Pulau kundur [Karimun-Kepulauan Riau] dan 8 Fakta Yang Harus Kamu Baca!

Pulau kundur, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau


FaktaDaerah.Com- Pulau kundur merupakan salah satu pulau dari ribuan pulau yang terdapat di Provinsi Kepulauan Riau tepatnya di kabupaten karimun. Terdapat 3 kecamatan di pulau kundur, diantaranya kecamatan kundur dengan ibukota di Tanjung batu, kecamatan kundur utara dengan ibukota di tanjung berlian, dan kecamatan kundur barat dengan ibukota di sawang.

Fakta Pulau Kundur, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau


Berikut ini adalah sejaumlah Fakta menarik yang ada di Pulau Kundur yang harus pembaca ketahuai;
 

Luas Pulau Kundur Lebih Luas daripada Negara Singapura


Pulau Kundur memiliki wilayah yang cukup luas dengan angka 1.800 km2. Jika dibandingkan dengan wilayah negara singapura dengan luas 716 km2, pulau kundur merupakan pulau yang luas. Walaupun begitu, masih banyak tanah dipulau kundur yang kosong dan belum digarap oleh masyarakat, sehingga dipulau kundur masih banyak tersimpan potensi-potensi alam yang luar biasa.
 

Pulau Kundur Memiliki Ekowisata Pantai


Di Pulau Kundur, terdapat beberapa pantai nan indah untuk dikunjungi, diantaranya pantai gading yang terletak didesa gading kecamatan kundur, pantai lubuk yang terletak di desa lubuk kecamatan kundur barat, pantai sawang yang terletak di sawang kota, dan pantai timun yang terletak di prayun kecamatan kundur barat. Nah, mari kita bahas satu persatu.
 

Pantai Gading di Pulau Kundur


Pantai gading merupakan pantai nan indah yang terletak di desa gading. Untuk menuju ke lokasi pantai, ada beberapa jalur yang bisa di tempuh diantaranya, melalui sengko atau jalan besar tanjung sari. Jika kita melewati tanjung sari, kita akan dimanjakan dengan pemandangan kebun karet, kebun cabe/sayuran, dan bongkahan batu besar yang menjulang.
 
Disekitar pantai gading, kita akan mendapati tempat santai berupa warung makan dan tanaman bakau yang indah.
 

Pantai Lubuk di Pulau Kundur


Tidak kalah dengan pantai gading, pantai lubuk cukup dikenal oleh masyarakat pulau kundur. Akses menuju pantai dapat melewati jalan besar tanjung sari atau melalui jalan besar km 6. Dipantai lubuk kita akan dimanjakan dengan pemandangan pantai yang indah dan dikolaborasikan dengan bongkahan batu besar disekitar pantai. Pantai lubuk selalu ramai dikunjungi setiap hari sabtu dan ahad (minggu) oleh masyarakat pulau kundur.
 
Disekitar pantai lubuk tersedia pondok-pondok santai bagi para pengunjung untuk menikmati pemandangan pantai dan tidak jarang disini diadakan event seperti pesta pantai.
 

Pantai Sawang di Pulau Kundur


Pantai ini terletak di daerah sawang kota yang bernuansa sangat indah. Pantai ini sering dikunjungi oleh masyarakat kundur sebagai tempat wisata dan melepas lelah diakhir pekan. Biasanya, setiap akhir tahun pelaksanaan pembelajaran, para siswa yang telah menamatkan pendidikannya pada tingkat tertentu akan dibawa jalan-jalan kepantai sawang.
 

Pulau Kundur Juga Punya Pantai Timun


Pantai timun terletak didaerah prayun, dibandingkan dengan pantai lainnya, pantai timun terletak lebih jauh jika kita berdomisili dikecamatan kundur. Tetapi pantai ini selalu dikunjungi oleh masyarakat kundur karena suasananya yang nyaman dan tempatnya yang indah.
 

Pulau Kundur Punya Sekolah Polisi Negara


Nah, di Pulau Kundur sendiri, terdapat Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kepulauan Riau. SPN ini diresmikan pada bulan agustus 2016. Kehadiran SPN ini bertujuan untuk mendidik putra lokal kepri menjadi polisi panutan masyarakat yang memiliki nilai-nilai lokal sejati.
 

Sumber Daya Alam di Pulau Kundur


Pulau kundur selain memiliki pesona alam nan indah, juga memiliki sumber daya alam yang berlimpah, baik berupa hasil alam maupun hasil tambang. Hasil alam yang terdapat dipulau kundur berupa karet, nanas, ikan laut, dsb. Sedangkan hasil tambang berupa timah dan batu granit.
 
Demikinalah tulisan mengenai Fakta Pulau Kundur, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Semoga dengan adanya tulisan yang dibuat oleh Afriadi ini dapat beramnfaat bagi setiap pembaca yang ada di seluruh Indonesia. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Pulau Anambas dan [4] Tempat Wisata yang Harus Kamu Ketahui!
  2. Kabupaten Meranti dan Fakta Sagu Yang Harus Kamu Pahami!
  3. Kota Pekanbaru [Riau] dan Beberapa Fakta yang Harus Kamu Baca!
  4. 7 [FAKTA] Provinsi Jambi yang Penting Untuk Diketahui!

Subscribe to receive free email updates:

9 Responses to "Pulau kundur [Karimun-Kepulauan Riau] dan 8 Fakta Yang Harus Kamu Baca!"

  1. Good job.... Sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  2. Mantab bro... Kurang sikit aja... Transportasi dsri pku-kundur atau batam-kundur... Biaya akomodasi, hotel/penginapan dll. Perlu untuk menarik wisatawan

    BalasHapus
  3. Iya betul biaya akmodasi brpa dri pku itu?? Yg pting..tpi tlisanya keren...smngat anak muda..

    BalasHapus
  4. Iya betul biaya akmodasi brpa dri pku itu?? Yg pting..tpi tlisanya keren...smngat anak muda..

    BalasHapus
  5. Mantap. Utk menambah wawasan sekalian promosi buat kampung kite bia lebih di kenal

    BalasHapus
  6. Sangat berfaedah dan bermanfaat informasinya..
    Semoga suatu saat kami bisa main kesana..

    BalasHapus
  7. Sangat menarik informasinya. Semoga dengan tulisan ini semakin menambah referensi bagi pemangku kebijakan dan wisatawan lokal bahkan manca negara untuk singgah ke pulau ini.

    Selain banyaknya typo, dalam pemaparan ini saya baru menemukan fakta:
    1. Luasnya hampir 3x lipat negara singapura
    2. Potensi ekowisata pantai
    3. SPN
    4. SDA
    Mungkin judul atau cara pembahasan bisa lebih disempurnakan.

    Beberapa masukan dari saya:
    1. Ceritakan akses ke pulau kundur
    2. Ceritakan akomodasi
    3. Ceritakan makanan lokal
    4. Ceritakan budaya atau adat lokal
    5. Ceritakan sejarah pulau kundur jika ada atau yg berhubungan
    6. Lengkapi dengan foto agar fakta yg ditulis semakin terkuak

    Over all, sudah bagus, lanjutkan!

    BalasHapus