5 Fakta Yang Hanya ada di Kebumen [Jawa Tengah] yang Penting Diketahui!

Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia


FaktaDaerah.Com- Kebumen dikenal dengan semboyan kota Beriman (Bersih, Indah, Manfaat, Aman, dan Nyaman), dengan motto khasnya Bhumi Tirta Prajamukti. Secara geografis, Kebumen terletak pada 7°27' - 7°50' Lintang Selatan dan 109°22' - 109°50' Bujur Timur.

Kabupaten Kebumen


Di bagian utara wilayah Kebumen terdapat bentang alam berupa serangkaian Penggunungan Serayu selatan, sedangkan di bagian selatannya terbentang penggunungan kapur yang membujur hingga pantai selatan yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.
 
Kebumen merupakan sebuah daerah dataran rendah yang hampir sebagian besarnya didominasi oleh daerah pegunungan dan pantai. Sebuah anugerah luar biasa yang diberikan oleh sang pencipta pada kota ini yang begitu kaya akan fenomena geografis yang begitu mengagumkan. Lantas fakta-fakta mengagumkan seperti apa yang terdapat di kota ini yang tentunya menarik kalian untuk bertravelling di kota ini.
 

Fakta Kebumen, Provinsi Jawa Tengah


Berikut ini adalah sejumlah Fakta-Fakta yang hanya ada di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.
 

Kabupaten Kebumen Dikenal Juga Dengan Kota Walet


Salah satu lambang dari kota Kebumen adalah burung walet atau lawet yangmerupakan jenis burungbertubuh kecil, berwarna gelap, mata bulat , dan mempunyai kecepatan terbang tinggi serta suka bersarang di tempat gelap dan lembab seperti gua.
 
Keunikan ini memudahkan burung walet untuk mengeluarkan liurnya yang dapat menghasilkan sarang. Menariknya sarang yang dihasilkan oleh burung walet ini, harganya sangat fantastis bahkan bisa sampai 2000$ perkilonya.
 
Menariknya lagi agar proses pemanenan sarang walet berjalan lancer dan selamat harus dilakukan rangkaian ritual adat sebagai upacara keselamatan. Menurut kepercayaan warga setempat, sarang burung walet tersebut adalah milik Nyi Loro Kidul sehingga harus meminta izin kepada penguasa pantai selatan dan pengikutnya untuk keselamatan acara panen sarang burung walet. Mulai dari menyiapkan sesaji di bibir gua pantai Karang Bolong, pembacaan mantra hingga pagelaran wayang kulit lengkap dengan gamelannya.
 

Kebumen Punya Cerita Perjuangan Kemit


Tidak lengkap rasanya jika belum mengetahui peradaban masa lalu kota Kebumen sebagai salah satu hal yang dapat kita ketahui dari sebuah cerita terdahulu. Siapa yang di sini sudah mengetahui peristiwa perjuangan Kemit? Faktanya, hal itu terjadi di Kebumen yang merupakansalah satu bukti pahlawan terdahulumempejuangan kedaulatan NKRI dan kini telah diabadikan dalam sebuah Monumen Perjuangan ’45 Kemit.
 
Siapa yang akan menduga kalau ternyata di kota ini terdapat monumen bersejarah  sebagai salah upaya masyarakat Kebumen dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan yang telah diraih dengan pengorbanan para pahlawan terdahulu yang telah menyadarkan kita akan mahalnya sebuah kedaulatan NKRI dan meningkatkan rasa nasionalisme. Kalau kalian mengaku pecinta sejarah Indonesia layak untuk mengunjungi kota Kebumen karena masih banyak cerita menarik lainnya yang wajib diketahui.
 

Kebumen Memiliki Destinasi Pantai Cantik


Garis pantai yang terbentang sepanjang 53 km di daerah selatan kota Kebumen menjadi salah satu destinasi menarik yang belum banyak diketahui. Salah satunya adalah pantai Surumanis yang berlokasi di kecamatan Ayah yang berbatasan dengan desa pasir dan srati. Baca juga; Ini Lho Tempat Wisata Terlengkap di Kebumen
Fakta uniknya, akses menuju pantai Surumanis yang memakan banyak waktu dan tenaga karena tempatnya tersembunyi akan membuat kalian berjiwa petualang.
 
Desiran ombak pantai yang menyentuh pasir coklat dan menawannya Pantai ini dapat mengobati letih perjalanan menuju kesana. Pantai lainya seperti Pantai Lampon, Pantai Bocor, Pantai Ceriwik, Pantai Pecaron, dan masih banyak lagi.
 

Kebumen Penghasil Gendeng Sokka


Gendeng atau genteng yang biasanya digunakan untuk atap rumah yang berbahan dasar dari tanah lempung, menariknya banyak di produksi di daerah Pejagoan, Kebumen.
 
Dan untuk menjadi sebuah gendeng tentunya memerlukan proses panjang lohh. Mulai dari pengambilan tanah lempung yang berkualitas, penggilingan, pejerengan, pencetakan,  pengisisan, penjemuran, pengobongan, pernyortiran, hingga sampai ke tangan konsumen.
 

Bahasa Ngapak, Khas Kebumen, Jawa Tengah


Ora ngapak ora kepenak yang artinya tidak berbicara ngapak maka tidak enak. Ngapak merupakan sebuah bahasa khas Kebumen yang perlu diketahui keunikannya. Orang akan menyebut kamu (kowe), seperti (kaya), tidak tahu (embuh atau ora ngerti), lapar (kencot), kaki (sikil), kambing (wedus), gila (gemblung) dan sebagainya. Unik bukan bahasa dari Kebumen ini, buat yang penasaran silakan dicoba.
 
Demikian tulisan mengenai 5 Fakta Yang Hanya ada di Kebumen [Jawa Tengah] yang Penting Diketahui! yang ditulis oleh Oshin Yasinta, semoga bermanfaat dan nantinkan fakta unik berikutnya, serta jangan lupa lupa untuk klik informasi lainnya juga;
  1. Wisata Pendidikan di Desa Pejagatan [Kebumen] dengan Membuat Gerabah
  2. Purwokerto [Kabupaten Banyumas-Jawa Tengah] 7 Wisata dan Makanan yang Harus Kamu Coba!
  3. Gunung Kemukus [Sragen-Jawa Tengah] dan 10 FAKTA yang Harus Kamu Baca!
  4. Tawangmangu [Karanganyar- Jawa Tengah] 15 Wisata dan Fakta Unik Lainnya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Fakta Yang Hanya ada di Kebumen [Jawa Tengah] yang Penting Diketahui!"

Posting Komentar