat berlibur.
 

Monumen Panglima Besar Jendral Soedirman di Purwokerto


Kabar gembira untuk para traveler pecinta sejarah! Monumen Panglima Besar Jendral Soedirman merupakan salah satu objek wisata sejarah di “kota satria”. Terletak di sebelah timur jembatan sungai Logawa, yang merupakan pintu masuk Purwokerto dari arah barat.
 
Monument ini memiliki 2 lantai, lantai pertama menceritakan sejarah perjuangan Panglima Besar Jendral Soedirman. Lantai kedua terdapat patung Jendral Soedirman duduk diatas kuda. Cukup membayar tiket masuk sebesar Rp.3.000,- kalian sudah bisa berwisata plus mendapatkan pengetahuan yang banyak mengenai Panglima Besar Jendral Soedirman.
 
Setelah jalan-jalan dan menuliskan tentang wisata-wisata di Purwokerto, kamu juga bisa menikmati keindahan Purwokerto dengan mencoba kuliner khas daerah setempat.
 

Makanan Khas di Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas


Setidaknya ada 4 jenis makanan yang harus kamu coba saat kamu berada di Purwekert
 

Getuk Goreng Sokaraja


Jajanan khas Sokaraja ini sudah cukup terkenal di masyarakat. Rasa gurih, manis, dan legit merupakan 3 kata yang dapat menggambarkan Getuk Goreng Sokaraja. Rasa manis tersebut berasal dari olahan ketela pohon atau singkong Getuk yang diberi gula jawa.

Jangan lupa, rasa gurih manis dan legit dari getuk ini sangat cocok dipadukan dengan segelas the manis atau kopi. Dengan kisaran harga dua puluh lima ribu per kilo, kalian sudah bisa mencicipi si manis dari Sokaraja ini.
 

Sroto Sokaraja di Purwokerto


Mumpung masih di Sokaraja, Banyumas, sekalian yuk kita cobain Sroto Sokaraja. Sebenarnya Sroto merupakan salah satu varian dari soto-soto yang ada. Seperti soto betawi, soto lamongan,soto Madura, coto Makassar, dan lain-lain. Apa sih yang jadi pembeda dengan soto-soto lain?.
 
Sroto menggunakan kacang tanah yang ditumbuk sebagai campurannya, kemudian ada pilihan isi dari sroto tersebut, bisa daging ayam atau daging sapi. Didalam mangkuk itu ditambah remukan kerupuk merah dan taoge.
 
Jadilah perpaduan rasa sroto yang gurih dan segar. Harga sroto sokaraja ini hanya sekitar Rp.10.000-15.000 per mangkuk.
 

Lumpia Bom Purwokerto



Udah sampai di Purwokerto, jangan lumpia cicipi lumpia bom. Dengan merogoh kantung sekitar Rp.7.00-8.500 per porsi kalian sudah dapat mencicipi lumpia dengan panjang 25 cm ini tidak hanya dijadikan cemilan, namun bisa disajikan sebagai lauk bersama sambal, kremesan dan lalapan. Isi lumpia merupakan perpaduan antara telur, sayuran dan 8 macam pilihan, antara lain: daging, bakso, sosis, ati, jamur, seafood cumi dan udang. Kedai lumpia bom ini berlokasi di dekat auditorium kampus Universitas Jendral Soedirman Purwokerto.
 

Mendoan Makanan Khas Purwokerto



Makanan khas Purwokerto yang satu ini ga boleh kalian tinggalkan. Selain rasanya yang membuat ketagihan, harganya pun sangat ekonomis. Hanya Rp,2.000 per lembar. Bentuk tempenya kotak dengan lembaran yang lebar dan tipis kemudian digoreng dengan tepung setengah matang. Mendoan ini bisa disajikan untuk sarapan pagi, paling enak dinikmati bersama nasi dan pecel dan secangkir teh manis hangat.

Demikianlah tulisan mengenai Wisata dan Makanan di Purwokerto, Provinsi Jawa Tengah. Semoga tulisan dari Anindia Ghina Salsabila ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca yang ada atau yang akan berkunjung di Kota Purwokerto. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Kota Salatiga [Jawa Tengah] dan 5 Fakta Yang Harus Kamu Baca!
  2. Kabupaten Wonosobo [Jawa Tengah] dan 6 Fakta yang Harus Kamu Baca!
  3. Kabupaten Brebes [Jawa Tengah] dan 9 Fakta Yang Harus Kamu Baca!
  4. Kabupaten Kebumen [Jawa Tengah] dan 5 Fakta Unik Yang Harus Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Purwokerto [Kabupaten Banyumas-Jawa Tengah] 7 Wisata dan Makanan yang Harus Kamu Coba!"

Posting Komentar