9+ DAERAH Rawan Gempa di Indonesia yang Harus di Waspadai!

Daerah Rawan Gempa di Indonesia


FaktaDaerah.Com- Indonesia adalah satu negara yang rawan akan bencana gempa bumi, kerawanan ini bukan tanpa lasan. Salah satunya lantaran di Indonesia sendiri menjadi suatu lokasi yang bertemunya dua lempang besar, yakni bertemunya antara dua benua besar di dunia, yakni Benua Asia dan Benua Australia.
Baca Juga: 3 Daerah yang Aman dari Gempa Bumi di Indonesia

Gempa Bumi

Gempa bumi adalah istilah bencana alam yang disebabkan karena gunung meletus, atau disebabkan dengan adanya pergeseran lempeng-lempeng tektonik yang berada di wilayah-wilayah di dunia.

Daerah Rawan Gempa di Indonesia


Berikut ini adalah daerah yang rawan akan bencana gempa bumi, diantaranya sebagai berikut;

Bengkulu

Provinsi Bengkulu adalah provinsi yang sangat Indoah di Indonesia, provinsi ini hampir sebagian wilayahnya dikeliling oleh pantai-pantai. Dan ternyata sisi bencana alamnya, yakni Bencana Gempa bumi di daerah ini secara kuntitatif cukup besar, bahkan beberapa orang yang berkunjung disana mendengar cerita bahwa gempa dengan ukuran kecil masyrakat masih belum mau keluar, karena saking terbiasanya.

Aceh 

Wilayah aceh adalah satau satu wilayah yang sangat rawan dengan bencana gampa bumi, wilayah ini tergolong rawan karena pernah terjadi gempa bumi yang disertai dengan tsunami tepatnya pada tahun 2004.

Sumatra Utara

Bergeser lagi dengan tentangganya Provinsi Aceh, yakni di Provinsi Sumatra Utara yang terkenal juga akan keindahan danaunya. Salah satunya yang terkenal di dunia adalah Danau Toba. Ternyata wilayah di Indonesia yang rawan dengan bencana gampa bumi ada di wilayah ini. Bahkan beberapa tahun yang lalu di Kabupaten Nias yang ada di Sumatra Utara pernah terjadi gempa bumi yang sangat dasyat.

Provinsi Lampung

Lampung juga menjadi salah satu wilayah yang rawan akan bencana gampa bumi. Lampung yang ber Ibu Kota di Bandar Lampung ini pernah memiliki sejarah terhadap bencana gampa bumi, tepatnya yang paling dasyat di Kabupaten Lampung Barat (Liwa).

Provinsi Daerah Istimewa Yogjakarta

Wilayah selanjutnya yang rawan akan bencana Gempa Bumi adalah di Pulau Jawa, wilayah ini tepatnya berada di Yogjakarta yang seringkali kita mendengar degan Bencana Gempa bumi, seperti beberapa waktu lalu di Provinsi ini pernah mengalami bencana gempa bumi, karena adanya gunung merapi yang  meletus.

Provinsi Jawa Tengah

Jawa tengah juga termasuk wilayah yang rawan terhadap bencana Gempa Bumi. Di wilayah yang ada di Jawa Tengah ada beberapa kabupaten yang pernah mengalaminya. Oleh karenannya bagi kalian yang ada atau tinggal di Kabupaten yang ada di Jawa Tengah berhati-hatilah dengan bencana gempa bumi.

Provinsi Bali

Wilayah selanjutnya yang rawan dengan bencana gempa bumi adalah wilayah yang paling indah pariwisatanya, yakni Provinsi Bali. Provinsi ini ternyata juga menjadi salah satu kewaspadaan terhadap bencana gempa bumi, lho.

Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat menjadi salah satu wilayah yang juga dikatakan rawan terhadap bencana gempa bumi, wilayah ini pernah mengalami bencana gempa bumi tepatnya berada di Lombok dengan kekuatan 6,6.

Maluku

Maluku juga menjadi salah satu wilayah yang rawan dengan bencana gempa bumi, wilayah ini bisa dikatakan rawan karena memiliki beberapa gunung yang aktif. Bahkan di Maluku sendiri pernah mengalami bencana gempa bumi sebanyak 800 Kali berturut-turut, penyebabnya ialah adanya gunung helmahera yang meletus pada tahun 2015.

Demikianlah tulisan mengenai adanya Daerah Yang Rawan Gempa Bumi di Indonesia. Semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan dan juga kewaspadaan bagi siapapun yang sedang mencari informasi mengenai daerah-daerah di Indonesia. Trimakasih, jangan lupa baca juga Fakta Indonesia yang Unik dan Menarik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9+ DAERAH Rawan Gempa di Indonesia yang Harus di Waspadai!"

Posting Komentar