4+ Fakta Kota Cirebon [Jawa Barat] Yang Harus Kamu Baca!

Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat


FaktaDaerah.Com- Cirebon merupakan sebuah kota kecil yang terletak di pinggir pantai utara pulau Jawa sehingga Cirebon diberi nama kota udang.  Selain kota udang, Cirebon juga memiliki julukan lainnya seperti Cirebon kota para wali, julukan ini di berikan karena Cirebon merupakan tempat penyebaran agama Islam yang dibawa oleh wali songo, lebih tepatnya disebarkan oleh Fatahillah atau yang biasa di kenal dengan nama Syekh Syarif Hidayatullah.

Fakta-Fakta Menarik Kota Cirebon, Jawa Barat


Alasan hal diatas diungkapkan karena Kota Cirebon dulunya merupakan tempat penyebaran agama Islam di tanah Jawa maka, banyak hal yang menarik untuk dari kota kecil sejuta cerita ini, dintaranya
 

Kota Cirebon Punya Keraton Kasepuhan


Keraton Kasepuhan yang disebut-sebut sebagai pusat pemerintahan pada zaman dahulu yang kemudian di pecah menjadi beberapa bagian. Keraton Kanoman yang identik dengan warna putih di setiap bangunannya. Keraton ini juga merupakan perpecahan dari Keraton kasepuhan.
 
Kacirebonan yang arsitekturnya tidak jauh berbeda dengan Keraton Kanoman. Saat ini Keraton kacirbonan hanya di jadikan sebagai tempat singgahnya para keturunan raja-raja zaman dahulu.Keraton Kaprabonan ini menjadi tempat khusus bagi orang-orang yang ingin belajar ilmu agama seperti yang ada pada pondok pesantren di Indonesia.
 

Kota Cirebon Ada Masjid yang Unik


Selain Keraton, ada pula masjid yang konon katanya masjid ini hanya di bangun dalam waktu satu malam. Masjid ini tergolong unik karena saat shalat Jumat masjid ini menghadirkan 7 orang untuk adzan yang biasa di sebut adzan Pitu oleh orang-orang Cirebon.
 

Tari Sintren di Kota Cirebon


Tari sintren, tarian ini sangat unik karena memadukan unsur mistis yang terselip didalam tarian tersebut namun juga memiliki makna keislaman yang begitu dalam. Tarian ini dilakukan dengan memasukkan orang yang memakai pakaian biasa seperti orang  d pada umumnya kedalam sebuah kurungan (tidak dibuat oleh sembarang orang dan dibuat dengan kayu khusus) yang kemudian diberi alat-alat khusus dan dibacakan sebuah bacaan oleh seseorang.
 
Namun ketika kurungan itu di buka maka orang tersebut akan berubah di mana ia akan bertingkah aneh, menari-nari sesuka hati dan jika ia diberi uang maka ia akan pingsan dan akan bangun lagi dengan sendirinya. Makna dari sikap aneh sintren yang ingin dilupakan adalah manusia akan gila harta, berbuat suka suka ketika di dunia bahkan melupakan penciptanya.
 

Kota Cirebon [Jawa Barat] Punya Makanan “Nasi Jamblang”


Nasi Jamblang, nasi ini terbilang unik karena dibungkus dengan daun jati. Nama nasi ini berasal dari nama tempat yang pertamakali melakukan pembuatan nasi tersebut. Jenis lauk yang terdapat pada nasi ini sangat beragam seperti tempe (berbeda dari tempe pada umumnya), sate telor, tongkol balado dan lain sebagainya.
 
Demikinalah tadi 4 Fakta unik dari Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Yang pasti bahwa Kota kecil sejuta cerita ini memiliki keindahan dan khazanah yang meluas bagi Indonesia, penulis dalam artikel ini adalah Gina Ridatul Jannah. Semoga bermanfaat jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. 5 Fakta Kota Bekasi [Jawa Barat] yang Harus Kamu Baca!
  2. Kabupaten Garut [Jawa Barat] dan Fakta yang Harus Kamu Baca!
  3. 4 Tempat Wisata di Sukamakmur [Bogor-Jawa Barat] yang Harus Kamu Kunjungi!
  4. Kabupaten Brebes [Jawa Tengah] dan 9 Fakta Yang Harus Kamu Baca!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4+ Fakta Kota Cirebon [Jawa Barat] Yang Harus Kamu Baca!"

Posting Komentar