Desa Sendangsari [Wonosobo-Jawa Tengah] dan 10 Fakta Yang Harus Kamu Baca!

Desa Sendangsari, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo


FaktaDaerah.Com- Desa Sendangsari adalah salah satu desa wisata yang berada di kecamatan Garung kabupaten Wonosobo. Desa Sendangsari terdiri dari 5 dusun yakni dusun sendangsari,dusun kalikuning,dusun penampelan,dan dusun gondang.
Baca Juga: Kabupaten Wonosobo [Jawa Tengah] dan 6 Fakta yang Harus Kamu Baca!

Desa Sendangsari, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah


Desa sendangsari memiliki lahan pernian yang luas dan subur, sehingga mayoritas penduduk desa ini adalah petani, kesuburan tanah di desa sendangsari juga dipengaruhi karena adanya mata air kaligondang  yang merupakan mata air terbesar di desa ini dan mengairi lahan pertanian diwilayahnya.
 

Fakta-Fakta Desa Sendangsari, Kecamatan Garung


Desa ini memiliki potensi daerah yang sangat melimpah dan beragammulai dari potensi pariwisata,pangan, alam, pertanian,ekonomi,dan sosial. Diantara semua potensi yang dimiliki, potensi yang paling melimpah adalah potensi dibidang pariwisata. Berikut adalah fakta fakta tentang Desa Sendangsari

  • Desa Sendangsari merupakan salah satu desa Wisata di Kabupaten Wonosobo. Jika anda berwisata ke Desa Sendangsari anda dapat menikmati wisata yang terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yang sangat menyenangkan dan seperti:
Agrowisata : belajar bagaimana budidaya selada air sekaligus praktek langsung ke lapangan 

River tubing
: anda dapat menikmati river tubing melintasi aliran sungai  

Outbound
: jika anda datang bersama tim atau rombongan ,kegiatan ini adalah salah satu kegiatan yang patut dicoba untuk mengasah kekompakan tim anda. 

Melukis topeng
: kegiatan ini merupakan salah satu ajang untuk melestarikan kebudayaan asli jawa, setiap wisatawan boleh belajar melukis topeng dan hasilnya dapat dibawa kerumah sebagai cendera mata. 

Latihan tari dan gamelan
: anda dapat secara langsung belajar budaya asli jawa ini, dan dilatih oleh para penari dan penabuh yang telah terlatih dan mahir. 

Berpetualang di kebun bambu
: untuk dapat menikmati kebun bambu anda tidak perlu datang jauh jauh samai ke negeri China, karena di Desa Sendangsari anda dapat menemukannya.
  • Memiliki point view untuk melihat sunset yaitu di bukit Katimuruh yang sangat cantik.
  • Desa Sendangsari memiliki destinasi alam lain yaitu Kedung Siwuluh,dan Kedung Pawon yang sangat mempesona, destinasi alam ini berupa air terjun yang indah.
  • Desa Sendangsari memiliki sumber mata air terbesar yaitu Kaligondang. Selain sebagai sumber mata air, Kaligondang juga dimanfaatkan sebagai salah satu tempat wisata favorit karena kealamian dan kesegaran yang dimilikinya anda bisa ber’’mandi’’ ria dan mencoba closer with nature.
  • Desa Sendangsari memiliki kekayaan kesenian daerah yang beragam, mulai dari pertunjukkan lengger, imblig, barongsai, naga, rudedan, dll. Kesenian di Desa ini memang sudah menjadi salah satu hiburan rakyat yang telah mendarah daging di kehidupan masyarakatnya. Jika anda beruntung dan mendatangi Desa Sendangsari ketika ada event event masyarakat yang sedang berlangsung, anda dapat menikmati kesenian kesenian daerah ini bersama dengan masyarakat dan merasakan keindahan kehidupan pedesaan.
  • Banyak rumah produksi makanan tradisional, seperti tempe kemul,brondong jagung, geblek,cimol,petos,gethuk, mendoan dll yang sangat lezat dan dapat menggugah selera anda.
  • Memiliki ‘’Mural Art’’ keren yang dapat digunakan sebagai tempat berselfie ria juga untuk foto bersama yang pastinya bisa instagramable.
  • Jika anda berwisata ke Desa Sendangsari anda dapat menginap di Rumah warga ataupun menginap di vila pondok bamboo yang memiliki pelayanan terbaik untuk wisata anda.
  • Didesa ini anda masih dapat menjumpai anak berambut gimbal secara alami, meskipun sekarang sudah jarang.
  • Komodotas hasil pertanian terbesar berupa padi dan selada air (kenci).
Demikinalah tulisan mengenai Fakta-Fakta yang ada di Desa Sendangsari, Kabupaten Wonosobo, semoga dapat memberikan informasi mengenai Potensi yang ada di Desa ini. Adapun penulis dalam artikel ini adalah Alvina Ajeng. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Desa Reco, Kecamatan Kretek [Wonosobo-Jawa Tengah] dan 20 Fakta yang Harus Kamu Baca!
  2. Dataran Tinggi Dieng [Jawa Tengah] dan 7 Fakta yang Harus Kamu Baca!
  3. Kabupaten Kebumen [Jawa Tengah] dan 5 Fakta Unik Yang Harus Kamu Baca!
  4. Kota Salatiga [Jawa Tengah] dan 5 Fakta Yang Harus Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to " Desa Sendangsari [Wonosobo-Jawa Tengah] dan 10 Fakta Yang Harus Kamu Baca!"